Public Relations Strategy Management in Increasing Students' Interest in Studying at MTsN 2 Hulu Sungai Utara South Kalimantan

R. Supyan Sauri, Teddy Suryana, Nahdiyatul Husna, Siti Mas'amah, Rasma Afifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi manajemen hubungan masyarakat yang diterapkan oleh MTSN 2 HSU dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pimpinan sekolah, guru, staf, siswa, dan orang tua. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi ini melibatkan perencanaan, komunikasi, pelaksanaan, dan evaluasi. Terjadi kolaborasi antara unit Hubungan Masyarakat dan Tata Usaha dengan memanfaatkan berbagai saluran komunikasi untuk melibatkan para pemangku kepentingan. Evaluasi dilakukan untuk mengukur efektivitas dan mendapatkan umpan balik. Meskipun tanggapan pemangku kepentingan bervariasi, diperlukan perbaikan dalam pelaksanaan strategi ini untuk memenuhi harapan mereka. Faktor pendukung meliputi komitmen pimpinan sekolah, kerjasama dengan guru dan staf, serta partisipasi aktif siswa dan orang tua. Namun, terdapat faktor penghambat seperti sumber daya yang terbatas, perubahan tren komunikasi, dan kurangnya pemahaman dan dukungan internal yang perlu diatasi.


Keywords


Manajemen Strategi Hubungan Masyarakat, Minat Siswa, MTSN 2 HSU Kalimantan Selatan

Full Text:

PDF

References


Akdon. Strategic Management For Educational Management (Manajemen Strategic Untuk Manajemen Pendidikan). Bandung: Alfabeta, 2006.

Amin, Moh. “Impelemntasi Manajemen Strategis Kepala Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Serang.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 2, no. 02 (2017): 41–57.

Andriani, Astri Dwi, Asep Mulyana, I Gde Dhika Widarnandana, Aris Armunanto, Imas Sumiati, Leni Susanti, Leonita Siwiyanti, Qomarotun Nurlaila, Dheni Dwi Pangestuti, and Irra Chrisyanti Dewi. Manajemen Sumber Daya Manusia. Vol. 1. TOHAR MEDIA, 2022.

Barbirin, Raminah. Teori Dan Apresiasi Puisi. Semarang: IKIP Semarang Press, 1990.

Barney, Jay B, and Ricky W Griffin. The Management of Organizations: Strategy, Structure, Behavior. Houghton Mifflin College Division, 1992.

Basofi, Imam. “Manajemen Humas IAIN Madura Dalam Menarik Minat Masyarakat.” Kabilah: Journal of Social Community 5, no. 1 (2020): 74–82.

Harini, Ira Nur. “Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Pencitraan Sekolah (Studi Kasus Di SMP Al-Hikmah Surabaya).” Jurnal Inspirasi Manajamen Pendidikan 4, no. 4 (2014).

Iriantara, Yosal. Manajemen Strategis Public Relations. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2004.

Julianti, Mika. “Manajemen Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Minat Calon Siswa Bersekolah Di Yayasan Surban MTs Pacet Mojokerto.” Continuous Education: Journal of Science and Research 2, no. 2 (2021): 46–58.

Khori, Ahmad. “Manajemen Strategik Dan Mutu Pendidikan Islam.” Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2016): 75–99.

Krimawintari, Ni Putu Dyah. “Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Orang Tua Dalam Memilih Sekolah,” 2011.

Rahmat, Abdul. Manajemen Humas Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi, 2016.

Saefudin, Achmad. “Pelaksanaan Pendidikan Akhlak di SMP Islam Terpadu Daarut Tahfidz Karangasem Sayung Demak.” Undergraduate, Fakultas Agama Islam UNISSULA, 2017. http://repository.unissula.ac.id/8927/.

Shaleh, Abdul Rahman, and Muhbibi Abdul Wahab. Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Prespektif Islam). Jakarta: Prenada Media, 2004.

Silviani, Irene. Komunikasi Organisasi. Scopindo Media Pustaka, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.