Pengaruh Tarif dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Penggunaan pada Perusahaan Bongkar Muat Barang Kapal di PT. Panca Usaha Makmur Medan

Aulya Nurlistyanti, Dian Purnama Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Tarif dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Bongkar Muat Barang Kapal Barang Pada PT. Panca Usaha Makmur Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen perusahaan yang menggunakan jasa bongkar muat barang pada tahun 2024 berjumlah 42 konsumen. Metode pegambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh yaitu seluruh popoulasi dijadikan sampel pada penelitian ini. Pengujian asumsi klasik yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heterokedastisitas, Uji Autokorelasi, Uji Regresi Linear Berganda, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis. Hasil pada penelitian ini menemukan bahwa tarif berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan karena dapat diketahui t hitung (4,772) > t tabel (2,022) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan pada variabel kualitas pelayanan ditemukan bahwa tidak terdapat pengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan karena dapat diketahui t hitung (0,292) < t tabel (2,022) dengan nilai signifikansi 0,772 > 0,05. Untuk meningkatkan keputusan penggunaan, PT. Panca Usaha Makmur Medan harus meningkatakan kualitas pelayanan p seperti melengkapi fasilitas alat bongkar yang memadai, percepatan dalam pengerjaan bongkar muat barang kapal, melayani konsumen dengan cepat dan tanggap dan meningkatkan kinerja dan pengetahuan oleh staf karyawan yang bertanggung jawab atas barang konsumen.


Keywords


Tarif, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Penggunaan Jas

Full Text:

PDF

References


Asia, Nur dan Junaeda. “Pengaruh Tarif Penumpang dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Angkutan Perusahaan Otobus Bintang Timur Perwakilan Mamuju.” Jurnal e-Bussiness Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar 2, no. 1 (2022). https://doi.org/10.59903/ebussiness.v2i1.25.

Hasanah, R., dan S. Suryoko. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Tarif Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Jasa DHL Global Forwarding (Studi pada Pengguna Jasa DHL di Kota Semarang.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 6, no. 1 (2017).

Indah, D.R., dan M. Nurlina. “The Influence of Service Quality, Price and Location on Decisions to Use Freight Forwarding Services PT. Image of Van Express Langsa City.” Ocean Economics Journal 3, no. 1 (2019).

Indrasari, D.M. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press, 2019.

Mahasani, F. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Penggunaan GoRide dan GrabBike di Yogyakarta.” Cakrawangsa Bisnis 2, no. 1 (2021).

Riski Putri, V.N.A., dan A. Pradhanawati. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Grab.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 10, no. 4 (2022). https://doi.org/10.14710/jiab.2021.32456.

Sirait, Sinta Maria. “Lokasi Usaha, Harga, Promosi, dan Keputusan Penggunaan Layanan.” KINDAI 18, no. 3 (2023). https://doi.org/10.35972/kindai.v18i3.914.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.4134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aulya Nurlistyanti, Dian Purnama Sari

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.