Pendekatan Multidisipliner dalam Andra-Pedagogi Pembelajaran PAI Siswa pada Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kalimantan Selatan
Abstract
Pendekatan multidisipliner dalam Andra -Paedagogi pada pembelajaran PAI siswa SDIT di Kalimantan Selatan. Pertama; dalam pembelajaran PAI metode yang diterapkan pada SDIT Ukhuwah dan SDIT Al Firdaus serta SDIT Al Hikmah sangat beragam namun menyesuaikan dengan materi yang sedang diajarkan dan siswanya hal sesuai dengan pendekatan pedagogik yang disebut dengan transfer of knowledge. Tapi dibeberapa kesempatan ada beberapa materi yang harus menggunakan metode yang lebih melibatkan siswa seperti misalkan active learning, metode diskusi, kwl (know, want to know, dan learn. Pada penerapan pembelajaran ini dapat dikatakan menerapkan pendekatan andragogi yang disebut dengan transfer of methodologi. Kedua: dalam Pembelajaran guru melibatkan siswa dalam pembelajaran,kegitan pembelajaran ini sesuai dengan pendekatan andragogi yang disebut dengan teacher centered namun disisi lain juga masih mempertahankan student centered. Ketiga; bentuk keterlibatan siswa dalam pembelajaran adalah dengan membuat siswa menjadi individu yang aktif didalam kelas seperti dalam metode diskusi dan KWL (know, want to know, dan learn). Bentuk keterlibatan siswa adalah dengan lebih aktif dalam hal mencari pengalaman dan pengetahuan dalam pembelajaran. Bentuk kegiatan ini mencerminkan pendekatan andragogi yang disebut dengan learning by doing yag terintegrasi pula dengan pendekatan pedagogi yang dikenal dengan learning by thinking. Keempat; bentuk penguatan terhadap materi PAI dilakukan baik dikelas maupun diluar kelas serta ekstrakurikuler. Bentuk kegiatan ini sejalan dengan pendekatan andragogi yakni problem oreinted yang dipadukan dengan pendekatan pedagogi yakni content oriented. Kelima; pola komunikasi yang dibangun dan terapkan dalam pembelajaran adalah guru memberi kesempatan kepada siswa utk bertanya atau menjelaskan materi ajar.Pola komunikasi yang diterapkan dalam pembelajaran biasanya dengan menggunakan metode yang beragam . Pola komunikasi yang ini pada pendekatan andragogi ini, dikenal dengan sebutan (multi-ways traffic communications. Integrasinya berupa learning by thinking and learning by doing. Keenam; pemberian Tugas dalam bentuk keterlibatan siswa dalam pembelajaran PAI,jalan dengan pendekatan andragogi yakni self discovery dengan tetap memperhatikan sistem penyampaian pembelajaran dalam pendekatan pedagogik yakni delevery system.Ketujuh; praktikum diberikan kebebasan melakukan sesuai pengalamanya di rumah atau harus mengikuti kesepakatan dengan guru PAI. Pendekatan pembelajaran PAI ini juga sejalan dengan pendekatan andragogi yakni self discovery dengan tetap memperhatikan sistem penyampaian pembelajaran dalam pendekatan pedagogik yakni delevery system. Kedelapan; amaliah agama yang sering dipraktikkan didalam dan diluar kelas. Pendekatan pembelajaran PAI ini tentu saja sejalan dengan pendekatan andragogi yakni learning to do dengan tetap memperhatikan sistem penyampaian pembelajaran dalam pendekatan pedagogik yakni learning to know. Keunggulan pendektan multidisipliner dalam Andra -Paedagogi pada pembelajaran PAI siswa pada SDIT Ukhuah dan SDIT Al Firdaus serta SDIT Al Hikmah di Kalimantan Selatan . Pertama; Karakteristik pembelajaran dan kegiatan keagamaan yang dimiliki oleh sekolah