Pengaruh Sikap Konsumen dan Lifestyle Terhadap Kepuasan Pelanggan Coffeeshop Melalui Keputusan Pembelian pada Mahasiswa di Kota Pekanbaru

Wira Hardiansyah, Susie Suryani

Abstract


Penelitian ini menilai bagaimana sikap dan gaya hidup konsumen berdampak pada tingkat kepuasan mahasiswa yang tinggal di Kota Pekanbaru dalam memilih kafe. Metodologi penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif, dan pemilihan partisipan dilakukan dengan menggunakan metode non-probabilitas. metode pengambilan sampel. Temuan investigasi ini mengungkapkan bahwa sikap dan gaya hidup konsumen mempunyai pengaruh besar terhadap kepuasan pelanggan di kafe, baik secara langsung maupun melalui faktor mediasi. Lebih jauh lagi, dalam kaitannya dengan aspek kepuasan pelanggan, penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar, khususnya 83,3%, tingkat kepuasan pelanggan disebabkan oleh sikap dan gaya hidup konsumen, sedangkan 16,7% sisanya disebabkan oleh variabel yang belum dieksplorasi. Selain itu, nilai R-square pada aspek keputusan pembelian sebesar 82,6% menunjukkan bahwa sebagian besar pengaruh terhadap keputusan pembelian juga berasal dari sikap dan gaya hidup konsumen, sedangkan sisanya sebesar 17,4% dipengaruhi oleh faktor eksternal yang tidak termasuk dalam lingkup ini. riset.


Keywords


Sikap Konsumen, Lifestyle, Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Arie Pramesta, Sri Restuti, Tengku Firli Musfar, (2022) pengaruh lifestyle dan reference group terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap kepuasan konsumen pada generasi z pengguna iphone di kota pekanbaru, JOM FEB, Volume 9 Edisi 1 (Januari – Juni 2022).

Assauri, S. (2012). Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Citrawati Fadjar, Andi Juanna, Yulinda L Ismail, (2022) Pengaruh Gaya Hidup Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Di Rumah Pernik Kota Gorontalo, Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, P-ISSN 2620-9551, E-ISSN 2622-1616, JAMBURA: Vol 5. No 1. 2022,Website Jurnal: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB

Firdatul Aini, Rifdatul Maulidiyah, Moh Firdaus Hidayanto, (2022), Pengaruh gaya hidup dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian, Volume 14 Issue 1 (2022) Pages 83-90, Jurnal Manajemen, ISSN: 0285-6911 2528-1518

Ghozali, Imam, Hengky Latan. 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. Semarang

https://www.suara.com/bisnis/2022/11/14/102448/konsumsi-kopi-orang-Indonesia-terbesar-kelima-di-dunia-bisnis-coffee-shop-layak-dipertimbangkan-di-tahun-2023

Jerry C. Olson dan Peter J. Paul. 2014. Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Edisi Sembilan. Buku 2.penerbit salemba empat.jakarta.

Jhoni Hendra Sitepu, Hazmanan Khair, Fajar Pasaribu (2022), Pengaruh Gaya Hidup dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen EDC (Electronic Data Capture) Yokke yang Dimediasi Oleh Keputusan Pembelian” (Studi Kasus Pengguna EDC Yokke PT. Mitra Transaksi Indonesia), Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 5 No 1, Januari 2022, E-ISSN : 2599-3410 | P-ISSN : 2614-3259 DOI : https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.622

Kotlerdan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Erlangga, Jakarta.

Mandey, Silvia L (2009), "Pengaruh Faktor Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen", Vol 6(1) 2009: 92-100.

Rahmadika, N. A., & Kristaningsih, T. (2018). Pengaruh Brand Imange dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Jeans Levi’s (Studi Pada Masiswa Aktif DIV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Poleteknik Negeri Malang Tahun 2017/2018). Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 301–305.

Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. 2016. Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Erlangga, Jakarta.

Sangadji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen.Andi, Yogyakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (2019 ed.). Alfabeta. hlm 05

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Winda A. Solihin, Bernhard Tewal, Rudy Wenas. Pengaruh Sikap Konsumen Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi Pada Mahasiswa Unsrat Di Manado), Jurnal EMBA, Vol.8 No.1Januari 2020, Hal. 511 – 520, ISSN 2303-1174




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.2978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Wira Hardiansyah, Susie Suryani

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.