Pengaruh Perceived Credibility of Consumers, dan Perceived Images of Consumers terhadap Minat Beli Produk, dengan Consumer’s Trust sebagai Variabel Mediasi: Studi pada Produk Outfit Muslim di Kota Pekanbaru

Salminah Salminah, Devi Kurniawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak percieved credibility of consumers dan percieved images of consumers terhadap minat pembelian produk dalam konteks produk outfit muslim di kota Pekanbaru, dengan consumer's trust sebagai variabel penengah. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh konsumen outfit muslim di Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan skala Likert dan menerapkan teknik analisis data menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa percieved credibility of consumers tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian. Di sisi lain, percieved images of consumers memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian. Selain itu, trust juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian. Namun, percieved credibility of consumers tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian melalui trust, sementara percieved images of consumers memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian melalui trust.


Keywords


percieved credibilty of consumers, percieved images of consumers, minat beli dan consumer’s trust.

Full Text:

PDF

References


Akhmad Faizal Al fandy, Citra Kusuma Dewi, 2023, Pengaruh Perceived Credibility, Trust, Perceived Expertise, Dan Perceived Congruence Terhadap Purchase Intention Dengan Attitude Toward The Influencer Sebagai Mediator (Studi Endorsement Tiara Pangestika Pada Produk Camani Basic Tahun 2022) ISSN : 2355-9357 e-Proceeding of Management : Vol.10, No.3 Juni 2023 | Page 1660

Bojang, I. (2017). Determinants of trust in B2C e-commerce and their relationship with consumer online trust: A case of Ekaterinburg, Russian Federation. Journal of Internet Banking and Commerce, 22, 1-59.

Bruns, I. (2018). Perceived authenticity and trust in social media-driven influencer marketing and their influence on intentions-to-buy of 18-24-year-olds in Ireland. Unpublished Master’s Thesis). Dublin Business School, Ireland.

Christian Ponarwan dan Miharni Tjokrosaputro, 2020, Pengaruh Social Media Marketing Dan Trust Terhadap Minat Menggunakan Gopay Di Jakarta, Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Volume II No. 2/2020 Hal: 520-530.

Djihan Ayu Wulandari, Tri Indra Wijaksana, Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Masyarakat (UMKM Tahu di Desa Sambong), ISSN : 2355-9357 e-Proceeding of Management : Vol.8, No.5 Oktober 2021 | Page 6093

Ghozali, Imam, Hengky Latan. 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. Semarang

Henry Aspan, 2017, The Effect of Halal Label, Halal Awarness, Product Price, and Brand Image to the Purchasing Decision on Cosmetic Products (Case Study on Consumers of Sari Ayu Martha Tilaar in Binjai City), International Journal of Global Sustainability ISSN 1937-7924, 2017, Vol. 1, No. 1

https://www.cakaplah.com/artikel/gaya-hidup/10739/2022/10/02/hadir-dengan-30-brand-ternama-fcl-jadi-surga-belanja-muslimah-pekanbaru

Sugiyono, 2016,Memahami Penelitian Kualitatif, CV Alfabeta, Bandung

Vivian Lorence, Ikhsan Fuady, Pengaruh Percieved Credibilty Of Consumers, Percieved Images Of Consumers, Dan Consumer’s Trust Dalam Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 17, No. 1, April 2023, 11─16 doi: https://doi.org/10.9744/pemasaran.17.1.11-16 p-ISSN 1907-235X / e-ISSN 2597-615X

Willy, Abdilah, dan Hartono (2015) telah menerbitkan buku berjudul "Partial Least Square (PLS) – Sebagai Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis" melalui penerbit Andi di Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.2974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Salminah Salminah, Devi Kurniawati

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.