REORIENTASI KEUTAMAAN ILMU DALAM PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-GHAZALI PADA KITAB IHYA ‘ULUMUDDIN

Agus Setiawan

Abstract


Bahwa problem yang terbesar di kalangan umat manusia saat ini adalah acuh  terhadap ilmu agamanya. Faktanya terkadang ilmu agama dinomor duakan sedangkan yang nomor satu adalah ilmu umum. Bahkan sekarang yang menjadi panutan adalah media sosial, bukan ilmu yang dipelajari. Pada tataran di Indoneia idealnya pendidikan memberikan andil besar dalam memberi solusi terhadap krisis kemanusiaan yang kini melanda kehidupan. Mulai pendidikan, kita ingin menghasilkan manusia yang jujur, bersemangat, pekerja keras, tidak malas, berani, kreatif, cinta kebersihan, toleran dan sebaginya.Oleh karena itu sangat sayang sekali kalau sebuah karya yaitu Ihya ‘Ulumuddin karya al-Ghazali tidak di implementasi. Karya tersebut tidak melulu membahas satu bahasan keilmuan saja namun berbagai ilmu terkadang dibahas dalam satu kitab. Semisal Ihya’ Ulumuddin. Dalam kitab tersebut membahas tentang konsep ilmu, konsep Aqidah, fiqh dan lainnya. Hal ini mengindikasikan bahwa al-Ghazali adalah seorang representatif ulama’ integral dengan keilmuannya dan sangat relevan untuk diimplementasikan saat ini. Al-Ghazali menyebutkan bahwa untuk meraih kebahagiaan negeri akhirat hanya bisa dicapai melalui penguasaan terhadap ilmu mengenai akhirat. Semua itu semakin menguatkan posisi ilmu, ketetapan tentangnya, dan kedudukan mulia mereka yang memiliki ilmu dalam pandangan Allah SWT. Manusia yang memiliki ilmu dikatakan oleh al-Ghazali dapat memperoleh derajat atau kedudukan paling terhormat di antara sekian banyak makhluk di permukaan bumi dan langit karena ilmu dan amalnya.


Keywords


Keutamaan Ilmu, Perspekstif Al-Ghazali, Kitab Ihya ‘Ulumuddin

Full Text:

PDF

References


Al-Ghazali, Ihya ‘Ulumuddin, Jilid 1, Bairut: Darul Kutub al-Ilmiyah, 1970.

Al-Ghazali, Ihya Ulumuddin, Jilid 1 Bab Keutamaan Ilmu, terjemahan, Semarang: As Syifa’, 1979.

Al-Jauziyah, Ibnu Qayyim.Al’Ilmu (Buah Ilmu), Terj. Fadhil Bahri, Jakarta: Pustaka Azzam, 2000.

An-Nawawi, Majmu’ Syarah al Muhadzdzab, Maktabah Syamilah, Juz 1.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: CV. Naladana, 2004.

Ghazali, M. Bahri. Konsep Ilmu Menurut Al-Ghazali, Yogyakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya, 1991.

Marzuki, dkk, dalam Wacana Jurnal Studi Islam, Surabaya: IAIN Sunan Ampel, 2005.

Mu’in, Fatchul, Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik, Yogyakarta: Arr-Ruz Media, 2011.

Munawir, Imam. Mengenal Pribadi 30 Pendekar dan Pemikir Islam dari Masa Ke Masa, Surabaya: PT. Bina Ilmu Offset, 2006.

Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Othman, Ali Issa. Manusia Menurut Al-Ghazali, Bandung: Pustaka, 1987.

Qomar, Mujamil. Epistemologi Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga, 2005.

Rusn, Abidin Ibnu, Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.

Safroni, M. Ladzi. Al-Ghazali Berbicara tentang Pendidikan Islam, Malang: Aditya Media Publishing, 2013.

Setiawan, Agus. Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran al-Ghazali dan Burhanuddin al-Zarnuji), Dinamika Ilmu, 14 (1), 2014.

Sholeh, Asrorun Ni’am. Reorientasi Pendidikan Islam Mengurai Relevansi Konsep Al-Ghazali dalam Kontek Kekinian, Jakarta: eLSAS, 2004.

Suhartono, Suparian. Kawasan Pendidikan, Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2008.

Sulaiman Adibah, dkk, Konsep Ilmu menurut Perpsektif Syed Sheikh Ahmad al-Hadi, Jurnal Islamiyyat, 38, (2), 2016.

Syafi’ie, Imam. Konsep Ilmu Pengetahuan dalam Al-Qur’an, Yogyakarta: UII Press, 2000.

Syukur, M. Amin. Studi Akhlak, Semarang: Walisongo Press, 2010.

Tim Dosen Fakultas Tarbiyah UIN Malang, Pendidikan Islam dari Paradigma Klasik Hingga Kontemporer.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v0i0.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.