Pengaruh Promosi, Store Atmosphere, dan Shopping Emotion terhadap Impulse Buying (Studi Kasus pada Pengunjung Mall SKA di Kota Pekanbaru)
Abstract
Impulse buying adalah keadaan di mana pelanggan membeli barang yang tidak termasuk dalam rencana. Hal ini dapat terjadi ketika pembeli membeli barang karena penasaran dan tanpa membuat rencana sebelumnya. Elemen-elemen lain yang dapat mempengaruhi pembelian impulsif termasuk suasana toko, promosi, dan perasaan yang berhubungan dengan belanja. Penelitian ini mencoba untuk memastikan bagaimana promosi, suasana toko, dan emosi belanja mempengaruhi pembelian impulsif pelanggan di Mal SKA Pekanbaru. Dengan menggunakan metode purposive sampling, sebanyak 100 responden menjadi sampel. Pengunjung Mal SKA Pekanbaru diberikan kuesioner sebagai bagian dari metode pengumpulan data. Pada tahun 2022, metode analisis data digunakan dengan aplikasi smartPLS Versi 3. Temuan penelitian menunjukkan bahwa promosi memiliki dampak yang kecil terhadap pembelian impulsif. Suasana di toko tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Pembelian impulsif dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh emosi belanja. Selain itu, pembelian spontan pelanggan SKA Mall Pekanbaru dipengaruhi oleh promosi, suasana toko, dan emosi belanja secara bersamaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Hermawan.2012.Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga
B.Joseph Pine & James H. Gilmore. 199. The Experience Economy. United States of America
Christina Whidya Utami.2018.Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia.Jakarta: Salemba Empat
Cooper, Donald, R; Schindler, Pamela S. 2003. Business Research Methods, International Edition. New York: McGraw-Hill
Damiati,Luh Masdarini, Made suriani,dkk.2017.Perilaku Konsumen. Depok : PT RajaGrafindo Persada
Dawson, S.,Peter H.B., & Nancy M.R. 1990. Shopping Motivies, Emotional States, Retail Outcome. Journal of Retailing. Vol.66, No.4
Djaslim & Saladin Yevis Marty Oesman.2002. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya
Fajar Nur’aini D.F & Edo Saanto Saputra. 2022. 14 Jam Belajar Marketing. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia
Fandy Tjiptono & Gregorius Chandra. 2020. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi
Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran.Yogyakarta: Penerbit Andi
Hair, Joseph F., G. Tomas M. Hult, Christian M. Ringle, Marko Sarstedt, Nicholas P. Danks, dan Soumya Ray. “Evaluation of the Structural Model,” no. July (2021): 115–38. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7_6.
Hawkins, D.I Motherbaug, D.L & Best R.J. 2004. Consumer Behavior: Building Marketing Strategy 10th Edition. New York: The McGraw-Hill
Kotler, Philip & Keller. 2016. Marketing manajement 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran,Edisi Ketiga Belas JILID 2. Jakarta : Penerbit Erlangga
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Jilid II Edisi Kesebelas. Jakarta: Prehallindo
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Edisi kesebelas Jilid 2 Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Indeks
Levy, M & Barton a. Weitz.2001. Retailing Management. New York : McGraw-Hill
Levy, M & Barton a. Weitz.2004. Retailing Management 5th Edition. New York : McGraw-Hill
Loundon, David L. Bitta, &Albert J. Dell. 1988. Consumer Behavior Concepts and Application. New York: McGraw-Hill
Ma’ruf, Hendri. 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta Pusat: Gramedia Pustaka Utama
Mangkunegara, A.A.Anwar Prabu. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung: PT. Refika Aditama
McCarthy.1995. Intisari Pemasaran: Sebuah Ancangan Manajerial Global . Jakarta: Binarupa Aksara
Mowen, John C. & Michael S. Minor. 2001. Consumer Behavior. New jersey: Prentice Hall
Nugroho J. Setiadi. 2019. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Prenadamedia Group
Roby, I. M.,(2018). Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion dan Impulse Buying. Jurnal Ecodemica,Vol.2 No.2, 213-225
Sarstedt, Marko, Christian M. Ringle, dan Joseph F. Hair. “Partial Least Squares Structural Equation Modeling.” Handbook of Market Research, no. July (2021): 587–632. https://doi.org/10.1007/978-3-319-57413-4_15.
Stephen P. Robbins & Timothy A. Judge. 2019. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta
Sutisna & Marcellia Susan. 2022.Perilaku Konsumen Sebagai Dasar untuk Merancang Strategi Pemasaran.Yogyakarta: Penerbit Andi
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.2972
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rara Amelia Kurniawan, Eva Sundari
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.