Moderasi Work Amospheree Atas Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompetensi SDM Terhadap Kinerja Pegawai Pasca WFH pada Kementerian Kelautan dan Perikanan

Lukiyana Lukiyana, Linayatul Mukaromah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis moderasi suasana kerja terhadap pengaruh lingkungan kerja dan kompetensi SDM terhadap kinerja pegawai pasca WFH di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Populasi dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 60 responden yang merupakan pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan yang berusia 25-45 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan simple random sampling. Metode pengolahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan smartPLS dengan tujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, kompetensi SDM terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, suasana kerja terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan , suasana kerja terbukti signifikan dan dapat memoderasi pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, suasana kerja terbukti signifikan terhadap kinerja karyawan dan dapat memoderasi pengaruh kompetensi SDM terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu peneliti membatasi pada tiga variabel independen yaitu lingkungan kerja, kompetensi, dan suasana kerja dan peneliti merekomendasikan agar instansi Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam proses penyerapan dan penempatan pegawai harus memperhatikan kompetensi, karena hal ini akan membantu pegawai dalam menyelesaikan tugas sehingga berdampak pada kinerja yang dihasilkan pegawai.

Keywords


Lingkungan kerja, kompetensi, suasana kerja, kinerja

Full Text:

PDF

References


Adha, Risky Nur, Nurul Qomariah, dan Achmad Hasan Hafidzi. “Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember.” Jurnal Penelitian IPTEKS 4, no. 1 (2019): 47–62.

Ardiansyah, Deny Jepri. “Analisis Pengembangan SDM Melalui Evaluasi Kinerja Dan Motivasi Guru Dalam Pemberian Tunjangan di SDN Sidotopo II/49 Surabaya.” STIE MAHARDHIKA, 2020.

Ayunasrah, Tiswanti, Ratnawati Ratnawati, Rahma Diana, dan Ansari Ansari. “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bener Meriah.” Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen 4, no. 1 (2022): 1–10.

Aziz, Ramdani. “Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening: Studi Pada Dinas Pariwisata Pemerintahan Kota Batu.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2021.

Basna, Frengky. “Analisis Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen 4, no. 3 (2016).

Basuki, Kustiadi, dan Gery Adhes Saputra. “Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Sistem Reward Terhadap Kinerja Karyawan Di Moderasi Disiplin Kerja (Studi Pada PT. Mitra Inovasi Gemilang) Di Jakarta.” Media Manajemen Jasa 4, no. 1 (2017).

Callista, Natasha. “Pengaruh Kompetensi SDM Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Tresnamuda Sejati Cabang Surabaya.” Agora 4, no. 2 (2016): 45–50.

Darmawan, Didit. “Analisis Variabel Komitmen Organisasi, Iklim Kerja, Kepuasan Kerja Dan Etos Kerja Yang Memengaruhi Kinerja Pegawai.” Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen 4, no. 1 (2020).

Dian Sudiantini, D S. “Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan Strategis Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pelayanan Publik Dengan Iklim Kerja Sebagai Variabel Moderasi Pada Pemda Provinsi Banten (Di Kab Lebak, Kab Pandeglang, Kab Serang).” Universitas Trisakti, 2020.

Fadhil, Muhammad. “Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Pada Balai Latihan Kerja Industri Makassar.” Perspektif: Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani 1, no. 1 (2016): 70–81.

Faishol, Fuad, dan Bambang Suko Priyono. “Pengaruh Komitmen Organisasional Dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Dengan Moderasi Iklim Organisasi Pada KPP Pratama Demak.” Jurnal Ekonomika 7, no. 1 (2023): 73–82.

Ferawati, Apfia. “Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.” Agora 5, no. 1 (2017).

Findarti, Febrisma Ramadhiya. “Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur.” E-Journal Ilmu Administrasi Bisnis 4, no. 5 (2016): 937–46.

Hakim, Yusuf Rahman Al. “Analisis Pengaruh Iklim Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai.” Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3, no. 3 (2022): 456–60.

Harahap, Ahmad Suhaimi. “Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Cabang Belmera Medan.” Universitas Medan Area, 2023.

Hoki, Leony, dan Silvia Sofyan. “Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sumber Sukses Rezeki.” Jurnal Ilmiah Smart 3, no. 1 (2019): 22–25.

Hsb, Fitriyah Nur, dan Hazmanan Khair. “Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi Manajemen Dan Keterampilan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kominfo Labuhanbatu Utara.” Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum 5, no. 1 (2021): 15–30.

Indrayanti, Kristiana Asih, Alwi Suddin, dan Erni Widajanti. “Pengaruh Komunikasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi Mekkar Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderasi.” Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan 17 (2017).

