Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Setelah Layanan Haji dan Umrah di Buka Kembali pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Ebad Wisata Tour and Travel Surabaya)

Nisrina Kamila, Aditya Wardhana

Abstract


Ebad Alrahman Wisata dengan nama produk Ebad Wisata yang telah berdiri sejak tahun 1996 merupakan penyelenggara resmi umrah dan haji plus yang tergabung didalam keanggotaan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI). AMPHURI menyatakan bahwa jamaah umrah melonjak drastis pasca pandemi COVID–19 pada tahun ini. Antusiasme masyarakat sangat meningkat dikarenakan ibadah haji dan umrah sempat tidak di buka selama 2 tahun. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan jamaah umrah di Ebad Wisata Tour and Travel Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah jenis penelitian asosiatif. Penelitian ini menganalisis dua ataupun lebih variabel. Penelitian ini mendeskripsikan hubungan antara kualitas dan fasilitas terhadap kepuasan jamaah umrah. Dalam penelitian ini populasinya mencakup jamaah umrah di Ebad Wisata Tour & Travel Surabaya sebanyak 30 jamaah yaitu 8 pax di bulan september, 14 pax di bulan oktober, dan 8 pax di bulan November 2022. Penelitian ini mnggunakan software SPSS untuk melakukan olah data. Secara parsial ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan jamaah umrah di Ebad Wisata Tour and Travel Surabaya  karena thitung > ttabel (2,401 > 2,052). Besarnya pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap jamaah umrah di Ebad Wisata Tour and Travel Surabaya adalah 4,8%dan 95,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Secara parsial ada pengaruh fasilitas terhadap kepuasan jamaah umrah di Ebad Wisata Tour and Travel Surabaya karena thitung > ttabel (2,156 > 2,052). Besarnya pengaruh variabel fasilitas terhadap kepuasan jamaah umrah di Ebad Wisata Tour and Travel Surabaya adalah 3,9%. dan 96,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Secara simultan ada pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan jamaah umrah di Ebad Wisata Tour and Travel Surabaya karena Fhitung > Ftabel (12,461 > 3,34). Besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan jamaah umrah di Ebad Wisata Tour and Travel Surabaya adalah 8,4%. dan 91,6% dipengaruhi oleh variabel lain.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Umrah, Travel

Full Text:

PDF

References


Supranto, J. Penukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pansa Pasar (Jakarta: 2006).

Irawan, H. Indonesian Customer Satisfaction: Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan Merek Pemenang ICSA. (Jakarta : PT Alex Media Komputindo, 2004)

Zeithaml,Valarie A and Bitner,M.J. Service Marketing. (Tata McGrawHill, 2003)

Iskandarsyah, N. M. & Utami, S. Pengaruh Harga, Lokasi, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen pada Perumahan Murah di Hadrah Property. (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2021)

Yoeti, O.A. Perencanaan dan Pengembangan Parawisata. (Jakarta : PT Pradnya Paramita,1997)

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. Marketing Management Thirteenth Edition. (New Jersey : Pearson Edducation, 2009)

Tjiptono, F. Service Management Meningkatkan Layanan Prima. (Jakarta: Andi, 2012)

Bachtiar. Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa dalam Memilih (Politeknik Sawunggalih Aji Purworejo. Dinamika Sosial Ekonomi, 2011)

Ritonga, Husni Muharram, Pane, Dewi Nurmasari, & Rahmah, Citra Anita Anita. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Honda Idk 2 Medan. (JUMANT, 2020)

Rambat Lupiyoadi, “Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi”, (Jakarta: Salemba Empat, 2013)

Gaol dan Kristina. Analisis Penaruh Investasi Penanaman Modal Asin, Investasi Penanaman Modal Dalam Negri, dan Tenaa Kerja Terhadap PDRB Sumatera Utara Tahun 2000-2009. (Repository Universitas HKBP Nommensen, 2021)




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i1.1708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.