Pengaruh Product Quality dan Product Packaging terhadap Purchase Decision melalui Brand Trust pada Produk Kosmetik Make Over (Studi Kasus pada Perempuan Gen Z di Kota Pekanbaru)

Delsi Anggriani, Yul Efnita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh product quality dan product packaging terhadap purchase decision melalui brand trust pada produk kosmetik make over di Kota Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu product quality dan product packaging dan satu variabel dependen yaitu purchase decision serta brand trust sebagai variabel intervening. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden yaitu perempuan Gen Z yang menggunakan produk kosmetik make over di Kota Pekanbaru. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh: a) terdapat pengaruh signifikan product quality terhadap brand trust, b) terdapat  pengaruh signifikan product packaging terhadap brand trust, c) tidak terdapat pengaruh signifikan product quality terhadap purchase decision, d) tidak terdapat pengaruh signifikan product packaging terhadap purchase decision, e) terdapat pengaruh signifikan brand trust terhadap purchase decision, f) brand trust dapat memediasi pengaruh product quality terhadap purchase decision, g) brand trust dapat memediasi pengaruh product packaging terhadap purchase decision.


Keywords


Product Quality, Product Packaging, Purchase Decision, Brand Trust

Full Text:

PDF

References


Atmaja, Ni Putu Cempaka Dharmadewi, dan Ni Nyoman Menuh. “Peran Mediasi Brand Trust Dalam Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online.” Prosiding, no. 1 (15 Oktober 2019).

Awali, Faisa Putri, dan Sri Rahayu Tri Astuti. “Pengaruh Social Media Marketing Activities dan Brand Experience terhadap Brand Loyalty: Peran Brand Trust sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pelanggan Produk Kosmetik Pixy di Wilayah Jawa Tengah).” Diponegoro Journal of Management 10, no. 4 (30 November 2021). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/32434.

F. Hair Jr, Joe, Marko Sarstedt, Lucas Hopkins, dan Volker G. Kuppelwieser. “Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool in Business Research.” European Business Review 26, no. 2 (4 Maret 2014). https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128.

Ghozali. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiri. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2020.

Izzati, Rosyida Rahma. “Pengaruh Perceived Quality Dan Brand Image Terhadap Brand Trust Produk Kosmetik Wardah.” Jurnal Ilmu Manajemen 8, no. 2 (2019). https://doi.org/10.32502/jimn.v8i2.1807.

Kuspriyono, Taat. “Pengaruh Promosi Online Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Sariayu Martha Tilaar.” Jurnal Perspektif 15, no. 2 (6 September 2017). https://doi.org/10.31294/jp.v15i2.2231.

Nurhayati, Ade. “Analisis Implementasi Visual Storytelling Marketing dan Brand Trust serta Pengaruhnya terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah pada Mahasiswa di Purwakarta.” Eqien - Jurnal Ekonomi dan Bisnis 8, no. 2 (25 September 2021). https://doi.org/10.34308/eqien.v8i2.242.

Pangastuti, Jasinta, Sudjiono Sudjiono, dan Eni Prastiti. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Counter Wardah Di Borobudur Kediri.” JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi 2, no. 1 (16 Juli 2019). https://doi.org/10.30737/jimek.v2i1.424.

Saputri, Sonia Aprilia, dan Ivo Novitaningtyas. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Review Beauty Vlogger terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik.” Among Makarti 15, no. 1 (2 Juni 2022). https://doi.org/10.52353/ama.v15i1.243.

Sasongko, Gracelda Asprila, dan Harini Abrilia Setyawati. “Pengaruh Brand Ambassador, Daya Tarik Iklan, Dan Product Packaging Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Exclusive Matte Lip Cream: Studi Pada Masyarakat Di Kabupaten Kebumen.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA) 4, no. 4 (28 Juli 2022). https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i4.135.

Scorita, Kurnia Budhy, Suhud Usep, Widyastuti Umi, dan Wibowo Agus. “Faktor Yang Mempengaruhi Purchase Decision Produk Kosmetik Halal Di Indonesia.” Kinerja 5, no. 02 (10 Juni 2023): 246–54. https://doi.org/10.34005/kinerja.v5i02.2697.

Selvia, M, A L Tumbel, dan W Djemly. “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Scarlett Whitening pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis” 10, no. 4 (2022).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Susanti, Febsri, dan Ade Candra Gunawan. “Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang,” 23 Desember 2023. https://doi.org/10.31227/osf.io/npjqh.

Yulia, Intan Firmantiny, Asep Muhamad Ramdan, dan Dicky Jhoansyah. “Analisis Consumer Tastes Dalam Memediasi Hubungan Product Packaging Dengan Minat Beli Konsumen Produk Kosmetik Lokal (Studi Empiris Pada Mahasiswi Pengguna Produk Kosmetik Emina Di Perguruan Tinggi Kota Sukabumi).” Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) 3, no. 4 (23 Agustus 2022). https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.675.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.2994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Delsi Anggriani, Yul Efnita

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.