Pengaruh Product Quality dan Product Packaging terhadap Customer Satisfaction melalui Purchase Decision pada Rumah Kue Viera di Kota Pekanbaru

Abel Aldiver Ramadhan, Devi Kurniawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh product quality dan product packaging terhadap customer satisfaction melalui purchase decision pada Rumah Kue Viera di Kota Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu product quality dan product packaging dan satu variabel dependen yaitu customer satisfaction serta purchase decision sebagai variabel intervening. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden yaitu konsumen yang berbelanja oleh-oleh di Rumah Kue Viera di Kota Pekanbaru. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh: a) terdapat pengaruh signifikan product quality terhadap purchase decision, b) terdapat  pengaruh signifikan product packaging terhadap purchase decision, c) terdapat pengaruh signifikan product quality terhadap customer satisfaction, d) terdapat pengaruh signifikan product packaging terhadap customer satisfaction, e) terdapat pengaruh signifikan purchase decision terhadap customer satisfaction, f) purchase decision dapat memediasi pengaruh product quality terhadap customer satisfaction g) purchase decision dapat memediasi pengaruh product packaging terhadap customer satisfaction.

Keywords


Product Quality, Product Packaging, Customer Satisfaction, Purchase Decision

Full Text:

PDF

References


Dewi, Rindu Nadia, dan Rahmat Hidayat. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Bingka Nayadam Batam.” JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI Dan MANAJEMEN BISNIS 3, no. 1 (1 Juli 2015). https://doi.org/10.30871/jaemb.v3i1.181.

F. Hair Jr, Joe, Marko Sarstedt, Lucas Hopkins, dan Volker G. Kuppelwieser. “Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool in Business Research.” European Business Review 26, no. 2 (4 Maret 2014). https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128.

Ghozali. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiri. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2020.

Hariyadi, Tutut. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Powder Drink Pada Jakarta Powder Supply (JPS) Cabang Banyuwangi.” Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 3, no. 2 (30 November 2021). https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.706.

Haryono, Gampo, dan Albetris Albetris. “Pengaruh Corporate Image, Trust, Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen Pusat Oleh-Oleh Khas Kerinci.” J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) 8, no. 1 (30 April 2023). https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.1114.

Melia, Nana, dan Ali Mauludi Ac. “Pengaruh Harga, Kemasan Produk, Kualitas Produk, dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen yang Diintervensi oleh Variabel Kepuasan Konsumen pada Toko Virsya Jajanan Oleh -Oleh Khas Trenggalek.” J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) 8, no. 1 (30 April 2023). https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.1060.

Muliati, Sri Suci, dan Rizni Aulia Qadri. “Pengaruh Social Media Influencer, Product Packaging Dan Consumer Knowledge Terhadap Purchase Intention Oleh-Oleh Kota Batam Dengan Perveiced Value Sebagai Variable Intervening.” Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) 4, no. 5 (1 Agustus 2023). https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.1670.

Musriah, Neni, Nur Khojin, Nur Aisyah, dan Hendri Sucipto. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko Oleh-Oleh Sa’cekele Ketanggungan).” JECMER: Journal of Economic, Management and Enterpreneurship Research 1, no. 3 (20 Agustus 2023).

Novaldi, Muhammad, Arsa Arsa, dan Anzu Elvia Zahara. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada UMKM Pak Dj Oleh-Oleh Khas Jambi).” Jurnal Riset Ekonomi Dan Akuntansi 1, no. 1 (20 Maret 2023). https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v1i1.165.

Patrianim, Putri, dan Muhajirin Muhajirin. “Pengaruh Harga, Desain, Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Toko Oleh-Oleh Souvenir Mutmainnah).” Jurnal Serambi Ekonomi dan Bisnis 6, no. 2 (31 Agustus 2023). https://doi.org/10.32672/jseb.v6i2.6692.

Pratiwi, Dewi Jayaningtyas, dan Widowati Pusporini. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pusat Oleh-Oleh Bakpia Pathok Rizky Yogyakarta” 8, no. 2 (2022).

Putri, Devi Laeli, Rochiyati Murniningsih, dan Mulato Santosa. “Pengaruh Digital Marketing, Label Halal, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris UMKM Oleh-Oleh Getuk Eco Magelang).” Borobudur Management Review 2, no. 2 (11 Agustus 2022). https://doi.org/10.31603/bmar.v2i2.7006.

Rusdian, Suca. “Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Roseberry Cake Shop Garut).” Eqien 8, no. 1 (2021). https://doi.org/10.34308/eqien.v8i1.161.

Sartika, Dewi, dan Agustin Basriani. “Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan keripik nenas di desa kualu nenas kecamatan tambang kabupaten kampar provinsi riau.” Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen 14, no. 2 (3 November 2018). https://doi.org/10.30872/jinv.v14i2.3910.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.3006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Abel Aldiver Ramadhan, Devi Kurniawati

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.