EVALUASI KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Abstract
Evaluasi bahasa selama ini lebih difokuskan kepada keterampilan yang berbasis komunikasi secara tertulis, hal ini dapat dilihat dari evaluasi yang dilaksanakan selama ini, tes yang diberikan sering berbentuk ganda dan essai. Padahal jika diperhatikan lebih seksama, komunikasi dari sisi lisan sangat penting untuk digalakkan dengan banyaknya orang-orang Arab yang datang ke Indonesia. Kedatangan mereka memiliki berbagai macam maksud, ada yang hanya sekedar ingin belajar, ada juga sekedar ingin berkunjung, bahkan ada yang datang ke Indonesia dengan maksud dan tujuan bekerja, seperti menjadi dosen atau pengajar. Tentunya hal ini akan menjadi kesempatan buat para pelajar untuk berkomunikasi langsung dengan orang-orang tersebut, baik karena ingin belajar secara mendalam bahasa yang dipelajari ataupun mendapat pengetahuan. Dengan melihat keadaan tersebut, maka evaluasi dalam keterampilan berbicara sudah seharusnya mulai diperhatikan, guna mencapai tujuan dari berbahasa itu sendiri, yakni berkomunikasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainin. M, M. Thohir, Imam Asrori, Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, Cet. 1
Al Khuli. Muhammad Ali, Al Ikhtibarat Al Lughawiyyah,Darul Falah Linnasyri Wat Tauzi
Al Mamlakah Al Arabiyyah, Al Arabiyyah Lin Nasyiin,Suudiyyah, Cet I
Bahruddin. Uril, Maharat At Tadris Nahwa I’dad Mudarris Allughah Al Kaf_a,Malang: UIN Maliki Press
Brown. H. Douglas, Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa, diterjemahkan oleh Noor Cholis dan Yusi Avianto Pareanom, Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat, Edisi V.
Isany. Abdul Majid, 2011, Nazariyyat At Ta’lim Wa Tathbiqatuha Fi Ulum Al Lughah,Al Qahirah: Dar Al Kitab Al Hadits
Muhammad. Muhammad Abdul Khaliq, Ikhtibarat Al Lugah, Riyadh: Al Mamlakah Al Arabiyyah As Su’udiyyah
Mulyasa. E, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Rosda
Mustofa. Bisri, M. Abdul Hamid, 2012, Metode & strategi Pembelajaran Bahasa Arab Malang: UIN Maliki Press, cet. 2
Mustofa. Syaiful, 2011, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif Malang: UIN Maliki Pres
www.google.co.id
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v0i0.54
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.