Pengaruh Penggunaan Media Video dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran di Kelas XI MIPA pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Sekolah Al-Ittihad

Intan Pratiwi, Zunaidy Abdullah Siregar, Khairul Khairul

Abstract


Kemampuan Seorang Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pencernaan Manusia Amat Sangat Rendah Karena Dalam Menyelesaikan Masalah Biologi, Dikarenakan Dalam Proses Pembelajaran Tidak Membiasakan Siswa Untuk Berpikir Dengan Lebih Kreatif. Hal Tersebut Dikarenakan Proses Pembelajaran Dikelas Guru Masih Menerapkan Metode Konvensional, Dan Membuat Peserta Didik Yang Ada Di Kelas Belum Mencapai Nilai Di Atas Kkm. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Melihat Model Pembelajaran Media Video Sebagai Suatu Rangkaian Pembelajaran Dalam Penyelesaian Dan Pemecahan Masalah Secara Sistematis Berdasarkan Kreativitas Yang Dimiliki Siswa Untuk Menghasilkan Solusi Yang Efektif. Penelitian Ini Adalah Penelitian Menggunakan Metode Quasi Eksperimen Menggunakan Teknik Purposive Sampling. Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas Xi MIPA Sekolah Al-Ittihad Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel Dalam Penelitian Ini Ada Dua Kelas, Yaitu Satu Kelas Xi Ipa-3 Sebanyak 35 Peserta Didik Sebagai Kelas Eksperimen Dan Satu Kelas Xi Ipa-2 Sebanyak 36 Peserta Didik Sebagai Kelas Kontrol. Instrument Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Bentuk Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Pencernaan Manusia Dalam Bentuk Tes Tertulis, Tes Hasil Dan Lembar Pengamatan Keterlaksanaan Proses Pembelajaran. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisis Statistik Deskriptif Dan Analisis Statistik Inferensial. Berdasarkan Hasil Pengolahan Data Diperoleh Nilai ???????????????????????? =  4.925 > ???????????????????????? = 1.666, Dengan Demikian Ho Ditolak, Yang Berarti Bahwa Terdapat Pengaruh Pembelajaran Media Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Biologi Siswa Kelas Xi MIPA Sekolah Al-Ittihad.


Keywords


Media Video, Hasil Pembelajaran Dan Pencernaan Manusia

Full Text:

PDF

References


Iwantara, Iw, Iw Sadia, dan Ik Suma. “Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa.” e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA 4, no. 1 (2014): 1–13.

Pebriani, Corry. “Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V.” Jurnal Prima Edukasia 5, no. 1 (2017): 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461.

Purwadi, Johanes, I Wayan Merta, dan Kusmiyati Kusmiyati. “Pengaruh Blended Learning Berbasis Media Pembelajaran Multimedia terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMA Negeri 1 Praya Tengah.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 2 (2022): 270–76. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.448.

Rahmayani, April Lia. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) 4, no. 1 (2019): 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62.

Ribawati, Eko. “Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.” Candrasangkala 1, no. 1 (2015): 1–12.

Septian, Ari. “Penerapan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana.” Prisma 6, no. 2 (2017): 180–91. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2016.

Sunami, Mayang Ayu, dan Aslam Aslam. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021): 1940–45.

Susilowati, Indah, Retno Sri Iswari, dan Sri Sukaesih. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia.” Journal of Biology Education 2, no. 1 (29 Mei 2013). https://doi.org/10.15294/jbe.v2i1.2618.

Ulfa, Dian Mariya, dan Sunaryo Soenarto. “The Effectiveness of Implementing Video and Picture Media of Writing Skills in Fifth Grade Students.” Jurnal Prima Edukasia 5, no. 1 (2017): 22–34.

Yendrita, Yendrita, dan Yeza Syafitri. “Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi.” BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains 2, no. 1 (2019): 26–32. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i4.3608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Intan Pratiwi, Zunaidy Abdullah Siregar

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.