Pengaruh Brand Equity dan Brand Trust Terhadap Purchase Decision Melalui Customer Satisfaction pada Baju Branded di Kota Pekanbaru

Rizki Supriyanto Utama, Syaefulloh Syaefulloh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand equity dan brand trust terhadap purchase decision melalui customer satisfaction pada baju branded di Kota Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu brand equity dan brand trust dan satu variabel dependen yaitu purchase decision serta customer satisfaction sebagai variabel intervening. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden yaitu konsumen yang menggunakan baju branded di di Kota Pekanbaru. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh: a) terdapat pengaruh signifikan brand equity terhadap customer satisfaction, b) terdapat  pengaruh signifikan brand trust terhadap customer satisfaction, c) tidak terdapat pengaruh signifikan brand equity terhadap purchase decision, d) tidak terdapat pengaruh signifikan brand trust terhadappurchase decision, e) terdapat pengaruh signifikan customer satisfaction terhadap purchase decision, f) customer satisfaction dapat memediasi pengaruh brand equity terhadap purchase decision, g) customer satisfaction dapat memediasi pengaruh brand trust terhadap purchase decision.


Keywords


Brand Equity, Brand Trust, Purchase Decision, Customer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Alinegoro, Irwan Hartono, Hastuti Naibaho, dan Oliandes Sondakh. “Pengaruh Elemen Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian (X) S.M.L di Surabaya,” 2014. https://www.semanticscholar.org/paper/Pengaruh-Elemen-Ekuitas-Merek-%28Brand-Equity%29-Produk-Alinegoro-Naibaho/03422c9dc58a6d2fd76f6207854af366d0485f47.

Amalina, Fania Nur, Mifta Putri Apriliani, Tiara Natasia Putri, Umma Masruroh, dan Rosyida Nurul Anwar. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Baju ‘Klambiku.Kids’ di Kota Madiun.” Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan 12, no. 1 (2024): 75–85. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1046.

Beddu, Megawati, Rezky Nurbakti, dan Saripah Aryanti Rasyid Muin. “Pengaruh Ekuitas Merek Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Polo T- Shirt Pada PT. Kaos’Ta Sukses Mulia Kota Parepare.” Amsir Management Journal 2, no. 2 (26 April 2022): 89–94. https://doi.org/10.56341/amj.v2i2.73.

Dunan, Hendri, dan Yolanda Cici Prasela. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Baju Distro Otsky Di Bandar Lampung,” 11 Desember 2023. https://doi.org/10.31219/osf.io/9r42t.

F. Hair Jr, Joe, Marko Sarstedt, Lucas Hopkins, dan Volker G. Kuppelwieser. “Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool in Business Research.” European Business Review 26, no. 2 (4 Maret 2014): 106–21. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128.

Fasha, Haekal Fikrrizaldy, dan Putu Nina Madiawati. “Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Produk Zara Di Kota Bandung.” eProceedings of Management 6, no. 2 (1 Agustus 2019). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/9449.

Ghozali. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiri. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2020.

Kusdianto, Kusdianto. “Analisis Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Trust Dan Dampaknya Pada Customer Satisfaction Produk Kaos Polo Pada Pengunjung AEON Mall BSD City.” JMB : Jurnal Manajemen Dan Bisnis 7, no. 2 (29 Agustus 2018). https://doi.org/10.31000/jmb.v7i2.1057.

Milano, Alyssa, Agus Sutardjo, dan Rizka Hadya. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Baju Batik di Toko ‘Florensia’ Kota Sawahlunto” 3, no. 1 (2021).

Nuraini, Dewi, dan Evianah Evianah. “Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Baju Secara Online Dan Offline.” Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi 15, no. 2 (1 November 2019): 231–39. https://doi.org/10.30742/equilibrium.v15i2.629.

Prabawa Putra, Putu Mona, dan Kastawan Mandala. “Pengaruh Ekuitas Merek dan Lingkungan Sosial terhadap Niat Beli Konsumen pada Produk Giordano.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 7, no. 1 (5 Desember 2017): 281. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i01.p11.

Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Developtment. Bandung: Alfabeta, 2019.

Triningsih, Sheli Nada, dan Heny Kurnianingsih. “Analisis Pengaruh Ekuitas Merek, Persaingan, Kepercayaan, dan Kemudahan Transaksi terhadap Minat Beli Produk The Executive.” JURNAL EKOBIS DEWANTARA 5, no. 3 (7 Agustus 2022): 273–80. https://doi.org/10.26460/ed_en.v0i01.3225.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.2973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rizki Supriyanto Utama, Syaefulloh Syaefulloh

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.