Membangun Karakter Religius dan Peduli Lingkungan di Sekolah Berbasis Pesantren

Juni Ratnasari, Kama Abdul Hakam, Mupid Hidayat, Aceng Kosasih

Abstract


Pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter manusia, melalui pendidikan karakter dapat membentuk sumber daya yang tidak hanya cerdas tetapi juga berperilaku baik. Sebab karakter tercermin dalam perilaku setiap individu. Salah satu karakter yang ditanamkan dalam pendidikan khususnya di Indonesia adalah karakter religius. Semantara dalam konteks global isu lingkungan semakin mendesak dan membutuhkan perhatian khusus, oleh karena itu penting untuk menanamkan karakter peduli lingkungan. Lembaga pendidikan berbsis pesantren berpotensi besar untuk mengintegrasikan kedua karakter tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana proses pendidikan di sekolah berbasis pesantren membangun karakter religius dan kepedulian terhadap lingkungan pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah systematic literature review. Teknik analisis data dalam systematic literature review yang digunakan yaitu meta sintesis dan meta analisis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa proses pembentukan karakter religious dan peduli lingkungan di sekolah berbasis pesantren dilakukan melalui metode (1) Penerapan kurikulum lingkungan hidup yang mengacu pada eco pesantren (2) Penerapan kurikulum lingkungan hidup yang diintegrasikan dengan nilai religious (3) penerapan visi-misi yang mengacu pada pembentukan karakter religious dan peduli lingkungan (4) Pembelajaran fiqih lingkungan (5) Metode keteladanan dan pembiasaan, dan (6) Praktik pengelolaan sampah yang sesuai.


Keywords


Karakter religious, peduli lingkungan, pesantren

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Gita, Muhibbin Syah, Asep Nursobah, dan Bambang Samsul Arifin. “Integration of Islamic Religion and Character Education with Environmental Education at Adiwiyata Junior High School.” Journal of Social Scienc 3, no. 2 (2022).

Firmansyah, Mokh Iman, Sofyan Sauri, dan Aceng Kosasih. “Curriculum and Character Education: Amidst the Challenges of 21st Century Globalization and Student Character Crisis.” JKPI: Jurnal Kajian Peradaban Islam 4, no. 1 (2021): 22–29.

Hamid, Abdul. “Metode Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 13, no. 2 (2020): 110–27.

Huda, Muhammad Komarul, dan Salome Rajagukguk. “Penguatan Karakter Peduli Lingkungan di Pesantren Modern Al Barokah Melalui Pengelolaan Sampah dan Pemanfaatan Biopori.” BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) 3, no. 2 (30 November 2020): 198–204. https://doi.org/10.30743/best.v3i2.3241.

Jannah, Miftahul. “Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 1 (2019).

Kurniawan, Edi, dan Mohammad Syifauddin. “Environmental Knowledge, Environmental Value, And Environmental Behavior Of Santri At Pesantren.” Turkish Journal of Computer and Mathematics Education 12, no. 8 (2021).

Lickona, Thomas. Educating for Character, How our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Terjemahan. New York: Publishing Group, 2012.

Mahmudiyah, Awaliyani, dan Mulyadi. “Pembentukan Karakter Religius Di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren.” ZAHRA: Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal 2, no. 1 (2022).

Marwani, Megawati A, Kamaruddin, dan Markuna. “Model Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren di MIN 2 Kota Makassar.” Jurnal Al – Qiyam 1, no. 2 (2020).

Nasution, Saipul, Dinar Dipta, dan Siti Nurul Wahdatun Nafiah. “Pengelolaan Sampah dalam Fiqih Lingkungan.” Ijtihad: Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam 2, no. 15 (2021).

Nisa, Zulia Khoirun. “Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup di Pondok Pesantren Kabupaten Blitar.” BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual 4, no. 1 (2019). http://dx.doi.org/10.28926/briliant .v3i3.275.

Nur’aeni, Iin, dan Mupid Hidayat. “Pentingnya Menanamkan Pendidikan Nilai di Indonesia dalam Membentuk Karakter.” Jurnal Edueksos 10, no. 2 (2021): 195–220.

Nurochim. “Sekolah Berbasis Pesantren Sebagai Salah Satu Model Pendidikan Islam Dalam Konsepsi Perubahan Sosial.” At-Tahrir 16, no. 1 (2016): 69–88.

Nuzulia, Sri, Sukamto Sukamto, dan Agus Purnomo. “Implementasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa.” SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal 6, no. 2 (2020): 155–64. https://doi.org/10.15408/sd.v6i2.11334.

Oktari, Dian Popi, dan Aceng Kosasih. “Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 28, no. 1 (2019): 42. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985.

Oviana, Wati. “Kemampuan Guru IPA dalam Menumbuhkan Nilai Karakter Siswa Pada MTsN di Aceh.” Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran 20, no. 2 (2020): 189–200. https://doi.org/10.22373/jid.v20i2.4981.

Reza, Ephy Syah, Uus Ruswandi, dan Mohamad Erihadiana. “Pendidikan Lingkungan Hidup Di Pondok Pesantren Al-Hassan Pondok Gede Kota Bekasi.” Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 4, no. 4 (2022). http://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/1051.

Riskina, Meirisa Dwi, dan Listyaningsih. “Studi Deskriptif Tentang Sikap Peduli Lingkungan Melalui Program Sekolah Adiwiyata di SMAN 2 Pamekasan.” Kajian Moral dan Kewarganegaraan 7, no. 1 (2019).

Saadah, Rifngatus, dan Hasyim Asy’ari. “Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik.” Kharisma: Jurnal Administrasi Pendidikan Islam 1, no. 1 (2022).

Sari, Ayu Afita, A.M. Shoviy Ajeng M, Galuh Ivani Istina P, Muhammad Farhan, dan Hepi Ikmal. “Pengembangan Karakter Religius Siswa melalui Sekolah Berbasis Pesantren di MA Ma’arif 7 Banjarwati.” Jurnal Kajian Islam Al Kamal 2, no. 2 (2022).

Siskayanti, Juni, dan Ika Chastanti. “Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (28 Januari 2022): 1508–16. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151.

Susilawati, Fitriah, Gunarhadi, dan Hartono. “Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik dalam Peningkatan Karakter Peduli Lingkungan Siswa.” EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar 12, no. 1 (2020).

Susilawati, Susilawati. “Dampak Perubahan Iklim Terhadap Kesehatan.” Electronic Journal Scientific of Environmental Health And Disease 2, no. 1 (30 Juni 2021): 25–31. https://doi.org/10.22437/esehad.v2i1.13749.

Tianingrum, N. A;, dan S. Sunarti. “External Factors of Juvenile Delinquency Among Students in the Area of Traditional Night Club.” Jurnal Ilmu Kesehatan 8, no. 1 (2020): 49–54. https://doi.org/10.30650/jik.v8i1.1298.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i1.4309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Juni Ratnasari, Kama Abdul Hakam, Mupid Hidayat, Aceng Kosasih

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.