Pembelajaran Fiqih Berbasis Kontekstual Kelas 10 Bahasa Madrasah Aliyah Fattah Hasyim Tambakberas Jombang

Kharish Maulidar Rohmah, M. Dzikrul Hakim Al Ghozali

Abstract


Penelitian ini bermuara dari adanya kebosanan dan sulitnya siswa dalam memahami materi pembelajaran fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pembelajaran fiqih berbasis kontekstual pada kelas 10 bahasa di MA Fattah Hasyim Tambakberas Jombang, 2) menampakkan unsur kontekstual pada pelajaran fiqih. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa datanya meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Dengan  teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontektual terdapat pada kegiatan pembukaan, inti dan penutup, unsurnya terdapat aspek kontektual dalam pembelajaran fiqh pada kegiatan  konstruktivisme, inquiry, tanya jawab. Dan unsur-unsur kontekstual tersebut tedapat pada materi pelajaran.


Keywords


Pembelajaran, Kontekstual, Fiqih MA Fattah Hasyim.

Full Text:

PDF

References


Afriani, Andri. 2018. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Dan Pemahaman Konsep Siswa, Al- Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Karang. I (3).

Bachri, Bachtiar S. 2010. Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, X (1).

Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Mengajar Yang Diterima Murid. Yogyakarta: Diva Press.

Kurniawati, Novita, Tamyiz dan Sarpendi. 2021. Upaya Guru Mata Pelajaran Fiqih Dalam Pengembangan Spiritual Siswa Kelas VII D MTs Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran2020/2021. Pemikiran dan Hukum Islam, I (2).

Meleong, Lexy J. 2006. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapan Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

  1. 2012. Model- Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soetomo. 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Toto, Ruhimat. 2011. Kurikulum dan pembelajaran. Depok: Rajawali press.

Yani, Imam Hendra. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas Ula Di Pondok Pesantren Daarul Muttaqiin Jotang Beru Sumbawa. UIN Mataram.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i5.1353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.