Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menggunakan Aplikasi Gojek (Studi pada Mahasiswa di UPN Veteran Jawa Timur)

Azaaima Maghfirotika, Nurhadi Nurhadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh kemudahan, kepercayaan, dan kualitas pelayanan secara simultan dan secara parsial terhadap keputusan menggunakan aplikasi gojek. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur yang pernah menggunakan transportasi online layanan pada aplikasi GOJEK. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Teknik pengambilan sampel dengan jenis metode purposive sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 25. Dari hasil analisis yang dilakukan ditemukan bahwa adanya pengaruh positif signifikan secara simultan antara kemudahan, kepercayaan, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menggunakan aplikasi gojek pada mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur. Akan tetapi, secara parsial variabel kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi Gojek. Sedangkan secara parsial pada variabel kepercayaan dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi Gojek.


Full Text:

PDF

References


Fajrina, S. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh: Ar-Raniry Banda Aceh, 2021.

Firdaus, P. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan KepuasanKonsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Jasa Transportasi Online. Skripsi Sarjana. Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an Jakarta, 2018.

Prihatini, D.N., dan L.L.A. Hidayati. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Transportasi.” Dalam Prosiding 2nd Business and Economics Conference In Utilizing Of Modern Technology, 2019. https://doi.org/10.31575/jp.v4i3.336.

Risnawati, I.D. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Solo Raya. Skripsi Sarjana. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2022.

Rizkawati, N., R. Eny, dan A.A. Wijayanti. “Analisis kepercayaan, kenyamanan dan kemudahan pelanggan gojek online di Kota Malang.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis 3, no. September (2022).

Saekoko, A.N., A.E.L. Nyoko, dan R.P.C. Fanggidae. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi Di Universitas Nusa Cendana.” Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs 11, no. 1 (2020). https://doi.org/10.35508/jom.v11i1.2318.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Usvita, M. “Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan dan Persepsi akan Resiko Menggunakan E-Commerce terhadap keputusan Pembelian Online (Survey pada Konsumen Lazada.co.id.” E-Jurnal Apresiasi Ekonomi 5, no. 1 (2016).

Wahyono, S.A., dan N. Andrianto. “Analisis Perbandingan Persepsi Konsumen Akan Kualitas Pelayanan Armada Transportasi Offline Dan Online Di Kota Malang.” JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika 17, no. 1 (2020). https://doi.org/10.26487/jbmi.v17i1.7819.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.4135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Azaaima Maghfirotika, Nurhadi Nurhadi

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.