Pengaruh Label Halal, Brand Image, dan Price terhadap Buying Decision Produk Skincare Impor Melalui Brand Trust pada Generasi Z Kota Pekanbaru

Khusy Montana, Devi Kurniawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak label halal, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian produk perawatan kulit impor melalui kepercayaan merek. Penelitian ini menggunakan analisis jalur sebagai metode analisisnya. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh pengguna produk perawatan kulit impor generasi Z di Kota Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa label halal tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan merek. Namun, citra merek, harga, dan kepercayaan merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai R-square untuk kepercayaan merek sebesar 0.760, yang berarti bahwa label halal, citra merek, dan harga secara bersama-sama menjelaskan 76% variasi dalam kepercayaan merek, sedangkan 24% sisanya dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selanjutnya, nilai R-square untuk keputusan pembelian sebesar 0.842, yang mengindikasikan bahwa label halal, citra merek, dan harga secara bersama-sama menjelaskan 84.2% variasi dalam keputusan pembelian, sementara 13.8% sisanya dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Label Halal, Brand Image, Price, Buying Decision, Brand Trust

Full Text:

PDF

References


Didik Gunawan, Aiga Dwi Pertiwi, 2022, Pengaruh Label Halal, Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Safi Melalui Brand Image Dan Brand Trust, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, ISSN: 2477-6157; E-ISSN 2579-6534

Ghina Kamilah, Aniek Wahyuati, 2017, Pengaruh Labelisasi Halal Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 6, Nomor 2, Febuari 2017 e-ISSN : 2461-0593

Henry Aspan, 2017, The Effect of Halal Label, Halal Awarness, Product Price, and Brand Image to the Purchasing Decision on Cosmetic Products (Case Study on Consumers of Sari Ayu Martha Tilaar in Binjai City), International Journal of Global Sustainability ISSN 1937-7924, 2017, Vol. 1, No. 1

Henry Aspan, 2017, The Effect of Halal Label, Halal Awarness, Product Price, and Brand Image to the Purchasing Decision on Cosmetic Products (Case Study on Consumers of Sari Ayu Martha Tilaar in Binjai City), International Journal of Global Sustainability ISSN 1937-7924, 2017, Vol. 1, No. 1

Keller, Kevin L. 2013. Strategic Brand Management ; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow, English : Pearson Education Inc.

Peter, P. J. & Olson, J. P. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Alih Bahasa: Diah Tantri Dwiandani. Jilid 1 Ed. 9. Jakarta: Salemba Empat.

Premi Wahyu Widyaningrum, 2018, Pengaruh Label Halal, Asosiasi Merek, Iklan, dan Celebrity Endroser terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah Di Malang), Capital, Volume 1, Nomor 2, Maret 2018

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (2019 ed.). Alfabeta. hlm 05

Widya Pangestika, Yenni Samri Julianti Nasution, Rahmat Daim Harahap, (2023), Pengaruh Brand Image, Kualitas produk, serta Label Halal terhadap Keputusan Pembelian skincare korea “Some by Mi” pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara, SAMMAJIVA : Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen, Vol.1, No.2 Juni 2023, e-ISSN: 2985-9611; p-ISSN: 2986-0415, Hal 160-171




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.2999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khusy Montana, Devi Kurniawati

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.