Implementasi Nilai Moderasi Beragama sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak

Azizunnisak Hidayati Wahyuna, Giyoto Giyoto, Islah Islah, Joko Purnomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai Moderasi beragama dalam penanaman pendidikan karakter siswa di RA Nawa Kartika Ngarengan Kabupaten Ngawi. Peran pembelajaran tentang nilai-nilai moderasi beragama terhadap pendidikan karakter siswa sangat pentig diterapkan sejak dini karena menjadi dasar dan pedoman kehidupan supaya menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas serta mampu berkontribusi dalam pembangunan Nasional. Implementasi nilai-nilai moderasi beragama terhadap Pendidikan Karakter siswa adalah merupakan sarana dan media dalam pemahaman dalam sikap toleransi serta cinta tanah air. Studi ini mendeskripsikan tentang implementasi nilai-nilai moderasi beragama di RA Nawa Kartika Ngarengan. Hasil penelitian menunjukkan Bahwa Implementasi nilai moderasi beragama sebagai dasar pendidikan karakter siswa RA Nawa Kartika Ngarengan dilaksanakan dengan metode pembiasaan dan penggunaan media pembelajaran. Metode pembiasaan dilakukan dengan cara mebiasakan pada siswa untuk mengucap salam saat masuk dan keluar kelas, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, mencuci tangan sebelum makan dam membuang sampah pada tempatnya. Sedangkan media pembelajaran yang digunakan adalah berupa banner bergambar yang mencerminkan nilai-nilai moderasi yang penggunaanya seperti bermain ular tangga. Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam menanam pendidikan karakter memiliki peran yang sangat penting dalam pencegahan sikap bullying antar teman sebaya. Penerapan pembiasaan dan media pembelajaran yang menarik dan inovatif menjadikan pemahaman tentang konsep moderasi beragama dapat menjadi landasan dalam membangun dan menanamkan pendidikan karakter siswa. Akan tetapi, masih diperlukan Pembinaan dan pelatihan untuk guru dalam penguasaan materi dan media inovatif untuk mengatasi tantangan dalam implementasi nilai-nilai moderasi beragama, serta komitmen bersama, kolaboratif dengan pihak orang tua untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang menghargai hak tanpa adanya perbedaan.


Keywords


Moderasi Beragama, Karakter, Siswa

Full Text:

PDF

References


Alhaddad, Muhammad Roihan. “Manajemen Penilaian Kinerja Guru di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Salatiga Palembang.” Jurnal Al Ghazali: Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam 2, no. 2 (2019): 1–18.

Anggraini, Yulia, Didik Suryadi, dan Indrawati Indrawati. “Peran Guru Dalam Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Di Tk Gugus Lavender Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu.” Jurnal Pena PAUD 2, no. 1 (Juni 2021): 50. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.14801.

Antari, Putu Eva Ditayani. “Pemenuhan Hak Anak yang Mengalami Kekerasan Seksual Berbasis Restorative Justice pada Masyarakat Tenganan Pegringsingan, Karangasem, Bali.” Jurnal HAM 12, no. 1 (2021): 75–93. https://doi.org/10.30641/ham.2021.12.75-94.

Arifin, Yanuar. Pemikiran Emas Para Tokoh Islam. Yogyakara: IRCiSoD, 2018.

Dewi, Made Ika Kusuma, dan Ni Nyoman Triadi Adnyani. “Pola Asuh Orang Tua dalam Menanamkan Moderasi Beragama pada Anak Melalui Konsep Menyama Braya di Bali.” Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 8, no. 2 (Oktober 2023): 110–23. https://doi.org/10.25078/pw.v8i2.2748.

Handayani, Ninik. “Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 1 Rogojampi Tahun Ajaran 2021/2022.” Jember, 2022.

Hatta, Herman, Hesti Umiyati, Ade Putra Ode Amane, Sonny Santosa, Rini Novianti, Sri Liniarti, Rizky Surya Andhayani Nasution, dkk. Model-Model Pelatihan dan Pengembangan SDM. Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada, 2023.

Nasution, M. Idris. “Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama kepada Peserta Didik (Studi Kasus di SMPN 6 Siak Hulu Kampar).” Riau, 2023.

Ndari, Susianty Selaras, dan Chandrawaty. Telaah Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2018.

Rusyda, Humaira Azka, Anjely Doni Lasmi, Salwa Khairunnisa, dan Visakha Vidyadevi Wiguna. “Posttraumatic Stress Disorder pada Anak.” Jurnal Syntax Fusion 1, no. 10 (2021): 578–87. https://doi.org/10.54543/fusion.v1i10.83.

Taufik, Taufik. “Pola Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Pilar Keharmonisan Keluarga.” Dirosat: Jurnal of Islamic Studies 8, no. 2 (2023): 222–30. https://doi.org/10.28944/dirosat.v8i2.1495.

Utami, Dian Tri, Ida Windi Wahyuni, Alucyana Alucyana, Raihana Raihana, Wirdathul Jannah, dan Hikmatul Aziza. “Implementasi Alat Permainan Edukatif Berbasis Kearifan Lokal bagi Guru di Lembaga PAUD.” Natijah: Jurnal Pengabdian Pendidikan Islam 1, no. 1 (Februari 2024): 12–16. https://doi.org/10.25299/njppi.2024.16396.

Wahidah, Nur, Gunawan Santoso, Moh. Farid La Aca, Darmita Wuriani, Anita Bosawer, Novi Mega Lestari, dan Ayu Yuniar Anggo. “Mengidentifikasi Keragaman Budaya di Sekitarnya Secara Setara Melalui Gotong Royong dan Collaboration di Kelas 5.” Jurnal Pendidikan Transformatif 2, no. 4 (Oktober 2023): 190–214. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.629.

Windayani, Ni Luh Ika, Ni Wayan Risna Dewi, Sera Yuliantini, Ni Putu Widyasanti, I Komang Sesara Ariyana, Yosep Belen Keban, Komang Trisna Mahartini, Nur Dafiq, Suparman, dan Putu Eka Sastrika Ayu. Teori dan Aplikasi Pendidikan Anak Usia Dini. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i2.4794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Azizunnisak Hidayati Wahyuna, Giyoto Giyoto, Islah Islah, Joko Purnomo

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303