Strategi Aktivasi Merek KH-Q untuk Meningkatkan Kesadaran Merek (Studi Kasus Brand Air Minum Dalam Kemasan KH-Q)

Syaroful Hikami, I Made Sukresna

Abstract


Dalam era globalisasi yang pesat, persaingan di berbagai industri juga semakin ketat, termasuk industri air minum, termasuk industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia. Penelitian ini menggambarkan kondisi AMDK di Indonesia, di mana terdapat banyak merek dari berbagai perusahaan, termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berkontribusi dalam persaingan pasar. Selain itu, terjadi peningkatan konsumsi AMDK sebagai sumber air rumah tangga di Indonesia. Kesadaran merek di kalangan konsumen, memainkan peran penting dalam persaingan di industri AMDK. Penelitian ini mencantumkan hasil riset pendahuluan yang menunjukkan bahwa merek AMDK "KH-Q" memiliki tantangan dalam menciptakan Kesadaran Merek yang kuat di berbagai daerah pemasaran mereka. Meskipun memiliki cakupan yang luas, KH-Q belum berhasil membuat merek mereka dikenal secara luas oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pemasaran yang diterapkan oleh KH-Q dalam meningkatkan kesadaran merek mereka. Penelitian akan berfokus pada Kesadaran Merek KH-Q dengan melihat strategi pemasarannya melalui Segmenting, Targeting, Positioning (STP) dan Aktivasi Merek. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan subjek penelitian langsung, yaitu hasil wawancara dan dokumentasi dengan narasumber dari perusahaan KH-Q. Teknik analisis data yang akan digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Proses uji validitas dan reliabilitas data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi.


Keywords


Brand Awareness, Brand Activation, STP, AMDK KH-Q.

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. Brand Portfolio Strategy: Creating Relevance, Differentiation, Energy, Leverage, and Clarity. New York: Free Press, 2020.

———. Brand Relevance: Making Competitors Irrelevant. Boston: Jossey-Bass, 2011.

Al Amin, Md, dan Mohammad Shariful Islam. “Factors Leading to Market Segmentation of Fashion House Business Based on Customer Behavior: Evidence from Bangladeshi Fashion Industry.” International Journal of Business and Technopreneurship 7, no. 3 (24 November 2017).

Chaudhuri, Arjun, dan Morris B. Holbrook. “The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance: The Role of Brand Loyalty.” Journal of Marketing 65, no. 2 (April 2001). https://doi.org/10.1509/jmkg.65.2.81.18255.

Creswell, J. W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approached. Thousand Oaks: SAGE Publications, 2014.

Dissanayake, D. “Factors Determine the Customer-Celebrity Relationship towards Perceived Celebrity Endorsements: Propositions to Hypothesize Future Studies in Sri Lankan Services Sector,” Vol. 01. Sri Lanka Journal of Marketing, 2015. https://www.semanticscholar.org/paper/Factors-Determine-the-Customer-Celebrity-towards-to-Dissanayake/50adb0fca7c2bff0e8424f75c41c744c801eb192.

Diva, A. “7 Merek Air Mineral Favorit Masyarakat Indonesia 2022.” goodstats.id, 2022. https://goodstats.id/article/7-merek-air-mineral-favorit-masyarakat-indonesia-2022-kqaPc.

Johnson, Cindy. “Decision ’08: Event Marketing or Product Sampling?” Journal of Consumer Marketing 25, no. 5 (1 Agustus 2008). https://doi.org/10.1108/07363760810890499.

Kotler, P., dan K. L. Keller. Marketing Management. 14th edition. England: Pearson Education, 2012.

———. Marketing Management. 15th edition. England: Pearson Education, 2015.

Liembawati, Yessy. “Analisa Pengaruh Brand Activation Terhadap Pembentukan Brand Community Pada PT Ism Bogasari Flour Mills.” Jurnal Manejemen Pemasaran Petra 2, no. 1 (2014): 1–15.

Lynn, Michael. “Segmenting and Targeting Your Market: Strategies and Limitations,” 1 Januari 2011. https://hdl.handle.net/1813/71546.

Marist, Adi Irianto, Lilik Noor Yulianti, dan Mukhamad Najib. “The Role of Event in Building Brand Satisfaction, Trust and Loyalty of Isotonic Drink.” International Journal of Marketing Studies 6, no. 6 (24 November 2014). https://doi.org/10.5539/ijms.v6n6p57.

Mu, Jiankang. “The Study on Activation Strategy of Time-honored Brand.” Disunting oleh L. Zhao, A. Xavior, J. Cai, dan L. You. MATEC Web of Conferences 100 (2017). https://doi.org/10.1051/matecconf/201710005043.

Saeed, R., H. Zameer, dan I. Ahmad. “Brand Activation: A Theoretical Perspective.” Journal of Marketing and Consumer Research 13 (2015).

Saputro, D. C. “Pengaruh Sikap Penerimaan Pada Brand Activation Terhadap Repeated Purchasing Sabun Cuci Piring Sunlight,” 2005.

Schlegelmilch, Bodo B. “Segmenting Targeting and Positioning in Global Markets.” Dalam Global Marketing Strategy, oleh Bodo B. Schlegelmilch, 63–82. Management for Professionals. Cham: Springer International Publishing, 2016. https://doi.org/10.1007/978-3-319-26279-6_4.

Shimp, T. A., dan J. C. Andrews. “Advertising, Promotion & Supplemental Aspects of Integrated Marketing Communications. Thomson South-Western (Tenth Edit).” Cengage Learning EMEA, 2017.

Simamora, B. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitable. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Syahputra, A. W., I. Hasbi, dan K. Sisilia. Riset Pemasaran. Bandung: Anugrah Adi Cipta, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i2.3375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Syaroful Hikami, I Made Sukresna

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.