PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Ummi Nur Rokhmah

Abstract


Pendidikan lingkungan hidup sangat berperan penting dalam memberikan pemahaman dan pembentukan karakter peduli lingkungan siswa di sekolah.Dalam upaya mempercepat pengembangan pendidikan lingkungan hidup khususnya jalur pendidikan formal untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup maka dicanangkan program Adiwiyata. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan pelaksanaan program Adiwiyata sebagai upaya pembentuk karakter peduli lingkungan siswa di MIN Tegalasri Wlingi Blitar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di MIN Tegalasri Wlingi Blitar dengan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, koordinator program Adiwiyata, guru, siswa, petugas kebersihan,
penjaga kantin dan para orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi, kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana prasarana pendukung ramah lingkungan. Hasil penelitian ini merupakan implementasi dari program Adiwiyata untuk membentuk karakter kesadaran lingkungan pada siswa di MIN Tegalasri Wlingi Blitar

Keywords


Adiwiyata, Karakter, Lingkungan, Peduli, Program

Full Text:

PDF

References


Adam, Ahmad Fajarisma Budi. "Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo 2 Malang." Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 2014: 166-173.

Aqib, Zainal. Pendidikan Karakter di Sekolah:Membangun Karakter dan Kepribadian Anak, Cet. I . Bandung : Yrama Widya, 2012.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Bahan Pelatihan: Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, 2010.

Barnawi, and M. Arifin. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2012.

Daryanto, and Agung Suprihatin. Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup. Cet. I. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Desfandi, Mirza. "Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan melalui Program Adiwiyata." Jurnal Sosial Didaktika, 2(2), 2015: 31-37.

Hidayatullah, F., and Mudjito. "Implementasi Program Adiwiyata Melalui Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif di SMP Negeri 1 Pandaan." Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 5(1), 2017: 1-8.

Muslih, Masnur. Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Cet. I. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Priyanto, Y., M.S. Djati, Soemarno, and Z. Fanan. "Pendidikan Berperspektif Lingkungan Menuju Pembangunan Berkelanjutan." Jurnal Sosial dan Humaniora, 16(1) (41-51), 2013: 41-51.

Setiawan, Agus. Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran al-Ghazali dan Burhanuddin al-Zarnuji), Dinamika Ilmu, 14 (1), 2014.

Syoffnelli, Zulfan Saam, and Thamrin. "Pengaruh Program Adiwiyata Terhadap Pengetahuan Perilaku dan Keterampilan Siswa dan Guru dalam Mengelola Lingkungan pada SMK di Kabupaten Pelalawan." Jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia, 3(1), 2016: 16-23.

Tim Adiwiyata Tingkat Nasional. Paduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Kerjasama Kementrian Lingkungan Hidup dan Kementrian Kebudayaan dan Pendidikan, 2011.

Tim Teknis Kementrian Lingkungan Hidup RI. Panduan Singkat menjadi Sekolah Adiwiyata. Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup RI, 2012.

Widiyaningrum, P., Lisdiyana, and E. Purwantoyo. "Evaluasi Partisipasi Siswa dalam Pengelolaan Sampah untuk Mendukung Program Sekolah Adiwiyata." Indonesian Journal of Conservation, 4(1), 2015: 74-82.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v0i0.133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.