Peranan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan di MAN 3 Jombang
Abstract
Kepala sekolah merupakan pemimpin suatu lembaga pendidikan yang mempunyai peran penting dalam mewujudkan sekolah yang berkualitas. kepala sekolah juga berbagai peran salah satunya sebagai seorang pendidik. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam mengembangkan Lembaga Pendidikan di MAN 3 Jombang .Jenis Penelitian yang dipakai menggunakan penelitian kualitatif . Subyek penelitian adalah kepala sekolah dan guru dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kepala sekolah MAN 3 Jombang sudah melaksanakan peran dan tugas sebagai pemimpin yang professional dalam upaya meningkatkan lembaga pendidikan. kepala sekolah memiliki upaya yang pertama pemimpin kepala sekolah sebagai leader sekaligus manajer yang memiliki peran sangat penting bagi keberhasilan sebuah sekolah, kedua peran sekolah mengembangkan kinerja guru secara optimal, ketiga meningkatkatkan mutu program-program unggulan yaitu bidang Said, Agama,Bahasa dan seni dari semua program yang dimiliki potensi siswa baik dari akademik maupun non akademik.factor pengdukung dan penghambat adalah sumber daya alam sangat mendukung, penghambatnya kurangnya memerhatikan kedisplinan peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Suparman,2019, Kepemimpinan Kepala Sekolah & Guru Sebuah Pengatar Teoritik,Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sunaengsih, Cucun, 2017,buku Ajar Pengeloaan Pendidikan, Sumedang: UPI Sumedang Press.
Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen. Ed. II. Cet. XVIII; Yogyakarta.
Summiati, Musyakkir, Andi Rasyid Paranrangi,dkk, 2018, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta ( MIS) se-Kecamatan Talakar, YUME: Journal Of Manajement, Vol.1,no.2
Rachmawati,Yulia, 2013 Pengaruh Kepemimimpinan Kepala Sekolah, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja guru Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP veteran, vol.1 No.1
Ekosiswoyo, Rasdi, 2007 Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Kunci Kecapaian Kualitas Pendidikan: Jurnal Ilmu pendidikan , Semarang 2007, jilid 14,no.2
Fitra, Muh 2017. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu. Vol.3. No.1.
Kambey, Daniel C., Manajemen Kualitas Total dalam Pendidikan (Terjemahan Buku Total Quality Manajement,Edward & Sallis ),pascasarjana Universitas Negeri Manado, 2004. Marzuki Mahmud, Manajemen Mutu Perguruan Tinggi, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada 2012. Rosyada, Dede. Madrasah dan Profesionalisme Guru, Depok Kencana, 2017. Sani, Ridwan Abdullah. Dkk, Penjaminan Mutu Sekolah,(Jakarta : Bumi Aksara,2015.
Khoe Yau Tung, Pembelajaran dan Perkembangan Belajar, (Jakarta:Indeks,2015),hlm.341
Wahyosumidjo.(2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja G rafindo Persada
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i5.1357
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.