Pengembangan Instrumen Kompetensi Pedagogik untuk Menilai Kinerja Pendidik Sekolah Dasar

Liza Krisdiani, Riswandi Riswandi, Handoko Handoko, Een Y. Haenilah, Thoha BS. Jaya

Abstract


Masalah penelitian ini yaitu menyangkut kinerja pendidik yang masih dalam kategori relatif rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pengembangan instrumen kompetensi pedagogik terhadap kinerja pendidik Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode R & D atau metode penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah pendidik SDN 1 Sumber Agung yang berjumlah 50 pendidik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 dari 50 orang pendidik. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Hasil analisis data kevalidan menunjukkan instrumen kompetensi pedagogik sangat valid untuk digunakan.  Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan skala likert 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap kinerja  pendidik sebesar 78,2%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen kompetensi pedagogik yang dikembangkan valid dan efektif untuk menilai kinerja pendidik Sekolah Dasar.


Keywords


Instrumen, Kinerja, Pendidik, Kompetensi, Pedagogik

Full Text:

PDF

References


Ferdinand, A. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro, 2006.

Hakim, A. “Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) on the Performance of Learning.” The International Journal of Engineering and Science (IJES 4, no. 2 (2015).

Jasmani, dan S. Mustofa. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Pendidik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Nasrul. Profesi dan Etika Kependidikan. Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2014.

Priyatno, D. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS: Plus! Tata Cara dan Tips Menyusun Skripsi dalam Waktu Singkat! Yogyakarta: Penerbit Media Kom, 2010.

Rachmawati, T. dan Daryanto. Penilaian Kinerja Profesi Pendidik dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i5.3932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Liza Krisdiani, Riswandi Riswandi, Handoko Handoko, Een Y. Haenilah, Thoha BS. Jaya

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.