Peran Digital Marketing sebagai Varabel Mediator pada Pemilihan Program Studi Terhadap Peningkatan Jumlah Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran digital marketing sebagai variabel mediator dalam pemilihan program studi terhadap peningkatan jumlah mahasiswa di Universitas Muhammadiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket yang disebarkan kepada 100 mahasiswa aktif program studi pendidikan sosiologi UNISMUH Makassar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan bantuan software Lisrel versi 8.80 dan Uji Sobel. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: 1) Pemilihan program studi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Jumlah Mahasiswa (t=9,30>1,96), 2) Digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Jumlah Mahasiswa (t=2,17>1,96), 3) Digital marketing berperan sebagai mediator dalam pengaruh pemilihan program studi terhadap Peningkatan Jumlah Mahasiswa (t=2,14>1,96). Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran digital yang efektif dapat meningkatkan daya tarik program studi dan berkontribusi terhadap peningkatan jumlah mahasiswa baru di UNISMUH Makassar. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengelola program studi dan universitas dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif untuk menarik calon mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Prof. Ma’ruf, Metode Penelitian Kuantitatif, Aswaja Pressindo, 2015
Alvianna, Stella, ‘Pengaruh Kualitas Harga Layanan Dan Kepuasan Terhadap Kesetiaan Usia Millenial Berkunjung Ke Tempat Wisata’, Media Wisata, 18.1 (2021), 69–80 <https://doi.org/10.36276/mws.v18i1.78>
Andreas, Bang, and Cajsa Roos, ‘Digital Marketing Strategy within Manufacturing Industries A Qualitative Case Study’, Linnaeus University, 2022.8.5.2017 (2022), 2003–5
Bataineh, Abdallah Q., ‘The Impact of Perceived E-WOM on Purchase Intention: The Mediating Role of Corporate Image’, International Journal of Marketing Studies, 7.1 (2015), 126–37 <https://doi.org/10.5539/ijms.v7n1p126>
Dwiyanto, Djoko, ‘Metode Kualitatif:Penerapanna Dalam Penelitian’, 0 (2021), 1–7
Al Fayad, F. S., ‘Journal of Business & Retail Management Research (JBRMR)’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53.9 (2020), 1689–99
Fredy, Hotman, Yetty Murni, and Mimi, ‘Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Mahasiswa Akuntansi Sebagai Akuntan Publik (Studi Empiris Pada Mahasiswa S1 Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila)’, JRB-Jurnal Riset Bisnis, 3.2 (2020), 112–23 <https://doi.org/10.35592/jrb.v3i2.1440>
Gabriella, Tabytha Prima, Lena Ellitan, and Maria Mia Kristanti, ‘Pengaruh Social Media Marketing, Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Awareness Sebagai Mediasi Pada Kedai Kopi Janji Jiwa Di Surabaya’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen : JUMMA, 11.1 (2022), 1–10 <https://doi.org/10.33508/jumma.v11i1.3946>
Haikal, Fikri, Mukhammad Idrus, and dan Samirah Dunakhir, ‘Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pemilihan Program Studi Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar)’, Bata Ilyas Journal of Accounting, 1.1 (2020), 2020–21
Hermawan, Harry, and Widhi Ariyo Bimo, ‘Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Logistik Dan Bisnis Internasional Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi’, Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8.1 (2024), 689–701 <https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3753>
Ibnu Sholeh, Muh, ‘Menghadapi Persaingan Sengit Lembaga Pendidikan: Strategi Diferensiasi Dalam Pemasaran Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia’, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.3 (2020), 192–222
Junia, Meri, and Udung Noor Rosyad, ‘Kajian Hubungan Antara Iklan Di Media Sosial Dengan Minat Beli Konsumen’, Prosiding Manajemen Komunikasi, 2460–6537, 2015, 55–60
