Analisis Kritis Tantangan Pendidik dalam Islam di Era Disruption 4.0
Abstract
Era disrupsi ditandai dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat. Berkaitan dengan pendidikan, sumber daya manusia menjadi hal yang penting. Sumber daya manusia dalam lembaga pendidikan yakni pendidik dan tenaga pendidik. Pendidik memiliki peran utama dalam pendidikan, termasuk pendidikan Islam. Pada era disruption ini pendidikan islam diharapkan mampu mengikuti berbagai peluang yang ada. Namun, selain peluang hadir juga tantangan yang dialami pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kritis tantangan pendidik dalam Islam di era disruption 4.0. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan pendidik dalam Islam di era Disrupsi 4.0 mendorong perubahan paradigma pendidikan, memaksa guru untuk menjadi fasilitator keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas. Pendidikan Islam perlu menjaga esensi nilai-nilai agama dan moral sambil beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan memanfaatkan peluang digitalisasi. Pengembangan keterampilan relevan dan pemanfaatan teknologi akan memungkinkan pendidikan Islam memberikan kontribusi yang berarti bagi pembentukan generasi unggul dan berdaya saing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifudin, Opan. “Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (Spmi) sebagai upaya meningkatkan mutu perguruan tinggi.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi) 3, no. 1 (2019): 161–67. https://doi.org/10.31955/mea.vol3.iss1.pp161-169.
Bassar, Agus Samsul, Uus Ruswandi, dan Mohamad Erihadiana. “Pendidikan Islam: Peluang dan Tantangan di Era Global dan Multikultural.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 8, no. 1 (2021): 63–75. https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.9577.
Faizn, Aiman, Muhamad Parhan, dan Rizki Ananda. “Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe.” Jurnal lmu Pendidikan 4, no. 1 (2022): 1544–50.
Fakhruddin, M, Rusydi Ananda, dan Siti Istiningsih. “Perubahan Paradigma Dalam Organisasi Belajar Di Abad 21.” Jurnal Universitas Negeri Jakarta 27, no. 2 (2013): 111–17.
Fikri, Ali. “Pengaruh Globalisasi dan Era Disrupsi terhadap Pendidikan dan Nilai-Nilai Keislaman.” Sukma: Jurnal Pendidikan 3, no. 1 (2019): 117–36. https://doi.org/10.32533/03106.2019.
Hanafy, Muh. Sain. “Konsep Belajar Dan Pembelajaran.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 17, no. 1 (2014): 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5.
Haryono, C. G. Ragam metode penelitian kualitatif komunikasi. Jejak Publisher, 2020.
Hidayat, Andi, Sopyan Hadi, dan Syamsul Marlin. “Strategi Pendidikan Islam Di Era Disrupsi.” Misykat al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat 4, no. 2 (2021): 215. https://doi.org/10.24853/ma.4.2.215-234.
Hidayat, Nur. “Peran Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global.” el-Tarbawi 8, no. 2 (2015): 131–45. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art2.
Idris, Muhammad. “Pendidikan Islam dan Era Society 5.0 ; Peluang dan Tantangan Bagi Mahasiswa PAI Menjadi Guru Berkarakter.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2022): 61. https://doi.org/10.29240/belajea.v7i1.4159.
Kusumaningtyas, Ratri, Ina Mar’atus Sholehah, dan Nika Kholifah. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z.” Warta LPM 23, no. 1 (2020): 54–62. https://doi.org/10.23917/warta.v23i1.9106.
Lian, B, dan A Amiruddin. “Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sdm Berkualitas Di Era Disrupsi Dan Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional PGRI Provinsi Sumatra Selatan dan Universitas PGRI Palembang, no. November (2021): 12–15.
Nurlindah, Nurlindah, Muh. Khalifah Mustami, dan Musdalifah Musdalifah. “Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 4, no. 1 (2020): 40. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13893.
Paywala, Remond Joey, dan Dwi Wulandari. “Pembelajaran Seumur Hidup di Abad 21 Untuk Menghadapi Era Disrupsi.” EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan 20, no. 2 (2021): 1215–22.
Purnomo, Purnomo, dan Putri Irma Solikhah. “Konsep Dasar Pendidikan Islam Inklusif : Studi Tentang Inklusivitas Islam Sebagai Pijakan Pengembangan Pendidikan Islam Inklusif.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 7, no. 2 (2021): 114–27. https://doi.org/10.18860/jpai.v7i2.13286.
Suarga. “Tugas Dan Fungsi Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan.” Jurnal Idaarah 3, no. 1 (2019): 1. https://doi.org/10.1097/01.ede.0000417167.61785.27.
Suriana. “Pendidikan Islam Di Era Globalisasi: Menggapai Peluang, Menuai Tantangan.” Jurnal Mudarrisuna 4, no. 2 (2014): 196–208.
Suriansyah, A. “Landasan pendidikan,” 2011.
Zulfa, Fitria, Jaja Jahari, dan A. Heris Hermawan. “Peluang Dan Tantangan Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Pada Masa Covid-19.” J-Mpi 6, no. 1 (2021): 14–28. https://doi.org/10.18860/jmpi.v6i1.11710.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2696
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.