Isti'mal Isim al-Ma'rifah bi Alif wa Lam fi Surah al-Muzzammil

Ahmad Mujahid, Zam Zam Rasyidi, Samsul Fajeri, Haji Hamli, Syahabuddin Nur

Abstract


Isim Ma’rifah dengan Alif Lam adalah bagian kecil dalam ilmu Nahwu dan dari segi kaidah, Isim Ma’rifah dengan Alif Lam memiliki kaidah yang penting. Akan tetapi sebagian orang meremehkan Isim Ma’rifah dengan Alif Lam dengan maksud mereka tidak memperhatikan penggunaan Isim Ma’rifah dengan Alif Lam. Kadang-kadang, sebagian siswa ketika membuat kalimat, mereka tidak mengetahui kapan menggunakan isim ma’rifah dan kapan menggunakan isim nakirah. Maka dari itu, penelitian ini membahas tentang Isim Ma’rifah dengan Alif Lam pada surah Al-Muzzammil. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui jenis-jenis Isim Ma’rifah dengan Alif Lam pada surah Al-Muzzammil. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yaitu mengumpulkan data-data dari kitab-kitab yang beragam yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah pada surah Al-Muzzammil terdapat Alif Lam ‘Ahdiyyah dan Jinsiyyah. Alif Lam ‘Ahdiyyah pada surah Al-Muzzammil adalah Al-‘Ahdu Adz-Dzihni, Al-‘Ahdu Al-Hudhuri, Al-‘Ahdu Adz-Dzikri. Alif Lam Jinsiyyah pada surah Al-Muzzammil adalah Al-Istigraq Al-Afrad.


Keywords


Isim Ma’rifah, Isim Ma’rifah dengan Alif Lam, Surah Al-Muzzammil

Full Text:

PDF

References


Abi Al-Khair, Nashiruddin. Anwar At-Tanzil Wa Asrar At-Ta’wil. Beirut: Dar Thayyibah, 1999.

Al-Ghalayayni, Musthafa. Jami’ Ad-Durus Al-Arabiyyah. Beirut: Dar Al-Kutub Al-’Ilmiyyah, n.d.

Al-Jarim, Ali, and Musthafa Amin. An-Nahwu Al-Wadhih. Beirut: Al-Maktabah Al-Lughawiyyah, n.d.

Al-Mahalli, Jalaluddin, and Jalaluddin As-Suyuthi. Tafsir Al-Jalalain. Al-Haramain, n.d.

Andriani, Asna. “Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam.” Ta’allum 3, no. 1 (2015).

Aprizal, Ambo Pera. “Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Guru 2, no. 2 (2021).

Ash-Shabuni, Muhammad Ali. Shafwah At-Tafasir. Beirut: Al-Maktabah Al-Ashriyyah, n.d.

Handriawan, Dony. “Mempertegas Kembali Arah Pembelajaran Bahasa Arab (Perspektif Budaya Terhadap Tradisi Belajar Bahasa Arab Di Indonesia).” Al Mahara 1, no. 1 (2015).

Ibn Ahmad, Muhammad. Al-Kawakib Ad-Durriyyah. Al-Haramain, n.d.

Ilyas, Hamka. “ِAl-Nakirah Wa Al-Ma’rifah” 3, no. 2 (2015).

Ismail Ibn Umar, Abi Al-Fada’. Tafsir Al-Quran Al-Azhim. Ar-Riyadh: Dar Thayyibah, n.d.

Muhammad, ’Aid Al-Washif. At-Tuhfah As-Saniyyah Syarh Ats-Tsamarat Al-Janiyyah. Al-Haramain, n.d.

Muhammad Ibn Ahmad, Abi Abdillah. Al-Jami’ Al-Ahkam Al-Quran. Beirut: Ar-Risalah, 2006.

Muhammad Ibn Jarir, Abu Ja’far. Jami’ Al-Bayan ’An Ta’wil Ai Al Quran. Beirut: Muassasah Ar-Risalah, n.d.

Ni’mah, Fuad. Mulakhos Qawa’id Al-Lughah Al-Arabiyyah. Beirut: Dar As Tsaqafah Al Islamiyyah, n.d.

Nur, Syahabuddin. “Peran Dan Kontribusi Penerjemahan Sesuai Standar Kompetensi Pada Kurikulum 2013.” Al Mi’yar 2, no. 1 (2019).

Qomariah, Rafi’atun Najah. “’Ilm Al Sarf Bain Al Nazriyyah Wa Al Tatbiq ’Ind Al Qudama Wa Al Muhdisin.” Al Mi’yar 2, no. 1 (2019).

Ramadhani, Ahmad. “Tahlil Tadarruj Al-Mawad An-Nahwiyyah Fi Kitabay Mulakhas Qawa’id Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Wa Jami’ Al-Durus Al-‘Arabiyyah (Dirasah Muqaranah).” Al Mi’yar 5, no. 1 (2022).

Sa’diyah, Fatichatus. “Kaidah Tafsir.” Al-Thiqah 3, no. 1 (2021).

Unus, Muhammad Syukri. Is’af At-Thalibin. Banjarmasin: TB. Murni, 2011.

Yusron, M. Agus. “Kaidah Yang Diperlukan Mufassir.” Tafakkur 2, no. 1 (2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i1.1560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.