Pengaruh Kompetensi Digital dan Kemitraan Terhadap Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kuliner di Kota Bandung

Shasqia Velliana Putri, Imas Soemaryani, Wa Ode Zusnita

Abstract


Kota Bandung menjadi salah satu kota dengan pelaku UKM tertinggi di Jawa Barat 330.314 perusahaan. UKM Kota Bandung sendiri telah menyumbang 60% dari keseluruhan PDRB Kota Bandung. Sayangnya, 80% UKM permasalahan UKM pada subsektor Kuliner terletak pada daya saing yang rendah. Penelitian ini membahas bagaimana pengaruh kemitraan dengan 2 dimensinya yaitu Kepercayaan dan Kemauan Pemberdayaan dan kognitif bersama kompetensi digital dengan 5 dimensinya yaitu Informasi, Komunikasi, Pembuatan Konten, Keselamatan dan Pemecahan Masalah berpengaruh terhadap Daya Saing dalam Porter’s Diamond Model Framework. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kompetensi digital, kemitraan, dan daya saing pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kuliner di Kota Bandung; pengaruh kompetensi digital terhadap daya saing dalam pengaruh kemitraan terhadap daya saing; pengaruh kompetensi digital dan kemitraan terhadap daya saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kuliner di Kota Bandung. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelaku UKM Kuliner Kota Bandung yang telah bertransformasi digital. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 pelaku UKM Kuliner Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan diolah menggunakan dengan SPSS versi 23 dengan Path Analysis. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa kompetensi digital, kemitraan, dan daya saing pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kuliner di Kota Bandung cukup rendah, kompetensi digital berpengaruh positif terhadap daya saing, kemitraan berpengaruh positif terhadap daya saing, serta kompetensi digital dan kemitran berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kuliner di Kota Bandung.


Keywords


Kompetensi Digital, Kemitraan, Daya Saing.

Full Text:

PDF

References


Ala-Mutka, Kirsti. "Mapping Digital Competence: Towards a Conceptual Understanding." Sevilla: Institute for Prospective Technological Studies (2011): 7-60.

Ali, Ali, dkk. "Peranan Inovasi Produk dan E-Commerce terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran Batik Jepara." Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik. Vol. 3. No. 1. 2021.

Bandjar, Sitti Bulkis, Lala M. Kolopaking, dan Lukman M. Baga. "Strategi Peningkatan Mutu Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP) di Kabupaten Maluku Tenggara." Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah 5.1 (2013).

Bawden, David. "Information and Digital Literacies: A Review of Concepts." Journal of Documentation (2001).

Boyatzis, Richard E. "Competencies as a Behavioral Approach to Emotional Intelligence." Journal of Management Development 28.9 (2009): 749-770.

Chandra, Erbin, Darwin Lie, dan Marisi Butarbutar. "Peranan Kerjasama Bisnis terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada Toko Media Print Pematangsiantar." SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan 2.2 (2014): 5-11.

Chudzian, Joanna, Paulina Aniola-Mikolajczak, dan Larisa Pataraia. "Motives and Attitudes for Saving among Young Georgians." Economics & Sociology 8.1 (2015): 165.

Cicik Harini, M. M., dkk. Digital Marketing Bagi UMKM. Media Sains Indonesia, 2021.

Cousineau, Melissa, Thomas W. Lauer, dan Eileen Peacock. "Supplier source integration in a large manufacturing company." Supply chain management: an international journal 9.1 (2004): 110-117.

Day, George S., dan Paul JH Schoemaker. "Adapting to fast-changing markets and technologies." California Management Review 58.4 (2016): 59-77.

Depaoli, Paolo, Stefano Za, dan Eusebio Scornavacca. "A Model for Digital Development of SMEs: An Interaction-Based Approach." Journal of Small Business and Enterprise Development 27.7 (2020): 1049-1068.

Desmaryani, Susi. Wirausaha dan Daya Saing. Deepublish, 2018.

Ferdinand, Augusty. "Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Desrtasi Ilmu Manajemen." (2014).

Ferrari, Anusca, dan Yves Punie. "DIGCOMP: A Framework for Developing and Understanding Digital Competence in Europe." (2013).

Fitri, S. (2021). Penyebab, Dampak, dan Bahaya Resesi Ekonomi. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/safrezifitra/berita/607719d65bbdc/penyebab-dampak-dan-bahaya-resesi-ekonomi

Gabelaia, Ioseb, dan Lasha Tchelidze. "The Significance of Digital Marketing Strategies for Continuity of SMEs." International Journal of Management, Knowledge and Learning 11 (2022).

Ghozali, Imam, dan Hengky Latan. "Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris." Semarang: Badan Penerbit UNDIP (2015).

Gilster, Paul. "Digital Fusion: Defining the Intersection of Content and Communications." Digital literacies for Learning. London: Facet Publishing (2006): 42-50.

Hafsah, Mohammad Jafar. "Kemitraan Usaha: Konsepsi dan Strategi, Jakarta: PT." Pustaka Sinar Harapan (2000).

