Implementasi Model Pengembangan Kurikulum PAI sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Al Madinah

Hanifa Hanifa, Muthoifin Muthoifin, Muh. Nur Rochim Maksum

Abstract


Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tanpa Pendidikan manusia akan berada dalam keterbelakangan dan keterpurukan. Sebaliknya semakin tinggi dan bermutu Pendidikan seseorang akan semakin menjamin kehidupan di masa yang akan datang baik di mata manusia atau di sisi Allah. Namun fakta di negeri Indonesia berkata lain, masih banyak lembaga-lembaga Pendidikan di Indonesian yang berkualitas dan bermutu rendah. Oleh karenanya penting bagi berbagai lembaga Pendidikan untuk meningkatkan mutu dan kualitas Pendidikan tersebut. Salah satu cara meningkatkan mutu Pendidikan yang ada adalah dengan mengimplementasikan model pengembangan kurikulum PAI. Tujuan penelitian ini adalah mengupas implementasi model penegembangan kurikulum PAI sebagai upaya meningkatkan mutu pemebelajaran di sekolah dasar Islam Al Madinah. Manfaat dari penelitian ini dapat diketahui salah satu cara peningkatan mutu pada Pendidikan. Hasil penelitian ini adalah ditemukannya salah satu metode dalam meningkatkan mutu Pendidikan di lembaga Pendidikan.


Keywords


Pendidikan, Pengembangan Kurikulum, Mutu Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi & Lia Yuliana, 2008. Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.

Bogdan Robert dan J. Steven Taylor dalam Lexy J. Moleong, 2001. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

E. Mulyasa, 2007, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Feisal, Jusuf Amir, 1995, Reorientasi Pendidikan Islam, Gema Insani Press, Jakarta.

Hadis, Abdul dan Nurhayati, 2010, Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Hari Suderajat, 2005, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Bandung: Cipta Cekas Grafika.

Herujito, Yayat M, 2001, Dasar Dasar Manajemen, Grasindo, Jakarta.

Makbuloh, Deden, 2011, Manajemen mutu pendidikan Islam: model pengembangan teori dan aplikasi sistem penjaminan mutu, RajaGrafindo Persada.

Nasution, S, 2006, Asas-asas Kurikulum, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rusman, 2009, Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina, 2007, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta.

UU Guru Dan Dosen & UU Sisdiknas, 2007, Asa Mandiri.

Wahidmurni, 2008, Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif: Skripsi, Tesis dan Disertasi, Malang, UM Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.3019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hanifa Hanifa, Muthoifin Muthoifin, Muh. Nur Rochim Maksum

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.