Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan dan Minuman Usaha Kecil Menengah di Pekanbaru

Intan Syafitri, Syaefulloh Syaefulloh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana bentuk pengaruh dari kualitas produk, layanan yang dirasakan oleh konsumen, serta harga terhadap minat beli produk-produk UKM di Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Objek penelitian atau yang di teliti yaitu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah konsumen-konsumen produk UKM. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui Personally Administered Questionnaires atau kusioner yang di kelola pribadi yang di isi oleh 100 responden. Metode analisis nya menggunakan regresi berganda. Secara simultan, kualitas produk, layanan yang dirasakan dan harga berpengaruh terhadap minat beli. Secara keseluruhan, kualitas produk dan harga sangat berpengaruh pada minat beli.

Keywords


Kualitas Produk, Layanan Yang Dirasakan, Harga, Minat Beli.

Full Text:

PDF

References


Abbas, Djamila. “Pengaruh Modal Usaha, Orientasi Pasar, dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM Kota Makassar.” Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi 5, no. 1 (31 Mei 2018). https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4991.

Baihaqi, Muhammad Mirza, dan R. Rusdiansyah. “Pengaruh Internal Terhadap Pendapatan Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Makanan Dan Minuman Ringan Di Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin).” JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan 4, no. 2 (26 November 2021). https://doi.org/10.20527/jiep.v4i2.4406.

Curatman, Aang. “Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon.” LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon 18, no. 3 (1 Desember 2016).

F. Hair Jr, Joe, Marko Sarstedt, Lucas Hopkins, dan Volker G. Kuppelwieser. “Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool in Business Research.” European Business Review 26, no. 2 (4 Maret 2014). https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128.

Furqan, Muhammad Arief, dan Ahmad Nizam. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Bisnis UMKM Makanan dan Minuman di Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam 3, no. 1 (18 Mei 2021). https://doi.org/10.24815/jimeki.v3i1.18504.

Ghozali. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiri. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2020.

Khoirrini, Layla, dan Lindawati Kartika. “Pengaruh Modal Insani Dan Modal Sosial Terhadap Kinerja (Studi Kasus Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Makanan Dan Minuman Kota Bogor).” Jurnal Manajemen Dan Organisasi 5, no. 3 (2014). https://doi.org/10.29244/jmo.v5i3.12174.

Meilani, Yohana F. Cahya Palupi, dan Sahat Simanjuntak. “Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan Dan Minuman Usaha Kecil Menengah Kabupaten Tangerang.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 14, no. 2 (2012). https://doi.org/10.9744/jmk.14.2.164-172.

Mubarok, Dadan Abdul Aziz, Palupi Permata Rahmi, dan Siti Sarah. “Pemasaran Kewirausahaan Dan Kinerja Pemasaran UKM Makanan Dan Minuman Di Jawa Barat.” ANALISIS 13, no. 1 (2 Maret 2023). https://doi.org/10.37478/als.v13i1.2530.

Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Developtment. Bandung: Alfabeta, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i6.2803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Intan Syafitri, Syaefulloh Syaefulloh

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.