Pengaruh Influencer Marketing dan Affiliate Marketing terhadap Purchase Decision melalui Online Customer Review Tas Perempuan di Shopee Affiliate (Studi Kasus pada Gen Z di Kota Pekanbaru)

Yola Adriana, Syaefulloh Syaefulloh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh influencer marketing dan affiliate marketing terhadap purchase decision melalui online customer review tas perempuan di shopee affiliate (Studi Kasus pada Gen Z di Kota Pekanbaru) . Penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu influencer marketing dan affiliate marketing dan satu variabel dependen yaitu purchase decision serta online customer review sebagai variabel intervening. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden yaitu Gen Z se kota Pekanbaru yang membeli tas perempuan di shopee affiliate. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh: a) tidak terdapat pengaruh signifikan influencer marketing terhadap online customer review, b) terdapat  pengaruh signifikan affiliate marketing terhadap online customer review, c) terdapat pengaruh signifikan influencer marketing terhadap purchase decision, d) tidak terdapat pengaruh signifikan affiliate marketing terhadap purchase decision, e) terdapat pengaruh signifikan online customer review terhadap purchase decision, f) online customer review tidak dapat memediasi pengaruh influencer marketing terhadap purchase decision g) online customer review dapat memediasi pengaruh affiliate marketing terhadap purchase decision.

Keywords


Influencer Marketing, Affiliate Marketing, Purchase Decision, Online Customer Review

Full Text:

PDF

References


Agustina, Winnie, dan Wulan Purnama Sari. “Pengaruh Influencer Marketing Tiktok Terhadap Brand Image Bittersweet by Najla.” Prologia 5, no. 2 (29 September 2021). https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10211.

Ardianti, Asri Nugrahani. “Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee.,” t.t.

F. Hair Jr, Joe, Marko Sarstedt, Lucas Hopkins, dan Volker G. Kuppelwieser. “Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool in Business Research.” European Business Review 26, no. 2 (4 Maret 2014). https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128.

Fadhilah, Laelatul Aina. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran Dan Affiliate Marketing Akun Instagram @nazwaadinda_ Terhadap Minat Pembelian Produk Pada Followersnya.” NIVEDANA : Jurnal Komunikasi Dan Bahasa 3, no. 2 (31 Desember 2022). https://doi.org/10.53565/nivedana.v3i2.674.

Fathurrahman, M. M., D. Triwardhani, dan J. G. Argo. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 Pengembangan Ekonomi Bangsa Melalui Inovasi Digital Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Jakarta, 2021.

Gani, Ahadian Almizan, Silverius Y Soeharso, Seta A Wicaksana, dan Aisyah Pia Asrunputri. “Pengaruh Psychological Capital terhadap Readiness to Change pada Karyawan Penjaga Gardu Tol di Jabodetabek.” Ekonomi & Bisnis 18, no. 2 (2019). https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.1992.

Ghozali. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiri. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2020.

Karina, Nabela Dwi, Darmansyah, Dudi Awalludin, dan Asep Samsul Bakhri. “Pengaruh Affiliate Marketing Dalam Peningkatan Penjualan Pada Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumen.” Prosiding Seminar Nasional Inovasi Dan Adopsi Teknologi (INOTEK) 3, no. 1 (20 Mei 2023). https://doi.org/10.35969/inotek.v3i1.304.

Mulyati, Yofina, dan Grace Gesitera. “Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang.” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship 9, no. 2 (11 Maret 2020). https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538.

Prasetya, Adhitya Yoga, Ari Dwi Astono, dan Yuyun Ristianawati. “Analisa Startegi Pengaruh Influencer Marketing Di Social Media Dan Online Advertising Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko On Line Zalora).” Prosiding Seminar Nasional Unimus 4, no. 0 (29 Desember 2021).

Ramadhayanti, Ana. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Affiliate Marketing terhadap Volume Penjualan.” Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis, dan Manajemen 8, no. 1 (11 Januari 2021). https://doi.org/10.31602/al-kalam.v8i1.4161.

Sari, Azizah Pratika, dan Rose Rahmidani. “Pengaruh E-Word Of Mouth Dan E-Trust Terhadap E-Purchase Decision Mahasiswa Universitas Negeri Padang Pada Marketplace Lazada.” Jurnal Ecogen 2, no. 4 (13 Desember 2019). https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7844.

Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Developtment. Bandung: Alfabeta, 2019.

Suryani, Pandu Adi Cakranegara, Yanti Budiasih, Hendy Tannady, dan Yohanes Totok Suyoto. “Analisis Pengaruh Perceived Value Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Layanan Netflix.” Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) 3, no. 5 (9 November 2022). https://doi.org/10.37385/msej.v3i5.1171.

Susanto, Nicole Jolie. “Pengaruh Sosial Media Affiliate Marketing Terhadap Willingness to Buy Pada Marketplace Shopee Dengan Subjective Norm Sebagai Variabel Moderasi.” Jurnal Strategi Pemasaran 9, no. 2 (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i6.2823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yola Adriana, Syaefulloh Syaefulloh

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.