yang berbasis pendidikan Islam Terpadu dan memadukan pembelajaran umun dengan pembelajaran agama Islam. Kedua; anak-anak mempunyai jaminan kualitas karakter dan attitude kemudian ketika lulus dari sekolah tersebut anak dijamin bisa dan terampil membaca Al Qur’an, hafalan juz 30, pengamalan shalat 5 waktu nya lebih baik serta puasa sunah senin kamis,pembiasaan shalat sunag dhuha, tahajjud , Mabbit dan sobit . Ketiga; adanya bentuk keterlibatan masyarakat/orang tua dalam kegiatan keagamaan anak. Contoh bentuk keterlibatan masyarakat atau orang tua terhadap kegiatan keagamaan adalah disediakan buku penghubung antara orang tua dan perilaku siswa ketika dirumah misalnya shalat 5 waktu, mengaji tilawah lalu diparaf oleh orang tua. Usaha dalam mempertahankan keunggulan dan mengatasi kelemahan pendekatan multidisipliner dalam Andra -Paedagogi pada pembelajaran PAI siswa pada SDIT Ukhuah dan SDIT Al Firdaus serta SDIT Al Hikmah di Kalimantan Selatan . Pertama; Bentuk pemecahan masalah yang sering dilakukan guru dalam pembelajaran PAI dalam hal kognitif biasa dilakukan remedial.Kedua; pada bidang afektif yaitu sikap, guru PAI melakukan pemecahan dengan melibatkan wali kelas. Wali kelas berperan untuk membantu mencarikan solusi terkait apakah siswa yang berperilaku kurang baik karena lingkungan disekitar rumahnya atau karena temannya sebayanya. Ketiga; pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran PAI baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler yakni pendekatan interdisipliner andra pedagogi. Keempat; upaya terobosan yang perlu dilakukan sebagai langkah konkret dari pengembangan pendidikan Islam khususnya pembelajaran PAI adalah dengan cara menutupi keterbatasan sistem pengajaran serta pendekatan pedagogi dengan andragogi menjadi andra-pedagogi secara bersamaan dan terintegrasi.Kelima; integrasi ilmu dengan amal, akhlak dengan iman melaui proses objektifivikasi pedagogi diharapkan dapat menghasilkan konsep dan teori baru dalam teoti Ilmu Pendidikan Islam dan pelaksanaan pendidikan Islam pada tatanan pembelajaran PAI yang terdapatdi Kalimanatan Selatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd, Rachman Assegaf,(2019) Ilmu Pendidikan Islam Madzhab Multidisipliner, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Abd.Rachman Assegaf, (2014)“ Integrasi Andra-Pedagogi Anak dalam Bingkai Pendidikan Islam” , disampaikan dalam seminar Nasional UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada september .
Abd Rachman Assegaf, 2014.“Kombinasi strategi Andra-Pedagogi dalam Pendidikan Nilai; Perspektif Filsafat dan Islam” dalam antologi Studi Islam “ ,Yogyakarta: Pascasarjana Press.
Abd Rahman Assegaf, (2012).“Andra-Pedagogical Strategies for Teaching Values; phiosohical and Islamic Perspective’presented in the5th UPSI-UPI Internasional conference on education at Concorde Hotel Shah Alam, Kuala Lumpur, Malaysia.
Afifuddin,SK,(2008), Psikologi Anak Sekolah Dasar ,Solo: Harapan Massa.
A S Hornby, oxford Advanced Leaner’s Dictionary of Current English , (1986),New York: Oxford University Press, 1986)h.618 . Lihat pula Jhon M.Echols dan Hassan Shadily,( 2009), Kamus Inggris Indonesia , Jakarta: Gramedia.
Paulo Freire,(tth), Pedagogy of the Oppresed , Great Britanian: Penguin Educations.
Peter Mortimore (Ed). (tth).Understanding Pedagogy and Its Impact on Learning, London: Paul Chapman Publishing Ltd.
