Pengaruh Product Quality dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Melalui Lifestyle pada Produk Sepatu Thrift Impor di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Mahasiswa di Kota Pekanbaru)

M. Dafa Wardana, Syaefulloh Syaefulloh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh product quality dan brand image terhadap purchase decision melalui lifestyle pada produk sepatu thrift impor di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Mahasiswa di Kota Pekanbaru). Penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu product quality dan brand image dan satu variabel dependen yaitu purchase decision serta lifestyle sebagai variabel intervening. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden yaitu mahasiswa se kota Pekanbaru yang membeli produk sepatu thrift impor. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh: a) terdapat pengaruh signifikan product quality terhadap lifestyle, b) terdapat  pengaruh signifikan brand image terhadap lifestyle, c) tidak terdapat pengaruh signifikan product quality terhadap purchase decision, d) terdapat pengaruh signifikan brand image terhadap purchase decision, e) tidak terdapat pengaruh signifikan lifestyle terhadap purchase decision, f) lifestyle tidak dapat memediasi pengaruh product quality terhadap purchase decision g) lifestyle tidak dapat memediasi pengaruh brand image terhadap purchase decision.

Keywords


Product Quality, Brand Image, Purchase Decision, Lifestyle

Full Text:

PDF

References


Angela, Veliana, dan Eristia Lidia Paramita. “Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z.” Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen 10, no. 2 (30 September 2020). https://doi.org/10.37932/j.e.v10i2.132.

Arianty, Nel, dan Ari Andira. “Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian.” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 4, no. 1 (31 Maret 2021). https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766.

Dewi, Ayu Safika, Titik Inayati, dan Mohamad Johan Efendi. “Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Indonesia.” Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan 1, no. 3 (22 September 2022): 202–9. https://doi.org/10.55826/tmit.v1iIII.50.

F. Hair Jr, Joe, Marko Sarstedt, Lucas Hopkins, dan Volker G. Kuppelwieser. “Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool in Business Research.” European Business Review 26, no. 2 (4 Maret 2014). https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128.

Fatmaningrum, Sakti Riana, Susanto Susanto, dan Muinah Fadhilah. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea.” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) 4, no. 1 (13 Januari 2020). https://doi.org/10.31955/mea.v4i1.270.

Ghozali. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiri. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2020.

Jaya, Umban Adi, Santun Insan Bagja, dan Bambang Somantri. “Pengaruh Price dan Product Quality Terhadap Costumer Loyalty Internet Indosat Ooredo di Sukabumi.” Cakrawala Repositori IMWI 3, no. 1 (4 April 2020). https://doi.org/10.52851/cakrawala.v3i1.38.

Marbun, Maulina Br, Hapzi Ali, dan Fransiskus Dwikoco. “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 2 (8 September 2022). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1134.

Mongisidi, Sweetly Jane, Jantje Sepang, dan Djurwati Soepeno. “Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus Manado Town Square).” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 7, no. 3 (28 Agustus 2019). https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24041.

Purnapardi, Magfirah Safitri, dan Tias Andarini Indarwati. “Pengaruh Product Quality Dan Brand Image Terhadap Repurchase Intention Produk Kosmetik Halal Di E-Commerce.” Jurnal Ilmu Manajemen 10, no. 1 (18 Maret 2022). https://doi.org/10.26740/jim.v10n1.p136-147.

Putra, I. Gede Wisnu Satria Chandra. “Evaluasi Pengaruh Product Quality, Product Innovation, dan Marketing Promotion terhadap Brand Image IKEA.” Digismantech (Jurnal Program Studi Bisnis Digital) 1, no. 1 (30 Juni 2021). https://doi.org/10.30813/digismantech.v1i1.2264.

Putri, Prisma Miardi, dan R.A Marlien. “Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 5, no. 1 (1 Januari 2022). https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510.

Suciningtyas, Wulan. “Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian.” Management Analysis Journal 1, no. 1 (7 Agustus 2012). https://doi.org/10.15294/maj.v1i1.505.

Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Developtment. Bandung: Alfabeta, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i6.2819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 M. Dafa Wardana, Syaefulloh Syaefulloh

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.