Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Dan Implementasinya Di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas (Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis)

Nurmaryam Nurmaryam, Musyarapah Musyarapah

Abstract


Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM), pendidikan yang bermutu merupakan harapan dan dambaan bagi masyarakat. Sejalan dengan pesatnya tingkat perkembangan saat ini, maka tuntutan akan ketersediaan sumber daya manusia semakin tinggi. Dengan demikian, kualitas yang memadai dan output merupakan suatu yang harus dihasilkan oleh sekolah maupun madrasah sebagai satuan pendidikan yang bertujuan dasarnya adalah menyiapkan manusia-manusia berkualitas baik secara intelektual maupun perannya dalam kehidupan masyarakat. Untuk itu, baik sekolah maupun madrasah harus membekali dengan kurikulum yang memadai. Rumusan masalah yang penulis lakukan adalah bagaimana implementasi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang ada di Madrasah tersebut khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji lebih dalam mengenai implementasi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang ada di Madrasah tersebut khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif Kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, wawancara dilakukan kepada Wakamad Kurikulum dan Guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis.


Keywords


Standar Kompetensi Lulusan, kurikulum

Full Text:

PDF

References


Astuty. interview. 2022" Dokumen yang relevan dengan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis, Metode atau cara Guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis mengatasi siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran, di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas" Kapuas

“3-191031100106-5dba4e7241764.Pdf.” Accessed May 10, 2022. https://dki.kemenag.go.id/media/laws/3-191031100106-5dba4e7241764.PDF.

Dakir, Dakir. “Manajemen Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasinya Di Sekolah Dan Madrasah.” K-Media, 2019.

Dewi, Mera Putri, Sufyarma Marsyidin, and Ahmad Sabandi. “Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Dasar Terkait Standar Kompetensi Lulusan Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 2 (2020): 144–52.

Hidayani, Masrifah. “Model Pengembangan Kurikulum.” At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam 16, no. 2 (2018): 375–94.

Maesaroh, Siti. “Manajemen Peningkatan Kompetensi Lulusan Di Madrasah.” Jurnal Isema: Islamic Educational Management 3, no. 1 (2018).

Nurasmi, Yulia. “Standar Kompetensi Lulusan PERMENDIKBUD 54 TAHUN 2013,” n.d.

Rahman, Aulia. “UPAYA PENINGKATAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN.” ADIBA : JOURNAL OF EDUCATION 2, no. 1 (March 31, 2022): 122–32.

Sailor, Menurut J. Galen, William M. Alexander, and Menurut Galen. “A. Kurikulum 1. Pengertian Kurikulum.,” n.d.

Sajarwan Akhmad. interview. 2022"profil pencapaian indikator standar lulusan di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas" Kapuas

Sukariyadi, Teja Insyaf. “Manajemen Kurikulum,” 2022.

Sukirman, Dadang, and Ali Nugraha. “Hakikat Kurikulum.” Kurikulum Dan Bahan Belajar TK (PGTK2403/M). Jakarta: Universitas Terbuka, 2016.

Taogan, Yohanes Aldo, Marline Paendong, and Charles Mongi. “Analisis Biplot Terhadap Pemetaan SMA Di Kabupaten Minahasa Selatan Berdasarkan Standar Isi, Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan, Standar Kompetensi Lulusan Dan Standar Penilaian Pendidikan.” D’CARTESIAN: Jurnal Matematika Dan Aplikasi 5, no. 1 (2016): 13–20.

“UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003... - Google Cendekia.” Accessed May 6, 2022. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=UNDANG-UNDANG+REPUBLIK+INDONESIA+NOMOR+20+TAHUN+2003+TENTANG+SISTEM+PENDIDIKAN+NASIONAL&btnG=.

“View of Analisis Ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan Di MTS As Salam.” Accessed May 6, 2022. https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/20/20.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.