Pengaruh Halal Labelization dan Religiousity Terhadap Purchase Decision Melalui Brand Trust pada Fast Food di Kota Pekanbaru

Riski Arip Ramadan, Syaefulloh Syaefulloh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh halal labelization dan religiousity terhadap purchase decision melalui brand trust pada fast food di Kota Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu halal labelization dan religiousity dan satu variabel dependen yaitu purchase decision serta brand trust sebagai variabel intervening. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden yaitu masyarakat se kota Pekanbaru yang membeli makanan fast food. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh: a) terdapat pengaruh signifikan halal labelization terhadap brand trust, b) tidak terdapat pengaruh signifikan religiousity terhadap brand trust, c) tidak terdapat pengaruh signifikan halal labelization terhadap purchase decision, d) terdapat pengaruh signifikan religiousity terhadap purchase decision, e) terdapat pengaruh signifikan brand trust terhadap purchase decision, f) brand trust tidak dapat memediasi pengaruh halal labelization terhadap purchase decision g) brand trust tidak dapat memediasi pengaruh religiousity terhadap purchase decision.

Keywords


Halal Labelization, Religiousity, Purchase Decision, Brand Trust

Full Text:

PDF

References


Arianty, Nel, dan Ari Andira. “Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian.” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 4, no. 1 (31 Maret 2021). https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766.

F. Hair Jr, Joe, Marko Sarstedt, Lucas Hopkins, dan Volker G. Kuppelwieser. “Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool in Business Research.” European Business Review 26, no. 2 (4 Maret 2014). https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128.

Fitria, Sarah, dan Yessy Artanti. “Pengaruh Religiusitas dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian.” BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam 8, no. 1 (29 Juni 2020). https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i1.6732.

Ghozali. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiri. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2020.

Hayati, Rezkina, Iiz Izmuddin, dan Anne Putri. “Pengaruh Religiusitas Dan Budaya Terhadap Prilaku Konsumen Muslim Dalam Membeli Makanan Kafe.” EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies 3, no. 1 (24 Oktober 2019). https://doi.org/10.30983/es.v3i1.1265.

Hoiriyah, Yuliana Ulfidatul, dan Yustina Chrismardani. “Pengaruh Gaya Hidup Halal, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow (Studi Pada Mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura).” Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM) 1, no. 2 (31 Agustus 2021). https://doi.org/10.21107/jkim.v1i2.11590.

Izzuddin, Ahmad. “Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, dan Bahan Makanan terhadap Minat Beli Makanan Kuliner.” Jurnal Penelitian IPTEKS 3, no. 2 (30 Juli 2018). https://doi.org/10.32528/ipteks.v3i2.1886.

Marbun, Maulina Br, Hapzi Ali, dan Fransiskus Dwikoco. “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 2 (8 September 2022). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1134.

Paujiah, Rika, Ahmad Mulyadi Kosim, dan Syarifah Gustiawati. “Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian.” Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking 1, no. 2 (5 Januari 2020). https://doi.org/10.31000/almaal.v1i2.1847.

Sandala, Dicki, James D. D. Massie, dan Willem J. F. A. Tumbuan. “Pengaruh Viral Marketing, Food Quality, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mom Milk Manado.” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 7, no. 3 (28 Agustus 2019). https://doi.org/10.35794/emba.7.3.2019.23736.

Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Developtment. Bandung: Alfabeta, 2019.

Zuhirsyan, Muhammad, dan Nurlinda Nurlinda. “Pengaruh Religiusitas dan Persepsi Nasabah terhadap Keputusan Memilih Bank Syariah.” Al-Amwal : Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari’ah 10, no. 1 (2 Juni 2018). https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.2812.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i6.2820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riski Arip Ramadan, Syaefulloh Syaefulloh

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.