Pengaruh Price, Product Quality, dan E-Service Quality terhadap Customer Satisfaction pada Pembelian Produk Fashion Online di Pekanbaru

Susilawati Susilawati, Awliya Afwa, Adella Puspita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis Pengaruh Price, Product Quality dan E-Service Quality terhadap Costumer Satisfaction pada pembelian produk fashion online di Pekanbaru. Objek dari penelitian ini adalah semua pembeli produk fashion online di Pekanbaru, dengan sampel sebanyak 100 responden yang menjadi pembeli produk fashion online di Pekanbaru. Teknik analisis data dengan menggunakan Structural equation modeling dengan menggunakan aplikasi Smart PLS versi 3. Temuan dari penelitian ini diketahui bahwa Price berpengaruh positif dan signifikan terhadap Costumer Satisfaction pada pembelian produk fashion online di Pekanbaru. Kemudian Product Quality dan E-Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Costumer Satisfaction. Berdasarkan uji determinasi disimpulkan bahwa Price, Product Quality dan E-Service Quality berpengaruh terhadap Costumer Satisfaction secara simultan.


Keywords


Price, Product Quality dan E-Service Quality, E-commerce

Full Text:

PDF

References


Aditia, Aditia, Anton Tirta Komara, Nita Yura Roslina, dan Lungguh Jatmika. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen.” Acman: Accounting and Management Journal 1, no. 2 (2021): 104–14. https://doi.org/10.55208/aj.v1i2.25.

Anita, Yeni. Pengaruh Harga, Kualias Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Persfektif Ekonomi Islam ( Studi pada Bisnis Online Shop: Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada di Kota Pekanbaru, 2019.

Dessica, Sari. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Sim Card Gsm Prabayar Xl Di Kota Yogyakarta).” Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia 5, no. 1 (2015): 1–158.

Dita, Amanah. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rocket Chicken Kota Bima.” JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) e-ISSN 2745-5955 | p-ISSN 2809-0543 2, no. 5 (2021): 175–85. https://doi.org/10.36312/10.36312/vol2iss5pp175-185.

Febri, Echa, Tri Sudarwanto, dan Rohmad Prio Santoso. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Bakso Mama 1 Jombang.” Jurnal GeoEkonomi 10, no. 2 (2019): 164–80. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i2.100.

Firdaus, Mu’minatus Fitriati, dan Ditiya Himawati. “Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Layanan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Konsumen E-Commerce Shopee Di Kota Depok.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis 27, no. 2 (2022): 216–30. https://doi.org/10.35760/eb.2022.v27i2.5259.

Furadantin, Natalia Ririn. “Analisis Data Menggunakan Aplikasi SmartPLS v.3.2.7 2018.” Academia (Accelerating the world’s research), 2018, 1–8.

Gofur, Abdul. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan.” Journal of Economics and Business UBS 8, no. 1 (2019): 1–17. https://doi.org/10.52644/joeb.v8i1.13.

hair et al. “Article information : When to use and how to report the results of PLS-SEM,” 2018.

Hair, Joseph F., G. Tomas M. Hult, Christian M. Ringle, Marko Sarstedt, Nicholas P. Danks, dan Soumya Ray. “Evaluation of the Structural Model,” no. July (2021): 115–38. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7_6.

Handoko, Bagus. “Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan.” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 18, no. 1 (2017): 61–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098.

Haris, Dani. “Kualitas Dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta).” Upajiwa Dewantara 2, no. 2 (2018): 125–39. https://doi.org/10.26460/mmud.v2i2.3265.

Hastuti, Yulia. “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan” 9, no. 1 (2018): 21–30.

Husnul, Khotimah. “PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi kasus pelanggan shopee di PT. Biro klasifikasi Indonesia Jakarta Utara).” S1 Manajemen, 2020, 1–21.

Ibrahim, Malik, dan Sitti Marijam Thawil. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4, no. 1 (2019): 175–82. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251.

Iful Anwar, dan Satrio Budhi. “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.” ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) 5, no. 2 (2019): 25–39. https://doi.org/10.38204/atrabis.v5i2.247.

Indrajaya, Sonny. “Analisa Pengaruh Kemudahan Belanja, Kualitas Produk Belanja Di Toko Online.” Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial Jilid 5, no. 2 (2016): 134–41.

Ivana, I Gusti Ayu, William A. Areros, dan Mukuan Danny. “Pengaruh Produk, Harga, dan E-Service Quality terhadap Kepuasan Konsumen Bors Cafe di Kota Palu.” Productivity 2, no. 4 (2021): 262–66.

Juwanto. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan Rahayu Demak,” 2020.