Juniari, Ni Kadek Eni, I Nyoman Arcana, Putu Mira Astuti Pranadewi, and I Nyoman Gede Agus Jaya Saputra, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Program Studi Diploma III Manajemen Tata Hidangan Di Politeknik Pariwisata Bali’, Jurnal Bisnis Hospitaliti, 11.1 (2022), 70–80 <https://doi.org/10.52352/jbh.v10i1.463>
Mochoge, J, ‘Digital Marketing Strategies and Consumer Purchase Decision of Online Stores within Nairobi City County’, 2020, 1–57 <http://erepository.uonbi.ac.ke/handle/11295/154370>
Nicholas Taurino, and Sarwo Edy Handoyo, ‘Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth,Dan Brand Ambassador Terhadap Brand Awareness Dampaknya Pada Purchase Decision’, Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7 (2022), 176–86
Nofal, Muhmmad I., Ahmad Samed Al-Adwan, Husam Yaseen, and Ghaith Abdulraheem Ali Alsheikh, ‘Digital Marketing Effect to Intention to Domestic Tourism during COVID-19 in Jordan’, Periodicals of Engineering and Natural Sciences, 8.4 (2020), 2471–83 <https://doi.org/10.21533/pen.v8i4.1754>
Nurohman, Yulfan Arif, Alvin Yahya, and Rina Sari Qurniawati, ‘Peran Promosi Media Sosial Pada Pemilihan Program Studi Manajemen’, 11.22 (2018), 62–76
Osin Jentia Rosni Manullang, and Mariana Simanjuntak, ‘Pengaruh Pemasaran Media Sosial Dan Persepsi Calon Mahasiswa Terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi: Studi Kasus Pada Institut Teknologi Del’, Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 2.3 (2024), 168–79 <https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v2i3.3820>
Panjaitan, Mangasi, Ayu Dwidyah Rini, Lestari Agusalim, Zed Abdullah, Budhi Purwandaya, and Benny Pasaribu, ‘Persepsi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Trilogi Terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)’, Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 7.2 (2022), 351–62 <https://doi.org/10.36908/isbank.v7i2.394>
Samlaw, Sinli, Ansar Suherman, Wa Nur Fida, Universitas Muhammadiyah Buton, and Daya Manusia, ‘Analisis Strategi Promosi Universitas Muhammadiyah Buton di Aplikasi Media Sosial Tiktok’, Journal of Business, Management and Accounting, 5.1 (2023), 181–90 <https://doi.org/10.31539/budgeting.v5i1.8203>
Setiawati, Mila, ‘Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Pasir Pengaraian)’, Prosiding, 2015, 13
Somantri, Gumilar Rusliwa, ‘Memahami Metode Kualitatif’, Makara Human Behavior Studies in Asia, 9.2 (2005), 57 <https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122>
Tangkeallo, Dian Intan, and Randi Tangdialla, ‘Analisis Pendidikan Kewirausahaan Dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja’, JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4.1 (2021), 74 <https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.15964>
Tarigan, Immanuel, Elizabeth Haloho, Novi Natalia Padang, and Imelda Rimenda Purba, ‘Pengaruh Reputasi Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Daya Saing Universitas Katolik Santo Thomas Medan’, Jrak, 9.2 (2023), 2715–8136
Tresna, Indra Cahaya, and Rosdiana Sijabat, ‘Analisis Pengaruh Digital Marketing, Brand Awareness Dan Campus Facilities Terhadap Enrollment Intention Pada Sebuah Perguruan Tinggi Swasta’, Widyakala Journal : Journal of Pembangunan Jaya University, 10.2 (2023), 87 <https://doi.org/10.36262/widyakala.v10i2.831>
Ul Hassan, Masood, Seerat Fatima, Ammara Akram, Javaria Abbas, and Amna Hasnain, ‘Determinants of Consumer Attitude towards Social-Networking Sites Advertisement: Testing the Mediating Role of Advertising Value’, Middle East Journal of Scientific Research, 16.3 (2013), 319–30 <https://doi.org/10.5829/idosi.mejsr.2013.16.03.11659>
Wijaya, Nur Qoudri, ‘Strategi Untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa Baru Studi Pada Universitas Wiraraja Sumenep’, Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58.12 (2014), 7250–57
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i1.4016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lukman Ismail, St. Haniah, Fatmawati Rahim, Sam'un Mukramin, Rinaldi Rinaldi
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.