Pengaruh Endorsment Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z: Studi Empiris

Cut Puspita, Trisni Handayani

Abstract


Dengan maraknya penggunaan media sosial, khususnya Instagram, sebagai platform untuk Endorsement produk, pertanyaan mengenai seberapa besar pengaruh endorsement ini terhadap keputusan pembelian generasi Z menjadi relevan. Instagram merupakan media sosial yang paling banyak disukai gen Z, jauh melampaui media sosial lainnya. Sehingga promosi di Instagram dinilai cukup potensial yang menyebabkan maraknya endorsment influencer melalui media sosial instagram. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana Endorsement Influencer dapat memengaruhi perilaku konsumen, khususnya di kalangan pelajar SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Endorsement Influencer Instagram terhadap keputusan pembelian pada generasi Z di SMA PKP Jakarta Islamic School. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei terhadap 30 siswa SMA PKP Jakarta Islamic School sebagai sampel penelitian. Penentuan teknik sampel yang digunakan yaitu Nonprobability sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang berfokus pada persepsi siswa terhadap Endorsement Influencer Instagram dan keputusan pembelian mereka. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi untuk menguji hubungan antara variabel Endorsement Influencer dan keputusan pembelian. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian menunjukkan bahwa bahwa Endorsement Influencer Instagram memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian generasi Z di SMA PKP Jakarta Islamic School. Kemudian menunjukkan bahwa 96,7% variasi variabel dependen keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen yaknik endorsment influencer. Sedangkan sisanya dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran Endorsement dalam memengaruhi perilaku konsumen, terutama di era digital saat ini. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pemahaman yang lebih mendalam tentang strategi pemasaran berbasis media sosial dan Endorsement Influencer dalam mencapai target pasar generasi Z.


Keywords


Endorsement Influencer, Instagram, Keputusan Pembelian, Generasi Z, Media Sosial, Pemasaran Digital.

Full Text:

PDF

References


Afandi, Samudra J P, Sherley, Veren, & Liang W. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 15–28.

Andonopoulos, V., Lee, J. (Jiyeon), & Mathies, C. (2023). Authentic isn’t always best: When inauthentic social media influencers induce positive consumer purchase intention through inspiration. Journal of Retailing and Consumer Services, 75. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2023.103521

Gusria Apriyanti, A., & Busyra, N. (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI WAROENG PAK MUH CIJANTUNG. JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA, 7(2), 2023.

Kim, H., & Park, M. (2023). Virtual influencers’ attractiveness effect on purchase intention: A moderated mediation model of the Product–Endorser fit with the brand. Computers in Human Behavior, 143. https://doi.org/10.1016/j.chb.2023.107703

Majid, R. A., & Selvi, E. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Laundry Sepatu Coora Premium Care Grand Galaxy. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2022(19), 336–345. https://doi.org/10.5281/zenodo.7174162

Makfirah, I. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI KELAPA SAWIT (Elaeis Guineensis Jacq) DI PT. AGRO SINERGI NUSANTARA KEBUN BATEE PUTEH FACTORS INFLUENCING PALM OIL (Elaeis Guineensis Jacq) PRODUCTION AT PT. AGRO SYNERGY OF THE ARCHIPELAGO BATEE PUTEH. Jurnal Pertanian Agros, 25(2).

Maryati, & Khoiri M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 542–550.

Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa Article Info ABSTRACT. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 2774–2156.

Nufus, H., & Handayani, T. (2022). STRATEGI PROMOSI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada TN Official Store). Jurnal EMT KITA, 6(1), 21–34. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483

Okpatrioka. (2023). Reseacrh and Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif dalam Pendidikan. DHARMA ACARIYA NUSANTARA: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.

Prawira Samudra, J., Liang, W., Ladi, S., Gajah Mada, J., Permai, B., & Riau, K. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 15–28.

Qayyum, A., Jamil, R. A., Shah, A. M., & Lee, K. Y. (2023). Inclusive advertising featuring disability on instagram: Effect on consumer well-being, brand engagement, and purchase intention. Journal of Retailing and Consumer Services, 75. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2023.103515

Rifa’, M., & Hamidi, D. (2017). EFEKTIVITAS PROMOSI ONLINE DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN. Jurnal Ilmiah Agribisnis, Ekonomi Dan Sosial, 1(2).

Sari P A, & Ratomono. (2021). Pengaruh Kemampuan Kerja, Kompensasi, Disiplin Kerja dan Pengawasan terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN (Persero) UP3 Kota Metro. Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 1(2), 319–331.

Situmorang, W. R., & Hayati, R. (2023). SOCIAL MEDIA, INSTAGRAM, AS A FORM SELF VALIDATION AND REPRESENTATION. Jurnal Sosiologi Nusantara, 9(1), 111–118. https://doi.org/10.33369/jsn.9.1.111-118

Syafitri. (2019). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA SOSIAL MEDIA INSTAGRAM PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR.

Wulandari T. (2017). ANALISIS PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA MELALUI EKUITAS MEREK POLITEKNIK PERDANA MANDIRI DAN SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI DAN BISNIS (STIEB) PERDANA MANDIRI PURWAKARTA. 1–17.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i5.3995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cut Puspita, Trisni Handayani

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.