Jayaningrum, Siti Kusandhitasari, Kusuma Chandra Kirana, dan Gendro Wiyono. “Analisis Kompetensi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Berbasis Lingkungan Kerja Non Fisik.” Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) 5, no. 2 (2020): 16–26.

Kartika, Lucia Nurbani, dan Agus Sugiarto. “Pengaruh Tingkat Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Administrasi Perkantoran.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 17, no. 1 (2014): 73–90.

Laoh, Jeschrist, Greis M Sendow, dan Yantje Uhing. “Pengaruh Karakteristik Individu Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada Usaha Rumah Kopi Di Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 7, no. 4 (2019).

Lukiyana, Lukiyana, dan Halima Halima. “Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Pacific Metro International Jakarta.” Media Studi Ekonomi 19, no. 2 (2016).

Mahfujah, Nahdiatul. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Iklim Organisasi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Pegawai di Sekretariat DPRD Kabupaten Balangan).” Universitas Muhammadiyah Malang, 2023.

Marjaya, Indra, dan Fajar Pasaribu. “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai.” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 2, no. 1 (2019): 129–47.

Martono, Amin Wahyudi, dan Rahayu Triastity. “Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating Di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jateng Dan Daerah Istimewa Yogyakarta.” Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia 12, no. 1 (2018).

Maryadi, Maryadi, dan Harlindah Harniati Arfan. “Pengaruh Motivasi, Budaya Kerja Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Unit Pembinaan Karakter Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar.” Ezenza Journal (EJ) 2, no. 1 (2023): 88–98.

Nabawi, Rizal. “Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai.” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 2, no. 2 (2019): 170–83.

Prasetia, Ilham Andre, dan Suwitho Suwitho. “Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Manfaat Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Minat Pembelian Ulang Pada Aplikasi Shopee.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM) 11, no. 9 (2022).

Pratama, Siswa. “Analisa Pengaruh Sumberdaya Manusia, Prasarana Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Studi Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.” Jumant 11, no. 1 (2019): 235–50.

Pratiwi, Nurmala Widia, Y Djoko Suseno, dan Untung Sriwidodo. “Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Gaya Kepemimpinan Sebagai Variabel Moderasi.” JURNAL MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA 14 (2020).

Pratiwi, Nurul, Baso Amang, dan Zaenal Arifin Sahabuddin. “Pengaruh Kemampuan, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Unit Pelaksana Tugas (UPT) PSDA Di Pinrang, Sulawesi Selatan.” Jurnal Simki Economic 6, no. 1 (2023): 150–63.

Prayogi, Muhammad Andi, Muhammad Taufik Lesmana, dan Lukman Hakim Siregar. “Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai.” Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), no. 2 (2019): 666–70.

Pura, Mitha Permata, dan Putu Nina Madiawati. “Pengaruh Promotion Mix Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Dengan Perilaku Konsumen Sebagai Variabel Intervening.” JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting) 4, no. 2 (2021): 204–16.

Ramadhan, Nabilah, dan Jafar Sembiring. “Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kinerja Karyawan Di Human Capital Center Pt. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.” Jurnal Manajemen Indonesia 14, no. 1 (2014): 47–58.

Riansah, Rosa, dan Sri Sarwo Sari. “Pengaruh Iklim Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Rumah Sakit Umum Daerah Ogan Komering Ulu Timur.” Jurnal Signaling 8, no. 2 (2019): 55–59.

Saing, Bungaran, dan Wastam Wahyu Hidayat. “Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Jakarta.” JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting) 6, no. 1 (2023): 62–75.

Sainong, Era Prayitna, Suarga Suarga, dan Kasmawati Kasmawati. “Pengaruh Iklim Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa.” Al Asma: Journal of Islamic Education 3, no. 1 (2021): 158–66.

Sihaloho, Ronal Donra, dan Hotlin Siregar. “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Super Setia Sagita Medan.” Jurnal Ilmiah Socio Secretum 9, no. 2 (2020): 273–81.

Sugiarti, Endang. “Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Sukses Expamet.” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 3, no. 2 (2020): 479–86.

Sunarsi, Denok, Hadion Wijoyo, Dodi Prasada, dan Dede Andi. “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Mentari Persada Di Jakarta.” In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 5:117–23, 2020.

Usman, Benny. “Pengaruh Iklim Kerja Dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Universitas PGRI Palembang.” Jurnal Media Wahana Ekonomika 8, no. 2 (2011): 98–116.

Wijaya, Hendry, dan Emi Susanty. “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (Studi Kasus Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Musi Banyuasin).” Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis Dan Manajemen 2, no. 1 (2017): 40–50.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.