Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan Kepuasan Sebagai Variable Intervening Pada AMDK Lokal Produk Mamuya

Desrianto Momou, Fathorrahman Fathorrahman, Theresia Pradiani

Abstract


Perusahan yang memproduksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia sudah cukup banyak baik produk nasional maupun produk-produk lokal. Produk AMDK Mamuya adalah salah satu produk AMDK Lokal yang tersebar di pangsa pasar kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara. Banyaknya produk Nasional dan juga produk lokal yang masuk dan bersaing di pangsa pasar Halmahera utara sehingga memberikan tantangan bagi pelaku usaha AMDK khususnya AMDK lokal Mamuya untuk mempertahankan pelanggan agar terus mengambil Keputusan pembelian ulang terhadap produknya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling, dengan teknik purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan AMDK Mamuya di 11 kecamatan di Halmahera Utara. Responden pada penelitian ini berjumlah 150 dan pengambilan data menggunakan kuesioner offline. Analisis data menggunakan SPSS 27 dalam pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian ini di dukung oleh data primer dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian ulang; (2) Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang; (3) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian ulang; (4) Citra Merek tidak berpengaruh terhadap kepuasan; (5) Kualitas Produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan; (6) Harga berpengaruh positef dan signifikan terhadap kepuasan; (7) kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang; (8) Citra Merek tidak berpengaruh terhadap Keputusan pembelian ulang melalui kepuasan; (9) Kualitas Produk tidak berpengaruh terhadap Keputusan pembelian ulang melalui kepuasan; (10) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian ulang melalui kepuasan.


Keywords


Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Kepuasan, Keputusan Pembelian Ulang, AMDK

Full Text:

PDF

References


Donnauly Samosir, M., dan A.B. Santoso. “Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap Pembelian Ulang Produk Kopi Starbucks di Kota Semarang.” SEIKO: Journal of Management & Business 5, no. 2 (2022). https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2099.

Elayanti, I.Gusti Ayu Kadek Yuni, Ni Wayan Eka Mitariani, dan I Gusti Ayu Imbayani. “Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Konsumen Pada Produk Wardah di Kabupaten Badung.” Jurnal EMAS 3, no. 5 (2022).

Eltonia, N., dan K. Anindita Hayuningtias. “Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Le Minerale 600ml di Kota Semarang.” Jurnal Mirai Manajemen 6, no. 2 (2021). https://doi.org/10.37531/mirai.v7i1.1776.

Girsang, Nitasri Murawaty, Endang Sulistya Rini, dan Parapat Gultom. “The Effect of Brand Image and Product Quality on Re-Purchase Intention with Customer Satisfaction as Intervening Variables in Consumer of Skincare Oriflame Users.” European Journal of Management and Marketing Studies 5, no. 1 (2020).

Griffin, Jill, dan Robert T. Herres. “Customer Loyalty: How to Earn It, How to Keep It.” New and Revised Edition, 2002.

Indrasari, M. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press, 2019.

Kotler, Philip, dan K.Lane Keller. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi Ke-12. Jakarta: Erlangga, 2012.

Kotler, Philip, Keller, dan Kevin Lane. Marketing Management. 15th ed. Pearson Education, Inc, 2016.

Marisa, O., dan J. Rowena. “Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Pada Produk High End Make Up and Skin Care Pada Generasi Milenial Jakarta.” Jurnal Bina Manajemen 7, no. 2 (2019).

Tjiptono, F. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi, 2008.

Zulfikar, M., R. Wijaya, dan S.N. Andharini. “The Effect of Price and Product Quality on Purchase Decision of Aqua Drinking Water Product in Malang City.” Jamanika 3, no. 4 (2023). https://doi.org/10.22219/jamanika.v3i4.29313.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.3867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Desrianto Momou, Fathorrahman, Theresia Pradiani

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.