Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Affiliate Marketing dan Peningkatan Pendapatan Afiliator

Muchammad Wilianto Hamzah, Asep Mulyana, Yudi Ahmad Faisal

Abstract


Indikator keberhasilan pemberdayaan ekonomi sebagai sebuah proses seringkali diambil dari tujuan sebuah pemberdayaan yang menunjukkan pada keadaan atau hasil yang ingin dicapai oleh sebuah perubahan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh affiliate marketing terhadap pemberdayaan ekonomi melalui peningkatan pendapatan afiliator.  Responden penelitian ini merupakan affiliate marketer dari berbagai platform e-commerce yang tersebar diberbagai kota di Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan affiliate marketing berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan afiliator dan pada akhirnya memberdayakan ekonomi mereka. Konsep ini sangat cocok dengan ide-ide yang merupakan inti dari ekonomi sosial dan mengacu pada aktivitas yang diambil untuk kepentingan publik, yang mengasumsikan dominasi efek sosial atas upaya untuk memaksimalkan keuntungan. Penelitian ini memberikan memberikan pemahaman baru, bahwa program affiliate marketing adalah salah satu bentuk baru dari pemberdayaan ekonomi, yang kedepannya akan terus maju dan berkembang ke arah cooperative economy yang lebih adil dan menyejahterakan.

Keywords


Affiliate Marketing; Pemberdayaan Ekonomi; Peningkatan Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Alhazami, Lutfi. "Peningkatan Pendapatan Masyarakat Meruya Melalui Afiliasi Marketing Pada Masa Pandemic Covid 19." JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.2 (2020): 34-36.

Beranek, Ladislav. "The development of an in-house affiliate marketing network-A case study." International Journal of Internet Marketing and Advertising 13.3 (2019): 271-283.

Cho, Chang-Hoan, Jung-Gyo Lee, dan Marye Tharp. "Different forced-exposure levels to banner advertisements." Journal of advertising research 41.4 (2001): 45-56.

Duffy, Dennis L. "Affiliate marketing and its impact on e‐commerce." Journal of consumer marketing 22.3 (2005): 161-163.

Dwivedi, Yogesh K., Nripendra P. Rana, dan Mohammad Abdallah Ali Alryalat. "Affiliate marketing: An overview and analysis of emerging literature." The Marketing Review 17.1 (2017): 33-50.

Erlindawati, Erlindawati, dan Rika Novianti. "Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pendapatan, Kesadaran Dan Pelayanan Terhadap Tingkat Motivasi Masyarakat Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan." IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 9.1 (2020): 65-79.

Golzard, Vahideh. "Economic empowerment of Iranian women through the internet." Gender in Management: An International Journal 35.1 (2020): 1-18.

Gregori, Nicolas, Roberto Daniele, dan Levent Altinay. "Affiliate marketing in tourism: determinants of consumer trust." Journal of Travel Research 53.2 (2014): 196-210.

Haq, Zia Ul. "Affiliate marketing programs: A study of consumer attitude towards affiliate marketing programs among Indian users." International Journal of Research Studies in Management 1.1 (2012): 127-137.

Houghton, Scott, Mark Moss, dan Emma Casey. "Affiliate marketing of sports betting–a cause for concern?." International Gambling Studies 20.2 (2020): 240-245.

Kawira, Kimathi Doreen, Elegwa Mukulu, dan Romanus Odhiambo. "Effect of Digital Marketing on the Performance of MSMES in Kenya." Journal of Marketing and Communication 2.1 (2019): 1-23.

Olbrich, Rainer, Carsten D. Schultz, dan Patrick M. Bormann. "The effect of social media and advertising activities on affiliate marketing." International Journal of Internet Marketing and Advertising 13.1 (2019): 47-72.

Patrick, Zurina, dan Ong Choon Hee. "Affiliate Marketing in SMEs: The Moderating Effect of Developmental Culture." Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities 29.2 (2021).

Patrick, Zurina, dan Ong Choon Hee. "Factors influencing the intention to use affiliate marketing: A conceptual analysis." International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 9.2 (2019): 701-710.

Prameswari, Nanda Putri, dan Sri Rahayu Tri Astuti. "Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen pada Asuransi” P” di Kota Semarang." Jurnal Fokus Ekonomi 6.2 (2011): 1-18.

Ramadhayanti, Ana. "Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Affiliate Marketing terhadap Volume Penjualan." Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen 8.1 (2021): 94-103.

Rimawan, Muhammad, dkk. "Pengembangan dan Pelatihan Produk Kacang Tanah dan Singkong untuk meningkatkan Pedapatan UMKM Desa Ntonggu di Masa Pendemic Covid 19." Jurnal IPMAS 1.2 (2021): 46-51.

Santika, Mira, dan Zulkifli Zulkifli. "Pengaruh Zakat, Bantuan Sosial, dan Pendapatan terhadap Kesejahteraan Masyarakat Diukur dalam Perspektif Islam (Studi Kasus di Kabupaten Gayo Lues)." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam 3.1 (2021).

Sekaran, Uma, dan Roger Bougie. Research Methods for Business: A Skill Building Approach. John Wiley & Sons, 2016.

Sihombing, Ester Hervina, dkk. "The Influence of Marketing and Affiliate Marketing Communications On Increasing Sales Volume (Study The Case of Online Merchants on the Shopee Marketplace in Medan City)." Jurnal Ekonomi 12.3 (2023): 362-368.

Singh, Surabhi, ed. Driving traffic and customer activity through affiliate marketing. IGI Global, 2017.

Singhal, Kanika, dan Abhineet Anand. "Analysis of YouTube channel analytics and affiliate marketing with operating system." International Conference on Advanced Communication and Computational Technology. Singapore: Springer Nature Singapore, 2019.

Suchada, Jiradech, dkk. "Hotels and resorts rent intention via online affiliate marketing." KnE Social Sciences (2018): 132-142.

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta, (2012).

Suryanarayana, Sharadhi Alape, David Sarne, dan Sarit Kraus. "Information disclosure and partner management in affiliate marketing." Proceedings of the First International Conference on Distributed Artificial Intelligence. 2019.

Taufiqurrahman, Taufiqurrahman, Abdul Azis, dan Ades Sugita. "Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Dunia Digital di Era Covid-19." Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3.1 (2021): 20-29.

Widyakto, Adhi, Edy Suryawardana, dan Susanto Susanto. "Assistance of MSMEs of Gendongan Village, Tingkir Subdistrict, Salatiga City, through Digital Marketing." Indonesian Journal of Devotion and Empowerment 3.2 (2021): 5-9.

Wijiastuti, Sri, dan Kurniawati Darmaningrum. "Utilization of Digital Marketing on the Development of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Jebres District, Surakarta City." Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen 9.2 (2021): 574-583.

Zaifuddin, Zaifuddin. "Pemberdayaan Masyarakat melalui Online Marketing: Penguatan Ekonomi Masyarakat Desa Berbasis Digital." Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 10.1 (2022): 31-40.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.