Kebijakan Kepala Madrasah Aliyah Dalam Pendidikan Islam Di Darul Huda Oku
Abstract
Adapun tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana konsep kebijakan kepala madrasah dalam sebuah lembaga pendidikan, khususnya lembaga pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode library research dengan teknik pengumpulan data menggunakan sumber teks tertulis dari buku dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah, memiliki peran sangat urgen untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan. Pemimpin pendidikan sebagai top leader dalam sebuah institusi pendidikan yang dituntut dapat merumuskan dan mengkomunikasikan visi dan misi yang jelas dalam memajukan pendidikan. Peran pemimpin pendidikan menjadi sangat komplek, pemimpin pendidikan menjadi motor penggerak terjadinya proses perubahan dalam institusi pendidikan dengan memberikan kepercayaan dan wewenang kepada seluruh personel institusi pendidikanDalam tulisan ini berhasil ditemukan ,, mendasar yang membedakan antara kepemimpinan secara umum, dengan kepemimpinan dalam pendidikan Islam. Bahwa kepemimpinan umum hanya menitikberatkan pada pertangung jawaban seorang pemimpin terhadap anggota organisasi. Namun lain halnya dalam pendidikan slam, yang memahami bahwa kepemimpinan merupakan tugas kekhalifaan yang menekankan pertangung jawaban tidak hanya kepada anggota yang dipimpinnya, tetapi juga kepada Allah swt sebagai sumber pemberi wewenang kekuasan. Artikel in berkontribusi terhadap kajian tentang peran kepemimpinan serta model kepemimpinan yang baik terhadap kualitas pendidikan dan pembangunan sumber daya manusia yang baik di Indonesia
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Muhamad Fatih Rusydi Syadzili, “Polarisasi Tahapan Kepemimpinan Transformatif Pendidikan Islam,” Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, No. 1 (30 Juni 2019): 55–81, Https://Doi.Org/10.33650/Al-Tanzim.V3i1.498.
Zainal Arifin, Tafsir Ayat-Ayat Manajemen Hikmah Idariyah Dalam Al-Quran (Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2020).
Syadzili, “Polarisasi Tahapan Kepemimpinan Transformatif Pendidikan Islam.”
Imam Machali Dan Ara Hidayat, The Hand Book Of Education Management (Yogyakarta: Kencana, 2018).
H. A. R. Tilaar, Riant Nugroho, Kebijakan Pendidikan, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009), hlm.184
H. A. R. Tilaar, Riant Nugroho, Kebijakan Pendidikan, hlm.184.
Rohmat, Kepemimpinan Pendidikan Konsep dan Aplikasi, (STAIN Press: Purwokerto, 2010), hlm. 40.
Suyanto, Asep Jihad, Menjadi Guru Profesonal, (Jakarta: Esensi Erlangga Grup, 2013), hlm. 20-22
Jerry H. Makawimbang, Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2011), hlm. 136.
Moh. Roqib, Ilmu Pendidikan Islam, (Yogyakarta: PT LKis, 2009), hlm. 36.
Hamdani Ihsan dan Fuad Ihsan, Filsafat pendidikan Islam, CV Pustaka Setia, Bandung, 1998, hlm.11
Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: AMZAH, 2010. hlm. 21
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 1992, hlm.24.
Drs. Beni Ahmad Saebani, M,Si. dan Hendra Akhdhiyat,M,Pd, Ilmu Pendidikan Islam, CV Pustaka Setia, Bandung, 2009, hlm. 46.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1123
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.