Leonardo, B R, R S Wenas, J G Poluan, Pelanggan Di, Marketplace Shopee, Pada Saat, Pandemi Covid- Studi, Rudy S Wenas, Jurusan Manajemen, dan Fakultas Ekonomi. “PENGARUH KUALITAS PRODUK , PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNSRAT ) THE INFLUENCE OF PRODUCT , PROMOTIONS AND PRICES ON CUSTOMER SATISFACTION IN THE SHOPEE MARKETPLACE DURING THE COVID-19 PANDEMIC ( STUDIES O” 9, no. 3 (2021): 1721–30.

Lonardi, Sanny, Wong Pong Lan, Fauzi Akbar, Maulana Hutabarat, dan Ngajudin Nugroho. “Peranan Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna E-Commerce Shopee Di Politeknik Cendana” 2, no. 3 (2021): 80–85. https://doi.org/10.47065/jbe.v2i3.955.

Mahira, Prasetyo Hadi, dan Heni Nastiti. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome.” Journal Of Communication Education 15, no. 1 (2021): 1267–83. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226.

Maulana, Ade Syarif. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4, no. 1 (2019): 37–44. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240.

Moha, Sartika, dan Sjendry Loindong. “Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado.” Jurnal EMBA 4, no. 1 (2016): 575–84.

Ni Wayan Eka Mitariani, I Gusti Ayu Imbayani Bayu rifa’I. “Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet Di Gallery Smartfren Denpasar.” Emas Fakultas Ekonomi dan Bisnis 1, no. 1 (2020): 31–42.

Novia, Mirna Ayu, Baharuddin Semmaila, dan Imaduddin Imaduddin. “Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Tata Kelola 7, no. 2 (2020): 201–12. https://doi.org/10.52103/tatakelola.v7i2.174.

Panjaitan, J. E. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung” 11(2), 273, no. 2 (2016).

Pradana Perkasa, Rendra, Muhammad Firdaus, dan Amien Pudjanarso. “Impact of Service Quality, Atmosphere of Store, Price and Word of Mouth on Purchase Decisions in Swiwings, Jember.” MBA - Journal of Management and Business Aplication 4, no. 1 (2021): 399–406. https://doi.org/10.31967/mba.v4i1.425.

Pramudita, Dewa Tegar, Nico Felix Gunawan, Martanti Cahya Ningsih, dan Rana Adilah. “Determinasi Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Harga dan Kualitas Produk.” Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial 3, no. 1 (2022): 2–13.

Priyatna, Eka Hendra, dan Fauziah Agisty. “Pengaruh E-Service Quality Dan E-Word of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Pada E-Commerce Sociolla.” Dynamic Management Journal 7, no. 1 (2023): 104. https://doi.org/10.31000/dmj.v7i1.7588.

Razak, Ismail. “PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP” 7, no. 2 (2019).

Reiksa, Pangeksi Abi. “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN,” no. 1 (2018): 430–39.

Rufliansah, Fahmi Firdaus, dan Agus Hermani Daryanto Seno. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Rainbow Creative Semarang).” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 9, no. 4 (2020): 389–401. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28226.

Sarstedt, Marko, Christian M. Ringle, dan Joseph F. Hair. “Partial Least Squares Structural Equation Modeling.” Handbook of Market Research, no. July (2021): 587–632. https://doi.org/10.1007/978-3-319-57413-4_15.

Setiawan, Nurul Qomariah, dan Haris Hermawan. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.” Al-Maqashid: Journal of Economics and Islamic Business 2, no. 2 (2022): 47–54. https://doi.org/10.55352/maqashid.v2i2.269.

Setyo, Purnomo Edwin. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen ‘Best Autoworks.’” PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 1, no. 6 (2017): 755–64.

Sugiyono. Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, 2018.

Syahidah, Andi Arini, dan Muhammad Fikry Aransyah. “Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap E-Customer Loyalty Pada Pengguna Dompet Digital DANA Melalui E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) 12, no. 1 (2023): 36–44. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v12i1.1593.

Ulfa, Alifatul, Ali Mujahidin, M Zainudin, Fakultas Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, Fakultas Pendidikan, dan Ilmu Pengetahuan. “Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja online shopee,” no. 2 (2021): 1–10.

Widjoyo, Shandy, Prof Hatane, dan Ritzky Karina M R Brahmana. “Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen restoran happy garden surabaya” 2, no. 1 (2014): 1–9.

Widyaningsih Putri Ariyanti, Haris Hermawan, Ahmad Izzudin. “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Acman: Accounting and Management Journal 2, no. 1 (2022): 66–74. https://doi.org/10.55208/aj.v2i1.30.

Widyastuti, Tri. “Harga Dan Kualitas Produk Terhadap KepuaPengaruhsan Pelanggan Tempe.” Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis 1, no. 2 (2017): 233–40.

Wulandari, Zanualita Putri, Awin Mulyati, dan Endro Tjahjono. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk , Harga , Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi kasus pada Marketplace Shopee ),” 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.2976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Susilawati Susilawati, Awliya Afwa, Adella Puspita

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.