Konsep Berpikir Positif (Husnuzhon) dalam Meningkatkan Kemampuan Self Healing

hardiyanti rahmah

Abstract


Self Healing merupakan salah satu cara penyembuhan diri dengan cara nonfarmakologi, yaitu mengeluarkan perasaan dan emosi dengan dilakukan secara mandiri oleh diri individu sendiri. Pada konsep husnuzhon atau kemampuan berpikir positif maka proses self healing dapat meningkat, saat individu mampu meningkatkan kemampuannya dalam berpikir positif. Adapun tujuan penelitian ini berfokus membahas konsep-konsep dalam berpikir positif untuk meningkatkan kemampuan self-healing. Adapun metode penelitian ini menggunakan studi literatur atau studi pustaka. Hasil pembahasan dalam studi literatur ini dianalisis dari berbagai jurnal penelitian dan buku teks yang berkaitan dengan variabel berpikir positif (husnuzhon) dan self healing yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penyembuhan diri sendiri ketika individu mampu berpikir positif.


Keywords


Berpikir Positif, Husnuzhon, Self Healing

Full Text:

PDF

References


Cita, E. E., Wulandari, T., & Istanti, Y. P. Terapi islamic self healing terhadap quality of life pada klien gagal ginjal kronis dengan terapi hemodialisa. Muhammadiyah Jurnal of Nursing, 3(1), 43-57. 2016. Dominggo, J. A., Parjo & Herman. Pengaruh terapi self healing metode doa terhadap skor kecemasan pada lansia di panti jompo graha kasih bapa kecamatan sungai raya kabupaten kubu raya. Jurnal Proners, 4(1), 1-11. 2019.

Fairuzzahra, D. A., Aryandari, D,. & Purwadi, M. Hubungan antara husnudzon dan kecemasan pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Islam, 5(2), 69-74. 2018.

Holdcroft, B. What is religiosity? Journal of Inquiry and Practice, 10(1), 89-103. 2006.

Islami, L. A. Self Healing dalam mengatasi Post Power Syndrome. Skripsi. IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten: Bimbingan dan Konseling Islam. 2016.

Moleong, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. ROSDA : Bandung. 2014.

Salisah. Komunikasi spiritual sebagai kajian interdisipliner antara aspek keagamaan, ilmu kesehatan dan sains: studi tentang self-healing. Proceedings AICIS XII, 1115-1134. 2012.

Siddik, I. N., & Uyun, Q. Khusnudzon dan psychological well being pada orang dengan hiv/aids. Psikis-Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 86-93. 2017.

Rahmawati, A. P., Setiawan, C. & Naan. Nilai sufistik dalam prosedur self healing. Syifa Al-Qulub : Jurnal Studi Psikoterapi Sufistik. 18-28. 2020.

Rusydi, A. Husn al-zhann: konsep berpikir positif dalam perspektif psikologi islam dan manfaatnya bagi kesehatan mental. Proyeksi, 7(1), 1-31. 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v15i2.732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.