Pengaruh Penerapan Metode Munazharah (Debat) Dalam Pembelajaran Muhadatsah III Di PBA STAIN Madina

Isra Hayati Darman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan metode munazharah/debat dan pengaruhnya dalam meningkatkan motivasi berbicara bahasa Arab mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Mandailing natal. Penelitian ini menggunakan pendekatan gabungan antara kualitative dan kuatitatif, hal ini tampak dalam analisis datanya. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, dan angket. Objek penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Mandailing Natal semester tiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode munazharah/debat ini dapat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi bagi para mahassiwa Prodi Pendidikan Bahasa Arab untuk berbicara bahasa Arab. Hal itu tampak dalam praktek debat yang dilaksanakan dalam pembelajaran Muhadatsah III, para mahasiswa bersemangat untuk melakukan debat dan berusaha aktif berbicara bahasa Arab walaupun sebagian besar belum bisa menggunakan tata bahasa Arab yang baik dan benar. Selain itu, berdasarkan hasil angket kepuasan mahasiswa terhadap penerapan metode ini, didapat nilai berkisar dari 83%-100%, dengan rata-rata 95%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode munazharah dalam pembelajaran Muhadatsah III ini dapat berpengaruh dalam memotivasi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab mereka.

Keywords


Munazharah; maharah kalam; Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Alfian, Muhammad Ifan. Maharatul Kalam wa Ta’limuha. Jurnal. Kudus: Arabia. Vol. 5 No. 1 Tahun 2013

Al-Syanthiy, Muhammad Sholih. 1995. Al-Maharat al-Lughawiyah. Al-Mamlakah al-‘Arabiyah al-Su’udiyah: Dar al-Andalus li an-Nasyri wa al-Tauzi’

Anisah, Ani Siti dan Hariman Suntara. Penerapan metode pembelajaran debate untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Vol. 14 No.01 Tahun 2020

Basid, Abdul. Tadris maharah kalam fi dhau’i nazhariyah adz-dzakaat al-muta’addidah. Jurnal. Malang: Al-Ta’rib Vol. 5 No.2 Tahun 2017

Burdah, Ibnu. Melejitkan Kemampuan Bahasa Arab Aktif melalui Strategi Debat. Malang: Lisan Arab

Daurul Munazharah fi Tathwir Maharah al-tahadduts laday ath-thulab fi al-lughah al-injiliziyah, Education Magazine, https://educationmag.net/2020/02/17/debating english, diakses tgl 20 Mei 2022

Hermawan, Acep. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

http://digilib.uinsby.ac.id/10914/5/bab2.pdf

Istiqomah , Ita Nur dan Muhammad Nidhom Hamami Abicandra, Tanfidz Thariqah al-Munazharah al-‘Arabiyah fi Ta’lim Maharah al-Kalam, Muhibbul Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol.1, No.1 Januari-Juni 2021

Madzkur, Ali Ahmad. 2002. Tadris Funun al-lughah al-Arabiyah. Al-Qahirah: Dar al-Fikr al-arabiy

Maryati, Ati. Ta’lim Maharat al-Kalam Fi Ma’had al-Basyariyah Bandung. Jurnal. Bandung: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 3 No. 1 Tahun 2017

Nurdin, Makmur. Penerapan metode debat aktif untuk meningkatkan kemampuan berdiskusi mahasiswa dalam pembelajaran konsep dasar PKn di PGSD UPP Bone FIP UNM. Jurnal. Jurnal Publikasi Pendidikan, Volume VI Nomor 1 Januari 2016

Santoso, Ardhi. 2004. Menang dalam Debat. Semarang: Elfhar

Setiadi, Fadlan Masykura. Ta’lim Maharat Al-Kalam Lighairin Nathiqina bil Lughatil ‘Arabiyah. Jurnal. Medan: Ihya Al-‘Arabiyah Vol. 1 No. 2 Tahun 2015

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar Ruzz Media

Syukur, Ghazali. 2013. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: PT Refika Aditama

Tarigan, H.G. 2008. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa: Bandung

Thu’aimah, Rusydi Ahmad. 1989. Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyah lighairi al-Nathiqin biha manahijuhu wa asalibuhu. al-Ribath: Mansyurah al-Munazhamah al-Islamiyah li Tarbiyah wal-Ulum wa ats-Tsaqafah-Isisko

Wahyuni, Ayu Ketut Sri dkk. Pengaruh implementasi metode debat terhadap keterampilan berbicara Bahasa Inggris ditinjau dari minat belajar di kelas XI IPA SMA negeri 2 Amlapura. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesa Program Studi Administrasi Pendidikan Volume 4 Tahun 2013

Wijayanto, P. A. 2017. Efektivitas Metode Debat Aktif Dan Strategi Penerapannya dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 2, Nomor 1

Zaini, Hizam. 2008. Strategi pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Mandiri

Zulyetti. Penerapan Metode Active Debate dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Vo. 6 No 1 Tahun 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.