PENERAPAN FLIPPED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO PADA FIQIH KELAS XII IPA 1 DI MA BAHRUL ULUM BLAWI

very misbahul munir, Abdulloh Hamid

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih bab Pernikahan di MA Bahrul Ulum Blawi dengan diterapkannya model pembelajaran berbasis flipped learning. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode semi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak satu siklus. Peneliti mengumpulkan data melalui dokumentasi, observasi, catatan lapangan dan tes. Berdasarkan hasil temuan lapangan, pada observasi pada pertemuan pertama, siswa yang aktif untuk menjawab pertanyaan dan menyampaikan pendapat hanya beberapa siswa saja, terutama yang ada di barisan depan. setelah dilaksanakan atau diterapkan model pembelajaran berbasis flipped learning, banyak siswa yang aktif turut serta dalam diskusi pro dan kontra dalam masalah hukum fiqih pada video pelaksanaan akad nikah melalui via telepon /online.

Keywords


Education, Flipped Learning

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Pengantar dan Asas-Asas Hukum Perdata Islam.,

Haryono, Arfiyanti Agustiningrum & Agung, “Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dan Course Review Horay Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu, JFE-Vol. 10 No. 2 2017.

Husniyatus Salamah Zainiyati, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT, Jakarta: Kencana.

Khalaf, Abd. Wahab, 1972ilm ushul al-fiqh (Jakarta: al-majlis al-a’la Al-Indunisi).

M.Ishom Ahmadi, 2009"Ya Ayyatuha An Nafsu Al Muthmainnah". Yogyakarta: Sj Press.

Munawwir, Ahmad Warson, 1997. Kamus Arab –Indonesia Terlengkap, Surabaya: Pustaka Progresif.

Rusman, dkk, 2013. Pembelajaran Berbasis TIK, Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto, 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Syah Muhibbin, 2009"Psikologi belajar", (Jakarta: Rajawali Press)

Utami, Sri, Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik siswa; Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 1 Parung), SkripsI. Jakarta: FTK UIN Syarif Hidayatullah.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v14i2.347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.