Pengaruh Kompetensi, Budaya Organisasi dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Simalungun

MHD Rizki Dermawan, Abdul Rahim Matondang, Yeni Absah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Menguji pengaruh kompetensi, budaya organisasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Simalungun. Penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Objek penelitian adalah pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Simalugun. Populasi adalah seluruh pegawai pada Kementerian Agama Kabupaten Simalugun yang berjumlah  553 orang pegawai. Sampel pada penelitian ini adalah 233 pegawai. Teknik analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan kompetensi, budaya organisasi dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Secara parsial kompetensi berpengaruh terhadap kinerja pegawai, budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai, dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai.

Keywords


Kompetensi, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Muhammad. “Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar.” SI-MEN (Akuntansi dan Manajemen) STIES 10, no. 1 (2019).

Octorano, Donny Feronika. “Pengaruh Koordinasi, Kompetensi Dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai Unit Layanan Pengadaan Kementerian Agama Pusat (ULP Kemenag Pusat).” MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen 5, no. 1 (2015).

Rizwan, Said Musnadi, dan Faisal. “Pengaruh Budaya Organisasi Dan Keterlibatan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Serta Implikasinya Pada Kinerja Karyawan RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh.” Jurnal Magister Manajemen 2, no. 1 (2018).

Robbins, S. P., dan T. A. Judge. Essential of Organisational Behaviour. 14th ed. New Jersey: Pearson, 2017.

Rohmah, Zuliatur, dan Yusqi Mahfud. “Pengaruh Budaya Kaizen, Disiplin Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kementrian Agama Kabupaten Wonosobo.” Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) 3, no. 1 (2021). https://doi.org/10.32500/jebe.v3i1.1994.

Sedarmayanti. Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: Refika Aditama, 2017.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2014.

———. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.

Sutrisno, E. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prananda Media Group, 2019.

Yunus, M., S. Chan, dan Zubair. “Pengaruh Budaya Organisasi, Kompensasi Dankomitmen Organisasional Terhadap Kepuasankerja serta Dampaknya Terhadap Kinerjapegawai Kantor Pusat Operasional PT. Bank Aceh.” Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala 4, no. 3 (2015).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i2.1987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.