Pengaruh Promo Harga Pengiriman Terhadap Keputusan Berbelanja di Shopee dengan Lifestyle sebagai Variabel Intervening

Dony Ahmad Ramadhani, Theresia Pradiani, Fathorrahman Fathorrahman

Abstract


Tren jual beli online sedang menjadi transaksi yang paling diminati dan sudah menjadi gaya hidup di sebagian kalangan masyarakat Indonesia. Antusiame terhadap tren tersebut tidak lepas dari pola pikir yang terbangun bahwa setiap transaksi akan diberikan potongan ongkos kirim yang menggiurkan. Shopee merupakan e-commerce dengan jumlah transaksi terbanyak sampai saat ini dengan memanfaatkan program tersebut. Direktur Shopee di sisi lain, menyampaikan bahwa transaksi online berkembang di daerah-daerah luar kota besar dan banyak diminati oleh kalangan muda. Permasalahan di atas tentunya sangat menarik untuk diteliti dengan tujuan untuk menganalisa (1) pengaruh promo harga pengiriman terhadap keputusan berbelanja di Shopee, (2) pengaruh promo harga pengiriman terhadap lifestyle, (3) pengaruh lifestyle terhadap keputusan berbelanja di Shopee, (4) dan pengaruh promo harga pengiriman terhadap keputusan berbelanja di Shopee melalui lifestyle sebagai variabel intervening. Jumlah responden sebesar 100 orang. Data yang didapat dianalisa secara kuantitatif menggunakan analisis jalur (path analysis) dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) promo harga pengiriman berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja di Shopee, (2) promo harga pengiriman berpengaruh signifikan terhadap lifestyle, (3) lifestyle berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja di Shopee, (4) dan lifestyle tidak mampu memediasi pengaruh promo harga pengiriman terhadap keputusan berbelanja di Shopee.

Keywords


promo harga pengiriman, keputusan berbelanja, lifestyle.

Full Text:

PDF

References


Agency, ANTARA News. “HSU lepas dari status kabupaten tertinggal.” ANTARA News Kalimantan Selatan. Diakses 24 Maret 2023. https://kalsel.antaranews.com/berita/113956/hsu-lepas-dari-status-kabupaten-tertinggal.

Agesti, Neri, Mohammad Sihab Ridwan, dan Endah Budiarti. “The Effect of Viral Marketing, Online Customer Review, Price Perception, Trust on Purchase Decisions with Lifestyle as Intervening Variables in the Marketplace Shopee in Surabaya City.” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 8, no. 3 (2021): 496–507.

Agustina, Amanda Ayu Fikma, dan Anindhyta Budiarti. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Dimediasi Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Hammer Clothing Store.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM) 11, no. 4 (2022).

Alawiyah, Tuti. “Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Pada Event Tanggal Kembar (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee).” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5, no. 1 (2023): 5418–26.

Digital, Prodik. “Tren Perilaku Belanja Konsumen Versi Shopee.” Tempo, 27 Januari 2023. https://inforial.tempo.co/info/1007340/tren-perilaku-belanja-konsumen-versi-shopee.

“E-Commerce No.1 Pilihan Pengguna Dalam Hal Belanja Online Jelang Ramadan 2023 | merdeka.com.” Diakses 22 Juni 2023. https://www.merdeka.com/uang/e-commerce-no1-pilihan-pengguna-dalam-hal-belanja-online-jelang-ramadan-2023.html.

Febria, Mira Fujita, Fadjar Setiawan, dan Eman Sulaeman. “Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee Di Indonesia).” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4, no. 6 (2022): 12703–11.

Fitriyadin, EKA. “Pengaruh Faktor Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pengguna Produk Elektronik di Purworejo).” SEGMEN: Jurnal Manajemen dan Bisnis 12, no. 2B (2016).

Indriyani, Prameswari. “Hubungan Antara Gaya Hidup Dengan Keputusan Pembelian Online Shopee Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Palembang.” Indonesian Journal of Behavioral Studies 1, no. 4 (2021): 488–500.

Kapriani, Kapriani, dan Ibrahim Ibrahim. “Analisis Pengaruh Diskon dan Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Layanan Jasa Grab Food pada Masa Pandemi.” SEIKO: Journal of Management & Business 5, no. 2 (2022): 395–403.

“Kelompok Usia - SEPAKAT wiki.” Diakses 22 Juni 2023. https://sepakat.bappenas.go.id/wiki/Kelompok_Usia.

KOMINFO, PDSI. “Pemerintah Gencarkan Digitalisasi Pemasaran Produk IKM.” Website Resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Diakses 24 Maret 2023. http:///content/detail/39353/pemerintah-gencarkan-digitalisasi-pemasaran-produk-ikm/0/berita.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. 13 ed. Vol. 1. Jakarta: Erlangga, 2008.

———. Marketing Management. 14 ed. Pearson Education.Inc, 2012.

Kurniawan, Moh Zaki. “Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Wilayah Blitar.” Eco-Entrepreneur 7, no. 2 (2021): 152–64.

Kurniawan, Rido, dan Febsri Susanti. “Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sepatu Merek Fladeo Di Basko Grand Mall Padang,” 2019.

Maulana, Hutomo Atman, dan Yunelly Asra. “Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan.” Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis 7, no. 2 (2019): 162–65.

Sakdiyah, Mariatus. “Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Onlineshop Pusathijabsyaree Surabaya).” BIMA: Journal of Business and Innovation Management 3, no. 2 (2021): 226–44.

Sauri, Supian, dan Novita Alfinuri. “Pengaruh Ulasan Pelanggan, Penilaian, Gratis Ongkir, Kesadaran Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee.” Adl Islamic Economic: Jurnal Kajian Ekonomi Islam 4, no. 1 (2023): 1–18.

Setiadi, Nugroho. J. Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. 3 ed. Jakarta: Prenadamedia Group, 2019.

Tusanputri, Alyasinta Viela, dan Amron Amron. “Pengaruh iklan dan program gratis ongkir terhadap keputusan pembelian,” 23:632–39, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.