Ismail,(2014). Problematika Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Negeri 2 Bastem Kabupaten Luwu. Palopo : Laporan Hasil Penelitian STAIN Palopo.
Moleong.(2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Kuntowijoyo,(2006). Islam Sebagai Ilmu-Epestemologi, Metodologi dan Etika, Yogyakarta: Tiara Wacana.
Merriam, Sharan B.; Caffarella, Rosemary; Baumgartner, Lisa thn 2007. Learning in Adulthood: Comprehensive Guide (3rd.Ed). San Francisco: Jossy-Bass. ISBN 0787975885.LCCN 2006019145,2007.
Mu’allimin,M. Konsep Pitrah manusia dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam,”Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam”,(2017) Volme 8, N0.II.
Muhammad Ridwan,(2004). Identifikasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Dalam Muatan Kurikulum Pendidikan Tehnik Arsitektur Di Jurusan Pendidikan Tehnik Bangunan FPTK UPI, Bandung: Fakultas Pendidikan Tehnik Dan Bangunan UPI.
Muhammad Noor, (2019). Mengajar Senang, Murid Riang,Hasil Gemilang, ( Banjarbaru; Panakita Publisher.
Moh. Nazir,(2010). Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.
Munir al-Baalbaki, Al Maurid ,(tth) A Moderen English-Arabic Dictionary (Beirut: Dar al-“Ilmi li al-Malayin.
Ridwan, Muhammad. (2004). Identifikasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Dalam Muatan Kurikulum Pendidikan Tehnik Arsitektur Di Jurusan Pendidikan Tehnik Bangunan FPTK UPI, . Bandung: Fakultas Pendidikan Tehnik Dan Bangunan UPI.
Suharsimi Arikunto, (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi V), Jakarta: Rineka.
Sugiyono,(2009). Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif dan Research and Development, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2012). Metodologi Pendidikan, Cet. XIV; Bandung, : Alfabeta.
Sugiono,(2008). Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
S, Nasution, Metode Reaseacrh, (2008). Cet. X ; Jakarta : Bumi Aksara.
Surawardi, Ilmu Pendidikan Islam dalam Teori Kekinian, Jilid I , Malang; Ediide Infografika, 2020
Surawardi, Ilimu Pendidikan Islam dalam Kajian Kekinian, Jilid II, Malang , Ediide
Infografika, 2020
Surawardi, Pendidikan Nilai Nilai Kebangsaan Indonesia Pada Ponpes Khalafiah di
Kalimantan Selatan,Banjarmasin: Antasari Press,2019
Surawardi, Strategi Pembelajaran PAI dan Implementasinya dalam Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran, Malang , Ediide Infografika, 2020
Surawardi, Pendekatan dan Komunikasi Pembelajaran Pendidikan Islam, Ediide Infografika,
2020
Surawardi, Model Pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada Anak Tunagrahita di Kalimantan
Selatan, Banjarmasin, Antasari Press,2021
Surawardi dan M.Adli Nurul Ihsan, Pembinaan terhada Anak Putus Sekolah Melalui Program
Sekolah Terbuka di SMP Terbuka Kota Banjarmasin, 2018
Sutrisno Muslimin, “Boarding School: Solusi Pendidikan Untuk Melahirkan Pemimpin Masa
Depan”, dalam http://sutrisno.wordpress.com/2020
Soepartinah Pakasi,(tth). Anak dan perkembanganya: Pendekatan Psiko-Pedagogis Terhadap Generasi Muda, Jakarta: Gramedia Muda.
Smith,M.K.(1996:1999)’ Andragogy’, in the Encyclopaedia of informal Education, sebagaimana diakses melalui www.wikipedia.org.
Slamet Suyanto, (2005), Dasar Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Hikayat.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i4.3739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Surawardi Surawardi, Muhammad Adli Nurul Ihsan, Saibatul Hamdi, Ahmad Riyadh Maulidi
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.