Komersialisasi Visa Haji Furoda di PIHK Kota Semarang

Firda Minatika, Abdul Sattar

Abstract


Visa haji furoda merupakan salah satu visa yang bisa didapatkan secara langsung dari Pemerintah Arab Saudi bagi calon jamaah haji furoda. Salah satu lembaga Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) di Kota Semarang yang memberikan pelayanan terhadap visa haji furoda adalah PT Patuna Mekar Jaya dan PT Arbani Madinah Wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan membandingkan terkait komersialisasi visa haji furoda di PT Patuna Mekar Jaya dan PT Arbani Madinah Wisata. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data primer didapat melalui hasil wawancara bersama informan yaitu salah satu pengurus atau pengelola di PT Patuna Mekar Jaya dan PT Arbani Madinah Wisata. Data sekundernya didapat melalui observasi, dokumentasi, dan studi pustaka dari berbagai sumber referensi yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Patuna Mekar Jaya menawarkan harga visa haji furoda yang sama untuk semua jamaah, dengan variasi harga tergantung pada paket yang dipilih dan kepastian harga setiap tahunnya dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti pajak dan kebijakan pemerintah. Sebaliknya, PT Arbani Madinah Wisata menghadapi perubahan harga yang sulit untuk dipastikan, ini, dipengaruhi oleh faktor-faktor pasar, seperti permintaan, penawaran, dan kuota tahunan, sehingga mengakibatkan perbedaan harga antara jamaah yang satu dengan lainnya dan perubahan harga dari tahun ke tahun. Penelitian ini mengungkapkan pentingnya mempertimbangkan kestabilan harga dan dinamika pasar dalam memilih agen perjalanan haji untuk perencanaan biaya yang efektif dan transparan.


Keywords


Visa Haji Furoda, Perbedaan, Faktor Pengaruh

Full Text:

PDF

References


Affandi, Yuyun. Haji bagi Generasi Milenial-Paradigma Tafsir Tematik. Semarang: Fatawa Publishing, 2021.

Djam'an, Satori & Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2009.

Fawwaz, Aulia Fadhilah. "Kerugian Jamaah Haji Furoda atas Gagal Berangkat Haji dan Tanggung Jawab Hukum Biro Perjalanan Haji Khusus berdasarkan Buku Lii Kuh Perdata Dihubungkan dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah" Et al. 3.1, 2023.

Hidayah, Elis Destriani. “Implementasi KMA Nomor 719 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Ibadah Umrah pada Masa Pandemi Corona Virus Desease 19 di PT. Arbani Madinah Wisata Semarang.” Skripsi. Universitas Walisongo Semarang, 2021.

Islamiyah, Fitriyatul, Awaludin Pimay, dan Abdul Rozaq. “Pencegahan Culture Shock Jamaah Haji Tahun 2023 oleh Kementerian Agama Kabupaten Demak.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 18 No. 5, 2024.

Meleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Nazaruddin, H.M. Nasrun, Rahmat Hidayat, dan Ricco Andreas “Analisis Strategi Pemasaran dan Pelayanan dalam Upaya Peningkatan Kualitas Daya Saing Biro Perjalanan Haji dan Umroh Prospektif Ekonomi Syari’ah.” NIZHAM, 8. 01, 2022.

Nazir. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Nurunnasikin, Nurunnasikin, Indra Indra, & Kuni Afifah. “Analisis Pengaruh Variabel Makroekonomi terhadap Biaya Perjalanan Ibadah Haji.” Bukhori: Kajian Ekonomi dan Keuangan Islam 3. 1, 2024.

Rahmawati, Ita. “Pelaksanaan Ibadah Umroh di PT Patuna Mekar Jaya Perwakilan Semarang (Studi Implementasi Pasal 43-46 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umroh).” Skripsi. Universitas Walisongo Semarang, 2018.

Ritonga, Sahdani dan Ida Nadirah. “Penyelesaian Sangketa Wanprestasi Oleh Travel Umrah Atas Jamaah Haji Furoda/Umrah Di Indonesia.” Jurnal Penelitian. 3. 2, 2022.

Sattar, Abdul dan Hasyim Hasanah. “Tingkat Pengetahuan Peserta Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional: Catatan Angkatan VI dari Semarang.” Multazam: Jurnal Manajemen Haji dan Umrah. 3. 1, 2023.

Sholihin, Ahmad. “Pengaruh Harga, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Jama’ah di PT. Sahid Gema Wisata.” Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Syamsiyah, Nur. “Strategi Pemasaran Produk Umrah pada Travel Smarts Umrah Lampung.” Multazam: Jurnal Manajemen Haji dan Umrah, 3. 1, 2023.

Syaodih, Nana. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2007.

Wahyudin, Yuyu, Testru Hendra, and Mawardi Abdullah. "Analisis Program Undangan Khodim Al-Haromain Al-Syarifain mengenai Pelaksanaan Ibadah Haji dan Umrah." Al Ashriyyah 10.1, 2024.

https://kemenag.go.id/nasional/khhasyim-muzadi-jangan-komersialisasi-penyelenggaraan-haji-kyey7b diakses pada 13 Mei 2023, pada pukul 21.30




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i1.4111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Firda Minatika, Abdul Sattar

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.