Pembelajaran IPA Berbasis Al-Quran (Studi Kasus di MAN 3 Jakarta Pusat)
Abstract
Dalam dunia pendidikan seringkali ditemukan adanya pemisahan antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan, padahal Agama dapat berfungsi untuk mengatur kehidupan. Pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Al-Quran dapat membantu mengintegrasikan nilai-nilai Agama dengan ilmu pengetahuan ilmiah. Pembelajaran IPA berbasis Al-Quran tidak hanya focus pada transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga dapat membentuk karakter religious siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana karakteristik Pembelajaran Sain/IPA di Madrasah Aliyah pada kurikulum yang dikaitkan dengan Kawniyah dalam Al-Qur’an dan menganalisis formulasi sain IPA di Madrasah Aliyah sehingga terintegrasi secara tematis dengan Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan karakteristik pembelajaran IPA berbasis Al-Quran di MAN 3 Jakarta Pusat yaitu diskusi, praktikum dan memasukan pembelajaran IPA dengan Al-Quran. Tema pembelajaran IPA yang terintegrasi dengan ayat kauniyah diantaranya penciptaan alam semsta, fotosintesis, sikluas air, dan struktur bumi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabimi: CV Jejak, 2018.
Anggriani, Noor Diva, dan Rahmi Saputri. “Integrasi Al-Qur’an dalam Pembelajaran Biologi.” Journal Islamic Education 4, no. 1 (2023).
Atika, Nur, dan Salminawati. “Filsafat dan Sains Islam Tentang Fenomena Alam.” Journal Of Social Research 1, no. 5 (28 April 2022): 334–40. https://doi.org/10.55324/josr.v1i5.73.
Aul, Nurul Aulya Ikbal. “Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Antisipatif Bencana: Studi Penguatan Materi Terintegrasi Ayat Al-Qur’an.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 11, no. 2 (1 Juli 2022): 49–56. https://doi.org/10.58230/27454312.127.
Awi, Awi, Ruli Meiliawati, dan Sri Wahyutami. “Pemahaman Konsep Sistem Koloid Hasil Pembelajaran Menggunakan Metode Diskusi Berbantuan LKS Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Manuhing Tahun Ajaran 2017/2018.” Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang 11, no. 1 (21 Maret 2020): 51–62. https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.73.
Diani, R, G C Kesuma, N Diana, Yuberti, R D Anggraini, dan D Fujiani. “The Development Of Physics Module With The Scientific Approach Based On Islamic Literacy.” Journal of Physics: Conference Series 1155 (Februari 2019): 012034. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012034.
Fajar, Dinar Maftukh, dan Ismatul Izzah. “Rancangan Modul IPA Materi Lapisan Bumi Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an untuk Siswa SMP/MTs di Lingkungan Pesantren.” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 13, no. 1 (1 Mei 2023): 20–29. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.276.
Fitri, Zelisa Nudia, Yunita Arian Sani Anwar, dan Agus Abhi Purwoko. “Pengaruh Metode Praktikum Sederhana pada Materi Kepolaran Senyawa Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMA.” Chemistry Education Practice 4, no. 1 (30 Mei 2021): 90. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2287.
Fitriyati, Ida, dan Arif Hidayat Munzil. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah dan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama.” JPS: Jurnal Pembelajaran Sains 1, no. 1 (2017). http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i1p27-34.
Harahap, Abdurohim. “Integrasi Al-Qur'an dan Materi Pembelajaran Kurikulum Sains pada Tingkat Sekolah di Indonesia: Langkah Menuju Kurikulum Sains Berbasis Al-Qur'an.” Jurnal Penelitian Medan Agama 9, no. 1 (2018).
Irwan, Hasbi, dan Rosdiana. “Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar.” IQRO: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2018).
Irwan, Irwan. “Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar.” IQRO: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (22 September 2018): 43–54. https://doi.org/10.24256/iqro.v1i1.312.
Mahmudah, Rifa Atul, Muhammad Akhyar, dan Helmi Helmi. “Peningkatan Minat Belajar Fisika Kelas XI IPA SMA Negeri 23 Makassar Melalui Metode Praktikum Sederhana.” Jurnal Pem ikiran dan Pengembangan Pembelajaran 5, no. 3 (2023). https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.742.
Marpaung, Dortiana. “Penerapan Metode Diskusi dan Presentasi untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Bagan Sinembah.” SEJ (School Education Journal) 8, no. 4 (2018).
