Pengaruh Promosi Media Sosial, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Jamaah Umroh di PT. Muhibbah Mulia Wisata Pekanbaru
Abstract
Industri perjalanan religius, terutama Umroh, telah menjadi salah satu sektor yang tumbuh cepat dalam industri pariwisata global. Hal tersebut juga dirasakan oleh PT Muhibbah Mulia Wisata Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh promosi media sosial terhadap kepuasan jamaah umroh PT Muhibbah Mulia Wisata Pekanbaru, 2) pengaruh harga terhadap kepuasan jamaah umroh PT Muhibbah Mulia Wisata Pekanbaru, 3) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan jamaah umroh PT Muhibbah Mulia Wisata Pekanbaru, 4) pengaruh promosi media sosial, harga, kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan jamaah umroh PT Muhibbah Mulia Wisata Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah semua jamaah atau jemaah umroh yang telah mengikuti perjalanan umroh dengan PT. Muhibbah Mulia Wisata Pekanbaru dalam bulan Februari dan Maret 2024 sebanyak 159 dengan sampel penelitian sebanyak 61 responden dengan menggunaka teknik purposive sampling. Teknik analisis statistik menggunakan SPSS versi 21 dalam mengolah data dengan instrumen pengujian yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, regresi berganda, uji t, uji determinasi, uji heteroskedastisitas, dan uji Multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat Pengaruh promosi media sosial terhadap kepuasan jamaah umroh di PT. Muhibbah Mulia Wisata Pekanbaru, 2) terdapat Pengaruh harga terhadap kepuasan jamaah umroh di PT. Muhibbah Mulia Wisata Pekanbaru, 3) terdapat Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan jamaah umroh di PT. Muhibbah Mulia Wisata Pekanbaru, 4) terdapat pengaruh bersama antaran promosi media sosial, harga, dan kualitas layanan terhadap kepuasan jamaah umroh di PT. Muhibbah Mulia Wisata Pekanbaru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Berry, Leonard L, A Parasuraman, dan Valarie A Zeithaml. “SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality.” Journal of retailing 64, no. 1 (1988): 12–40.
Handoko, Bagus. “Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan.” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 18, no. 1 (2017): 61–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098.
Hulu, Paolinus, dan Endang Ruswanti. “Influence of Product Quality, Promotion, Brand Image, Consumer Trust Towards Purchase Intention (Study Case on Pocari Sweat Isotonic Drink in Indonesia.” Journal Esa Unggul, 2017, 32.
Kotler, P., dan G. Armstrong. Principles of Marketing, Seventeenth Edition. Pearson, 2018.
Lee, Haksik, Yongki Lee, dan Dongkeun Yoo. “The determinants of perceived service quality and its relationship with satisfaction.” Journal of Services Marketing 14, no. 3 (1 Januari 2000): 217–31. https://doi.org/10.1108/08876040010327220.
Mangold, W. Glynn, dan David J. Faulds. “Social media: The new hybrid element of the promotion mix.” Business Horizons 52, no. 4 (2009): 357–65. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.03.002.
Margareth, Helga. Social Media Marketing. Экономика Региона, 2017.
Mujari, Hesti, Kasinem, dan Kandar Malian. “Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan” 5 (2022): 852–62.
Muzaki, Moh Farkhan, Indah Dewi Mulyani, dan Nur Khojin. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Luang Waktu Coffee).” AURELIA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia 1, no. 1 (2022): 44–57. https://doi.org/10.57235/aurelia.v1i1.24.
Sihombing, Frisilia Dewi Raphon, dan Ainun Mardhiyah. “Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopeefood Di Kota Medan.” Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan 3, no. 1 (2023): 68–82. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v3i1.337.
Smith, Paul Russell, dan Ze Zook. Marketing Communications: Offline and Online Integration, Engagement and Analytics. London: Kogan Page, 2016.
Sugiyono, D. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: ALFABETA, 2018.
Trisnandawati, Winda. “Niat Jamaah Untuk Menggunakan Kembali Jasa Umrah Arwinda Tour & Travel.” Business and Finance Journal 5, no. 2 (2020): 85–94. https://doi.org/10.33086/bfj.v5i2.1793.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.4145
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ezi Saputra, Ike Kusdyah Rachmawati, Yunus Handoko
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.