Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Akidah Akhlak: Studi Pembelajaran Akidah Akhlak di MI Integral Al-Ukhuwwah Banjang

Khairul Bariah, Ridhatullah Assya'bani

Abstract


Perbincangan Pendidikan karakter memang selalu menarik untuk dikaji baik dari segi teori maupun praktik. Pada penelitian ini, penulis akan menelusuri konsep pendidikan karekater yang ada di MI Integral Al-Ukhuwwah Banjang dan implikasinya. Karena MI ini merupakan salah satu sekolah yang berusaha untuk melaksanakan model Pendidikan yang terintegrasi dalam setiap pembelajaran di kabupaten Hulu Sungan Utara. Penelitian ini berdasarkan pada penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif diskrptif, berusaha mengukap bentuk integrasi nilai karakter pada mata pelajara Akidah Akhlah. Dari penelitian ini membuktikan integrasi nilai-nilai karakter yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak melalui beberapa tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan dan penutup. Tiap-tiap tahapan tersebut guru melakukan pengembangan materi melalui integrasi nilai-nilai karakter religius, disiplin, toleransi, mandiri, jujur, percaya diri, kerjasama, dan kreatif

Keywords


Integrasi;Nilai;Karakter;Akidah Akhlak

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Amin, Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)

Ahmad, Abu & Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Panduan Pelaksanaan Karakter, (Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2011)

Bagir dan Zainal Abidin, Integrasi Ilmu dan Agama, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008)

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Umum Bahasa Indonesia, ed. 3, cet. 7 (Jakarta: Balai Pustaka, 2010)

Departemen Pendidikan Nasional, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS & Peraturan Pemerintah RI Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Pendidikan serta Wajib Belajar, cet. 5 (Bandung : Citra Umbara Bandung, 2013)

Dirjen Dikdasmen Kemendiknas, Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama (Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendiknas, 2010)

Endah Sulistyowati, Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter, (Yogyakarta: PT Citra Aji Parama, 2012)

Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi (Bandung: Alfabeta, 2014)

Khan, D. Yahya, Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri (Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010)

Lickona, Thomas, Educating For Character, terj. Lita S, cet. 2 (Bandung: Nusa Media, 2013)

Lif Khoirul A & Sofan Amri, Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif, (Jakarta: PT Prestasi Pustakarya, 2014)

Majid, Abdul, Pembelajaran Tematik Terpadu, (Bandung: Rosdakarya, 2014)

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009)

Mulyana, Rohmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, (Bandung: Alfabeta, 2004)

Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Pers, 2010)

Samani, Muchlas & Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, cet. 3 (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)

Wibowo, Agus, Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012)

Abdullah, Amin, Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)

Ahmad, Abu & Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Panduan Pelaksanaan Karakter, (Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2011)

Bagir dan Zainal Abidin, Integrasi Ilmu dan Agama, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008)

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Umum Bahasa Indonesia, ed. 3, cet. 7 (Jakarta: Balai Pustaka, 2010)

Departemen Pendidikan Nasional, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS & Peraturan Pemerintah RI Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Pendidikan serta Wajib Belajar, cet. 5 (Bandung: Citra Umbara Bandung, 2013)

Dirjen Dikdasmen Kemendiknas, Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama (Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendiknas, 2010)

Endah Sulistyowati, Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter, (Yogyakarta: PT Citra Aji Parama, 2012)

Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi (Bandung: Alfabeta, 2014)

Khan, D. Yahya, Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri (Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010)

Lickona, Thomas, Educating For Character, terj. Lita S, cet. 2 (Bandung: Nusa Media, 2013).

Lif Khoirul A & Sofan Amri, Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif, (Jakarta: PT Prestasi Pustakarya, 2014)

Majid, Abdul, Pembelajaran Tematik Terpadu, (Bandung: Rosdakarya, 2014)

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009)

Mulyana, Rohmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, (Bandung: Alfabeta, 2004)

Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Pers, 2010)

Samani, Muchlas & Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, cet. 3 (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)

Wibowo, Agus, Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012)




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v3i2.169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.