STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 39 BULUKUMBA

Andi Muhammad Asbar

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 39 Bulukumba. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen kunci dengan menggunakan panduan observasi, pedoman wawancara dan format catatandokumentasi.

Hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti adalahantara lain:                1) Strategi pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru SMP Negeri 39 Bulukumbadalam melaksanakan pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan, itu tergambarkan dalam pengelolaanadministrasi kelas, pengelolaan operatif kelas, pengaturan ruang kelas,dan strategi pembelajaran. Kerjasama antara sekolah, guru dan siswa atau peserta didik, menjadi perhatian penting untuk ditingkatkan dalam meramu strategi pembelajaran di kelas khususnya, keaktifan dari Guru PAI SMP Negeri 39 Bulukumba tersebut. Dari penelitian ini, dapat dikatakan bahwa strategi pengelolaan kelas telah berjalan dengan baik, hanya saja komitmen bersama dilingkungan sekolah diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pembelajaran dapat tercipta di kelas; 2) Faktor pendukung dari strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 39 Bulukumba, antara lain; a. Kurikulum, hal ini penting menyangkut pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum nasional. dan b. Guru PAI, faktor guru disini sangat erat dengan kompetensi yang dimilikinya serta komitmen dalam menciptakan kondisi kelas yang baik. Sedangkan faktor penghambat dating dari guru sendiri, peserta didik dan fasilitas. Artinya bahwa hambatan pasti akan ada ditemui oleh guru, makanya dibutuhkan menanganan untuk mengantisipasi atau mengatasi hal tersebut; dan 3) Upaya yang dilakukan, yakni: a. Penguatan kompetensi guru PAI; b. Melakukan kontrak pembelajaran dalam kelas. Hal ini penting untuk mengatur peserta didik dan guru itu sendiri, yang disepakati dan dijalankan secara konsisten agar tercipta kelas yang efektif serta tercipta suasana kelas yang kondusif dan mendukung pembelajaran disekolah utamanya dalam pembelajaran PAI.


Keywords


Strategi Pengelolaan Kelas, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi. Pengelolaan KelasdanSiswa,SebuahPendekatan Evaluatif,Jakarta: Rajawali,1992.

Asrohah, Hanun. Sejarah Pendidikan Islam. Cet. I: Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Daradjat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.

Departemen Pendidikan Nasional, Standar Kompetensi Mata Pelajaran PendidikanAgamaIslamSMPdanMTS,Jakarta:PusatKurikulum,BalitbangDepdiknas,2003.

Departemen Agama RI, al-Qur’anul Karim Terjemahnya dan Tajwid Berwarna Disertai Tafsir Ringkas Ibnu Katsir. Jakarta: Jabal Raudhotul Jannah, 2009.

Djamarah,SyaifulBahridanAswanZain,StrategiBelajarMengajar,Jakarta:PT.Rineka Cipta,2006.

Getteng, Abd Rahman. Menuju Guru yang Profesional dan Beretika. Cet. III; Yogyakarta: Graha Guru, 2008.

Herlina, Guru Pendidikan Agama Islam pada kelas VIII/A-G di SMP Negeri 39 Bulukumba, Wawancara, Bulukumba, 15 Maret 2016.

Kamaruddin, Guru Pendidikan Agama Islam pada kelas IX/A-G di SMP Negeri 39 Bulukumba, Wawancara, Bulukumba, 07 Maret 2016.

Khaeruddin, Ilmu Pendidikan Islam: Mendesain Insan yang Hakiki dan Mengintip dalam Sejarahnya. Cet. II; Makassar: Yayasan Pendidikan Fatiya, 2004.

Madjid, Nurcholish. Masyarakat Religius. Cet. III; Jakarta: Paramadina, 2005.

Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: PT Rosdakarya, 2005.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. XXVIII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Muhaimin,Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Muhaimin, dkk, Paradigma Pendidikan Islam, Cet. V; Bandung: PT. Rosdakarya, 2012.

Muhajir, Noeng. Metodologi Penelitian Kualitatif Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996.

Pidarta,Made. PengelolaanKelas,Surabaya:UsahaNasional,1970.

Shihab, M. Quraish. Membumikan al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan, 1992.

Sanjaya,Wina. StrategiPembelajaranBerorientasiStandarProsesPendidikan,Jakarta:Kencana,2007.

Tirtarahardja, Umar dan S. L. La Sulo, Pengantar Pendidikan Edisi Revisi. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. I; Jakarta: Sinar Grafika, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v0i0.21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.