Maslan, Muhammad, Ahmad Muzakki, Maharani Retna Duhita, dan Hafsan Hafsan. “Kajian Tematik Air pada Siklus Air menurut Perspektif Sains dan Al-Qur'an.” TEKNOSAINS: MEDIA INFORMASI SAINS DAN TEKNOLOGI 15, no. 2 (19 Agustus 2021): 197. https://doi.org/10.24252/teknosains.v15i2.19579.
Mohd, Robiatul Adawiyah Binti, Norzulali BintiMohd Ghazali, Nurul Saadah BintiMohammad Zaini, dan Wan Nur Fasihah Binti Wan Noh. “Perbahasan Ilmu Genetik berdasarkan Sumber Al-Qur'an dan Al-Sunnah: Suatu Tinjauan Awal.” Dalam THE 8thINTERNATIONAL PROPHETIC CONFERENCE, 2022.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2018.
Nasrudin, Juhana. “Relasi Agama, Magi, Sains dengan Sistem Pengobatan Tradisional-Modern pada Masyarakat Pedesaan.” Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama 2, no. 1 (25 Februari 2019): 42–58. https://doi.org/10.15575/hanifiya.v2i1.4270.
Prihandoko, Arief, Yustinus Ulung Anggraito, dan Siti Alimah. “The Development of Alquran and Hadith Integrated Science Module to Improve Student’s Religious Characte.” Journal of Innovative Science Education 10, no. 2 (2021). https://doi.org/10.15294/jise.v9i3.41410.
Rahmawati, Richa Dwi, dan Nurhasanah Bakhtiar. “Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains pada Pokok Bahasan Penciptaan Alam Semesta dan Tata Surya.” Journal of Natural Science and Integration 1, no. 2 (17 Januari 2019): 195. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i2.6599.
Rajulaini, Rajulaini. “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits di Kelas XI IPA 2 MAN I Pekanbaru.” Milenial: Journal for Teachers and Learning 2, no. 2 (10 Desember 2022): 78–86. https://doi.org/10.55748/mjtl.v2i2.171.
Ramadhan, Ramadhan, dan Moh Jufriyadi Sholeh. “Konsep Terpisahnya Langit dan Bumi (Studi Analisis atas Penafsiran Fakhruddin Ar-Razi dalam Mafatih al-Ghaib terhadap Q.S. Al-Anbiya’ Ayat 30).” El-Waroqoh : Jurnal Ushuluddin dan Filsafat 4, no. 1 (22 Februari 2020). https://doi.org/10.28944/el-waroqoh.v4i1.593.
Rohiliah, S. Maulana, dan Z. R. Basar. “Penguatan Sikap Religius Siswa Melalui Pembelajaran Perkembangan Manusia Bermuatan Nilai Islam.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesi 13, no. 3 (2023).
Rosadi, Nora Juwita D., dan Lukman Nul Hakim. “Melampaui Batas Cahaya: Kajian Tentang Fotosintesis Tumbuhan dalam Tafsir Bil Ilmi.” Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 2, no. 2 (18 Desember 2023): 1103–11. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.1389.
Shofa, Mujahidus, Lin Eflina Nailufa, dan Arghob Khofya Haqiqi. “Pembelajaran IPA Terintegrasi Al-Quran dan Nilai-Nilai Pesantren.” IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education 2, no. 1 (31 Januari 2020): 81. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v2i1.1928.
Sodiq, Moh. “Problematika Integrasi Kompetensi Spiritual dalam Pembelajaran IPA (Studi Pembelajaran IPA Madrasah Aliyah di Lingkungan Pondok Pesantren Jombang Jawa Timur).” Penamas 32, no. 2 (31 Desember 2019): 281–92. https://doi.org/10.31330/penamas.v32i2.178.
Sulthon, Sulthon. “Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 4, no. 1 (26 Januari 2017). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969.
Suwartiningsih. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 1, no. 2 (2021).
Trianto. Model pembelajaran terpadu : konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Umam. “Integrasi Nilai-Nilai Ke-Islaman Dalam Pembelajaran Makhluk Hidup Di SMA Mamba’Us Sholihin Terpadu Blitar.” Samawat 13, no. 1 (2020).
Wardianingsih, Jayanti, Syarifah Widya Ulfa, dan Lailatun Nur Kamalia Siregar. “Pengembangan Modul Praktikum Biologi Terintegrasi Al Quran Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Kelas X Madrasah Aliyah.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 2 (2024). https://doi.org/10.56832/edu.v4i2.480.
Yanti, Rahmah. “Perpaduan Konsep Sainsdalam Al Qur’an dengan Pembelajaran IPATerpadu pada Tingkat Madrasah Tsanawiyah.” ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 9 (2022).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i1.4307
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Andi Nurlaela
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.