Hair, Joseph F. "Black, Wc, Babin, Bj, & Anderson, Re (2010)." Multivariate Data Analysis 7 (2010): 77-95.

Hanum, Ayu Noviani, dan Andwiani Sinarasri. "Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi E Commerce dan Pengaruhnya terhadap Kinerja UMKM (STUDI KASUS UMKM di Wilayah Kota Semarang)." Maksimum: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang 8.1 (2018): 1-15.

Hashemi, Seyed Ahmad, dan Farideh Dehghanian. "A Survey and Analysis of the Relationship between Human Resources Management and Organizational Performance." Engineering, Technology & Applied Science Research 5.2 (2017): 10-48084.

Ilomäki, Liisa, dkk. "Digital Competence–An Emergent Boundary Concept for Policy and Educational Research." Education and information technologies 21 (2016): 655-679.

Indriantoro, Nur, dan Bambang Supomo. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE, (2002)

Jabar, Juhaini, Norfaridatul Akmaliah Othman, dan Mohd Asmadi Idris. "Enhancing Organizational Performance through Strategic Technology Alliances: A Study on Malaysian Manufacturers." International Journal of Innovation, Management and Technology 2.6 (2011): 506.

Kaczmarek, Jarosław. "The Stance, Factors, dan Composition of Competitiveness of SMEs in Poland." Sustainability 14.3 (2022): 1788.

Khairin, F. N., dkk. "UMKM Tangguh: Digitalisasi dan Transformasi Hijau." Surabaya: Pustaka Aksara (2021).

Lantu, Donald Crestofel, dkk. "Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model." The Asian Journal of Technology Management 15.1 (2016): 77.

Man, Thomas WY, Theresa Lau, dan K. F. Chan. "The Competitiveness of Small and Medium Enterprises: A Conceptualization with Focus on Entrepreneurial Competencies." Journal of business venturing 17.2 (2002): 123-142.

Márkus, Gábor. "Measuring company level competitiveness in Porter's Diamond model framework." FIKUSZ 2008 Business Sciences-Symposium for Young Researchers: Proceedings. 2008.

Ngaku, Maria Alfonsa, E. Marhaeniyanto, dan A. T. Murti. Analisis Kelayakan Usaha Ayam Pedaging Pola Kemitraan dan Pola Mandiri di Kecamatan Dau Kabupaten Malang (Studi Kasus di Desa Gang Siranputuk Desa Gading Kulon dan Desategal Weru). Diss. Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2021.

Orga, Josephine Ivoma, Chikizie Sunday Nnadi, dan N. C. Emeh. "The Role of knowledge management on the competitive advantage of food and beverage firms in South East Nigeria." Scholars Journal of Economics, Business and Management 5.7 (2018): 612-622.

Purwana, Dedi, R. Rahmi, dan Shandy Aditya. "Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit." Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1.1 (2017): 1-17.

Puspitasari, Ratna. "Kebutuhan Pelatihan bagi Manajer Marketing." Perspektif Ilmu Pendidikan 20.XI (2009): 82-109.

Raharjo, Tri Weda. Pengembangan Ekonomi Masyarakat melalui Penguatan Kemitraan Usaha UMKM, Koperasi dan Korporasi. Jakad Media Publishing, 2018.

Rusdiana, H. A. "Kewirausahaan: Teori dan Praktik, CV." Pustaka Setia, Bandung (2018).

Sekaran, Uma, dan Roger Bougie. Research methods for business: A skill building approach. john wiley & sons, 2016.

Srivastava, Saurabh, Abid Sultan, dan Nasreen Chashti. "Influence of Innovation Competence on Firm Level Competitiveness: An Exploratory Study." Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship (2017).

Sugiyono, Dr. "Metode penelitian kuantitatif dan R&D." Bandung: Alfabeta (2010): 26-33.

Szerb, László, dan József Ulbert. "The Examination of the Competitiveness in the Hungarian SME Sector: A Firm Level Analysis." Acta Polytechnica Hungarica 6.3 (2009): 105-123.

Tambunan, Tulus. "Entrepreneurship development: SMES in Indonesia." Journal of Developmental Entrepreneurship 12.01 (2007): 95-118.

Vieru, Dragos, dkk. "Digital Competence: A Multi-Dimensional Conceptualization and a Typology in an SME Context." 2015 48th Hawaii International Conference on System Sciences. IEEE, 2015.

Wheeler, Steve. "Digital Literacies for Engagement in Emerging Online Cultures." eLearn Center Research Paper Series (2012): 14-25.

Widiastuti, Tri, dan Aprih Santoso. "Look for Strengthening the Competitiveness of Traditional Snacks-Based SMEs." Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis 8.1 (2020): 223-230.

Young Kim, Eun, dan Youn‐Kyung Kim. "Predicting Online Purchase Intentions for Clothing Products." European Journal of Marketing 38.7 (2004): 883-897.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i4.2481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.