Pendidikan Akhlak Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021 Perspektif Ibnu Miskawaih (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Pedan)

Diah Novita Fardani

Abstract


Karakter Islam menjadi perhatian utama para pemikir klasik Islam, atau para filosof Muslim era klasik, terutama Ibnu Miskawaih. Hal ini mengindikasikan bahwa masalah karakter menjadi bagian terpenting dalam proses pendidikan sejak dulu dan tampaknya trend pendidikan karakter kembali menjadi perhatian para pakar pendidikan bahwa pengembangan etika atau karakter tidak bisa dipisahkan dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Konsep pendidikan akhlak tersebut dilihat dari perubahan tata cara pembelajaran akibat adanya covid-19 dan bertempat di SMK Negeri 1 Pedan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan metode analisis data yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Konsep pendidikan Ibnu Miskawaih yang tampak sejalan dengan upaya pengembangan karakter bangsa Indonesia dewasa ini. Aktualisasi Pendidikan karakter menurut Ibnu Miskawaih di Indonesia dapat ditumbuh kembangkan sejak pendidikan dini, di mana peranan para pendidik (guru) atau orang tua sangat besar dalam pembinaan karakter peserta didik atau anak didiknya.

 


Keywords


Pendidikan Karakter, Akhlak, Ibnu Miskawaih

Full Text:

PDF

References


Azizah, Nurul. 2017. “Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih Konsep dan Urgensinya dalam Pengembangan Karakter di Indonesia”. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim vol. 5 no. 2.

Bakri, Syamsul. 2018. “Pemikiran Filsafat Manusia Ibnu Miskawaih: Telaah Kritis Atas Kitab Tahfidz Alakhlaq”. Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat Vol. XV. No. 1.

Busroli, Ahmad. 2019. “Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam Al-Ghazali dalam Pendidikan Karakter di Indonesia”. Jurnal Islamic Teaching and Learning 4 (2).

Hariyanto & Fibriana Anjaryati. “Character Building: Telaah Pemikiran Ibnu Miskawaih Tentang Pendidikan Karakter”. JPII Volume 1, Nomor 1, Oktober 2016.

Hasan. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Litbang Puskur.

Jalaluddin, Usman Sa’id. 1994. Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan Perkembangan Pemikirannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kuswarno, Engkus. 2009. Fenomenologi: Metode Penelitian Komunikasi: Konsepsi, Pedoman dan contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjajaran.

Maftuhin. 2012. Filsafat Islam. Yogyakarta: Teras.

Najwa Mu'minah. “Character Building Dalam Konsep Pendidikan Imam Zarkasyi Ditinjau Dari Filsafat Moral Ibnu Miskawaih”. Jurnal Filsafat. Vol. 25. No. 1. Februari 2015.

Nata, Abuddin. 2005. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Cet. I, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Samani, Muclas, dan Hariyanto. 2007. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i1.798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

             

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com