Peran Inovasi Menu Makanan, Promosi Media Sosial, dan Persepsi Harga terhadap Pembelian Impulsif Pelanggan (Studi pada Rumah Makan Cowek Lonyot di Semarang)

Zalfa Nizar Izzudin, Ahyar Yuniawan

Abstract


Semakin ketatnya persaingan bisnis. Ketatnya persaingan membuat pelaku usaha kuliner seperti Rumah Makan Cowek Lonyot harus melakukan upaya agar   konsumen tetap melakukan pembelian baik yang bersifat impulsif atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi makanan dan promosi media sosial terhadap persepsi harga dan pembelian impulsif di Rumah Makan Cowek Lonyot Semarang, serta pengaruh persepsi harga terhadap pembelian impulsif di Rumah Makan Cowek Lonyot Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer berasal dari kuesioner yang dibagikan kepada responden. Populasi penelitian adalah pelanggan atau konsumen Rumah Makan Cowek Lonyot dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple purposive sampling. Data penelitian dianalisis dengan Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Inovasi menu makanan berpengaruh positif terhadap persepsi harga, 2) Promosi media sosial berpengaruh positif terhadap persepsi harga, 3) Inovasi menu makanan berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif, 4) Promosi media sosial berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif, dan 5) Persepsi Harga berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif di Rumah Makan Cowek Lonyot Semarang.


Keywords


Inovasi Menu Makanan, Promosi Media Sosial, Persepsi Harga, Pembelian Impulsif

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2016.

Amelisa, Ni Wayan Sri Pitria, Putu Diah Asrida, dan Putu Siti Firmani. “Pengaruh Inovasi Produk Dan Strategi Pemasaran Terhadap Penetapan Harga Produk Kain Rangrang Di Desa Pejukutan Nusa Penida.” Arthaniti Studies 4, no. 1 (31 Maret 2023). https://doi.org/10.5281/zenodo.7789002.

Chan, Gerry Ferdian, Ikhbal Akhmad, dan Hichmaed Tachta Hinggo. “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna E-Commerce Shopee Di Pekanbaru.” ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal 2, no. 1 (23 Juni 2022).

Fishbein, M., dan Icek Ajzen. Belief, attitude, intention and behaviour: An introduction to theory and research. Addison-Wesley, 2007.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Universitas Diponegoro, 2016.

Gronhaug, K., dan G. Kaufmann. Innovation: A Cross-Disciplinary Perspective. Oslo: Norwegian University Press, 1988.

Gunday, Gurhan, Gunduz Ulusoy, Kemal Kilic, dan Lutfihak Alpkan. “Effects of innovation types on firm performance.” International Journal of Production Economics, Towards High Performance Manufacturing, 133, no. 2 (1 Oktober 2011). https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2011.05.014.

Hatta, Iha Haryani, Widarto Rachbin, dan Sudarmin Parenrengi. Analysis of Product Innovation, Product Quality, Promotion, and Price, and Purchase Decisions. Vol. 16. International Journal of Busniness, Economics and Law - IJBEL, 2018. //perpus.univpancasila.ac.id/index.php?p=show_detail&id=113357.

Hermawan, Agus. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2012.

Hikmah, Hikmah. “Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Impulsif Di Kota Batam.” Journal of Business and Economics Research (JBE) 1, no. 2 (5 Juni 2020). https://doi.org/10.47065/jbe.v1i2.227.

Kotler, P., dan K. Keller. Manajemen Pemasaran. 14th ed. Jakarta: Erlangga, 2016.

Mohan, Geetha, Bharadhwaj Sivakumaran, dan Piyush Sharma. “Impact of store environment on impulse buying behavior.” European Journal of Marketing 47, no. 10 (1 Januari 2013). https://doi.org/10.1108/EJM-03-2011-0110.

Nari, Nola. “Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Al-Iqtishad 17, no. 2 (23 Desember 2021). https://doi.org/10.24014/jiq.v17i2.10602.

Saladin, D. Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya, 2003.

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2017.

Sujarwo, Joe Eklesia Apostolos, dan Eko Suseno Hendro Riyadi Matruty. “The Impact of Product Promotion and Innovation on Purchase Decisions at Prices as Intervening Variables.” International Journal of Social Science and Business 5, no. 2 (13 Juni 2021). https://doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.33646.

Tjiptono. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i2.3376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zalfa Nizar Izzudin, Ahyar Yuniawan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.